Samsung Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3 Meluncur di Indonesia, Kapan Mulai Dijual?

Oleh Agustinus Mario Damar pada 09 Sep 2021, 17:08 WIB
Diperbarui 09 Sep 2021, 17:08 WIB
Samsung
Perbesar
Tampilan Samsung Galaxy Fold3 dan Galaxy Z Flip3. (Foto: Samsung)

Liputan6.com, Jakarta - Samsung akhirnya menghadirkan Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3 untuk pasar Indonesia, setelah sebelumnya kedua smartphone tersebut diperkenalkan secara global pada bulan lalu. Selain kedua smartphone tersebut, ada pula Galaxy Watch4 dan Galaxy Buds2 yang diluncurkan.

"Hari ini kami memperkenalkan foldable devices mutakhir yang menawarkan lebih banyak kemungkinan dan cara baru dalam membuka dunia anda. Smartphone yang berukuran pas di tangan anda, tapi memiliki cara baru dalam produktivitas," tutur President Samsung Electronics Indonesia, Yoonsoo Kim dalam konferensi pers virtual, Kamis (9/9/2021).

Untuk mendukung pengalaman lebih lengkap dalam smartphone layar lipat besutannya, Yoonsoo Kim menuturkan Samsung juga bekerja sama dengan sejumlah aplikasi lokal, seperti Tokopedia, Blibli, Viu, dan Vidio.

Melalui kolaborasi ini, Samsung menghadirkan pengalaman yang lebih mulus bagi pengguna merasakan transisi dari layar kecil ke besar, seperti pada Galaxy Z Fold3. Ke depannya, Yoonso Kim mengatakan pihaknya juga akan bekerja sama dengan penyedia aplikasi lain.

"Ini adalah era baru foldable smartphone. Kami membawa inovasi mutakhir ini agar lebih banyak orang dapat membuka pilihan sekaligus memenuhi gaya hidup yang baru dan berbeda," tutur Yoonso Kim melanjutkan.

Galaxy Z Fold3, Galaxy Z Flip3 5G, dan lini Galaxy Wearables baru Samung akan tersedia mulai 10 September 2021. Sementara offline consumer launch akan dimulai pada 15 September 2021.

Event ini akan dimulai di Jakarta, tepatnya Kota Kasablanka, Central Park, Grand Indonesia, dan PIM 2. Lalu menyusul di Botan Square Bogor, Istana BEC Bandung, dan Pakuwon Mall Surabaya.

Adapun harga lengkap untuk Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3 di Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Galaxy Z Fold3 RAM 12GB/ROM 256GB Rp 24.999.000
  • Galaxy Z Fold3 RAM 12GB/ROM 512GB Rp 26.999.000
  • Galaxy Z Flip3 RAM 8GB/ROM 128GB Rp 14.999.000
  • Galaxy Z Flip3 RAM 8GB/ROM 256GB Rp 15.999.000

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Spesifikasi Galaxy Z Fold3

Samsung Galaxy Z Fold3 5G
Perbesar
Samsung Galaxy Z Fold3 5G Phantom Black

Pada generasi terbaru ini, Samsung mengatakan melakukan sejumlah peningkatan, terutama dari sisi daya tahan. Samsung menggunakan armor alumunium pada frame smartphone layar lipat ini.

Tidak hanya itu, Samsung juga memakai Corning Gorilla Glass Victus sebagai pelindung layar. Untuk kali pertama pula, smartphone layar lipat Samsung akhirnya hadir dengan sertifikasi tahan air IPX8.

Untuk tampilan, desain Galaxy Fold3 tidak berbeda jauh dari generasi sebelumnya. Namun yang menjadi pembeda, layar depan atau cover screen Galaxy Z Fold3 yang berukuran 6,2 inci sudah mendukung adaptive refresh rate 120Hz.

Sementara untuk layar utama, Samsung menggunakan Dynamic AMOLED 2X QXVG Plus berukuran 7,6 inci. Sama seperti layar depannya, layar utama smartphone ini sudah mendukung adaptive refresh rate 120Hz.

Samsung juga menghadirkan dukungan S Pen pada Galaxy Z Fold3. Ada dua varian S Pen yang akan mendukung smartphone ini, yakni S Pen Fold Edition dan S Pen Pro.

Untuk kamera, di bodi belakang ada tiga lensa yang disematkan Samsung. Salah satunya adalah lensa ultrawide 12MP dengan F2.2 dan FOV 123 derajat

Selain itu, ada pula lensa wide angle 12MP dengan dual pixel AF, OIS, F1.8, dan FOV 83 derajat. Sementara lensa terahir adalah lensa telephoto 12MP dengan PDAF, F2.4, OIS, dan FOV 45 derajat.

Smartphone ini juga memiliki kamera di bagian cover screen yang beresolusi 10MP dengan F2.2. Terakhir, ada pula kamera yang dibuat tersamar di layar utama memanfaatkan teknologi under display camera dengan resolusi 4MP.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip3

Samsung
Perbesar
Tampilan Samsung Galaxy Z Flip3 yang baru meluncur. (Foto: Samsung)

Galaxy Z Flip3 memiliki layar utama Dynamic AMOLED berukuran 6,7 inci. Layar utama ini memiliki resolusi FHD Plus dan mendukung kemampuan adaptive refresh rate 120Hz.

Sementara untuk layar depan atau cover screen, Samsung menggunakan layar Super AMOLED berukuran 1,9 inci. Smartphone ini memiliki bobot 183 gram dengan ketebalan 72,2x 86,4 x 17,11mm-15,9 mm saat dilipat.

Samsung juga meningkatkan pengalaman audio Galaxy Z Flip3 yang kini hadir dengan stereo speaker dan sudah mendukung Dolby Atmos.

Untuk kamera, Samsung menyertakan dua kamera belakang, yaitu lensa utama beresolusi 12MP dengan dual pixel AF, OIS, F1.8, dan ruang pandang 78 derajat.

Sementara lensa lainnya merupakan kamera ultrawide beresolusi 12MP dengan F2.2 dan ruang pandang 123 derajat. Sementara kebutuhan selfie diserahkan pada kamera depan 10MP.

Smartphone ini hadir dengan empat pilihan warna, yakni cream, green, lavender, dan phantom black.

Samsung juga sudah menyediakan sejumlah casing dengan berbagai macam desain, mulai dari leather hingga transparan, yang dapat disesuaikan dengan selera pengguna.

Smartphone ini menggunakan chipset Snapdragon 888 dengan arsitektur 5nm. Untuk memori, ada dua model yang tersedia di pasar Indonesia, yakni RAM 8GB/ROM 128GB dan RAM 8GB/ROM 256GB.

Galaxy Z Flip3 dipastikan sudah mendukung jaringan 5G. Sebagai penunjang performanya, ada baterai 3.300mAh dengan kemampuan fast charging 15W.

Smartphone ini menjalankan One UI 3.1 berbasis Android 11.

(Dam/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya