Sukses

NitroPhone 1, Smartphone yang Diklaim Paling Aman Sedunia

Perusahaan asal Jerman mengklaim bahwa NitroPhone 1 buatannya sebagai smartphone teraman di dunia

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan Jerman Nitrokey, yang bergerak di bidang perangkat keras keamanan open source, meluncurkan smartphone yang mereka klaim paling aman di dunia.

Dalam laman resminya, dikutip Rabu (9/9/2021), smartphone Nitrokey yang bernama NitroPhone 1 itu bahkan mereka klaim sebagai Android paling aman di planet Bumi.

Mengutip Notebook Check, Nitrokey sebelumnya dikenal dengan produk USB sticks yang terenkripsi dan sejenisnya. Namun, produk terbaru mereka menunjukkan perusahaan ini mulai terjun ke bisnis smartphone. 

"NitroPhone menggabungkan keamanan, privasi, dan kemudahan penggunaan dengan perangkat keras modern," tulis mereka di halaman yang memperkenalkan smartphone tersebut.

Nitrophone 1 sebenarnya merupakan perangkat yang berbasis Pixel 4A dengan instalasi GrapheneOS, yang sebelumnya dikenal dengan nama CopperheadOS.

GrapheneOS sendiri adalah sebuah Android fork, tanpa Google Mobile Services (GMS), meskipun seseorang bisa memasangnya jika diinginkan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengutip Edward Snowden

Dalam web-nya, Nitrokey bahkan membanggakan penggunaan GrapheneOS di NitroPhone 1 dengan mengutip perkataan mantan kontraktor CIA, Edward Snowden.

"Jika saya mengonfigurasi smartphone hari ini, saya akan menggunakan GrapheneOS DanielMicay sebagai sistem operasi dasar. Saya akan melepas solder mikrofon," bunyi kutipan Snowden itu.

Dalam penjelasan tentang spesifikasinya, NitroPhone 1 disebut memiliki enkripsi yang kuat dan chip keamanan Titan M yang melindungi perangkat dan data dari serangan fisik.

Mereka juga menyertakan fitur mati secara otomatis setelah periode waktu yang dikonfigurasi tidak aktif, serta pengacakan tata letak PIN yang memungkinkan pengguna bisa memasukkan PIN di depan umum tanpa diawasi.

Nitrokey juga memperkuat browser, WebView, serta PDF viewer, serta menyertakan distribusi pembaruan keamanan yang "secepat kilat."

Mereka juga menambahkan opsi untuk menyingkirkan mikrofon secara fisik, dan headset bisa terhubung untuk komunikasi suara.

Tanpa GMS atau integrasi cloud yang diaktifkan secara default, NitroPhone juga diklaim aman secara privasi dan tanpa pelacakan. Namun, Google Play Services dapat dipasang secara sandboxed.

3 dari 4 halaman

Fitur Anti Pelacak

Perlindungan dari pelacak juga diklaim membuat aplikasi tak bisa mengakses IMEI dan nomor seri perangkat, nomor seri kartu SIM, ID pelanggan, alamat MAC, dan lain-lain. Pengacakan MAC per koneksi juga mencegah pelacakan oleh pemindai WiFi terdekat.

Secara perangkat keras, NitroPhone 1 adalah Google Pixel 4a dengan RAM 6GB dan penyimpanan 128 GB.

Prosesornya adalah Qualcomm Snapdragon 730G Octa-core, memiliki port USB-C, dan 3,5 mm audio jack. Dimensinya adalah 144 x 69,4 x 8,2 mm dengan berat 143 gram.

Smartphone ini juga dilengkapi kamera dengan teknologi dual pixel 12,2 MP, sensor sidik jari, Bluetooth, NFC, dan Wi-Fi 802 11 a/b/g/n/ac.

Nitrokey mengatakan, NitroPhone cocok bagi para profesional yang membutuhkan smartphone aman untuk data-data sensitif dan komunikasi, serta orang-orang yang ramah privasi.

Smartphone ini juga diklaim cocok bagi perusahaan yang ingin menyediakan pekerjanya ponsel yang aman, serta jurnalis, aktivis, dan lembaga non pemerintah yang ingin melindungi dirinya dan kontak terdekatnya.

NitroPhone tersedia di situs resmi Nitrokey seharga 549 euro atau sekitar Rp 9,2 juta, belum termasuk biaya pengiriman. Untuk pembayaran, Nitrokey menerima SEPA, kartu kredit, PayPal, dan Bitcoin.

4 dari 4 halaman

Infografis Duel Pasar Smartphone Tiongkok Vs Lokal

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.