Kapan Android 12 Rilis?

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 10 Sep 2021, 08:00 WIB
Diperbarui 10 Sep 2021, 08:00 WIB
Android 12
Perbesar
Tampilan Android 12 (Foto: Google)

Liputan6.com, Jakarta - Perilisan Android 12 tampaknya semakin dekat seiring dengan Google yang memasuki tahap akhir peluncuran versi baru Android ini.

Pada titik ini, sistem operasi pada dasarnya sudah siap dipasarkan untuk umum. Namun ada beberapa penyesuaian yang masih harus dilakukan.

Google sebelumnya telah meluncurkan beta kelima untuk Android 12. Selain itu juga sudah ada tiga developer preview (dengan dua update kecil) serta empat beta update.

Google menyebut, versi Android 12 beta kelima sebagai kandidat Android 12 yang akan dirilis. Artinya versi tersebut adalah beta yang terakhir. Selanjutnya, ada kemungkinan Google akan merilis versi Android 12 yang sudah stabil.

Mengutip Android Authority, Jumat (10/9/2021), Google mengatakan peluncuran Android 12 akan dirilis beberapa minggu ke depan.

Sebagai informasi, tahun lalu beta pertama Android 11 adalah bulan Juni dan peluncuran terakhir Android 11 versi stabil adalah awal September. Oleh karenanya, sangat mungkin pada tahun ini Google merilis Android 12 dengan jadwal seperti tahun lalu.

Karena Android 12 beta kelima sudah dirilis pada 8 September, mungkin Android 12 dirilis pada pertengahan atau akhir September 2021. Namun karena pandemi Covid-19, bisa jadi jadwal tersebut mundur.

Sebelumnya, Google menyebut, pihaknya berencana untuk meluncurkan update bulanan untuk Android 12.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Berbagai Fitur Baru di Android 12

Ilustrasi Android 12. Dok: androidpolice.com
Perbesar
Ilustrasi Android 12. Dok: androidpolice.com

Google mengumumkan sebuah fitur baru untuk OS Android 12. Fitur baru yang dimaksud adalah pengguna bisa memainkan gim yang tengah diunduh, meski proses unduh belum selesai.

Untuk aplikasi gim yang file-nya besar tentu hal ini bakal sangat berguna. Pasalnya pengguna tidak harus menunggu hingga unduhan selesai untuk bisa bermain gim.

Google pun membagikan gambaran mengenai seberapa cepat pengguna bisa membuka gim, melalui sebuah GIF. Sejauh ini, fitur tersebut dikenal dengan nama "play as you download" atau "bermain sembari kamu mengunduh".

Google menjanjikan pengguna bisa langsung membuka gim yang mereka unduh dalam waktu cepat, terutama gim berukuran 400MB atau lebih besar.

"Pengguna bisa membuka gim setidaknya dua kali lebih cepat (dari biasanya ketika aplikasi harus diunduh sampai tuntas)," kata Google, seperti dikutip dari The Verge, Selasa (13/7/2021).

Sekadar informasi, fitur ini agak mirip dengan yang dimiliki Sony pada gim-gim di konsol PlayStation. Rencananya fitur baru ini berfungsi pada gim yang menggunakan sistem Play Asset Delivery.

Menurut Google, jika gim menggunakan sistem ini, pengembang gim tak perlu melakukan apa pun untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kontrol Smartphone dengan Ekspresi Wajah

Android 12
Perbesar
Tampilan Android 12 (Foto: Google)

Android punya sejumlah kemampuan aksesibilitas yang membantu pengguna disabilitas untuk mengeksplorasi perangkatnya dengan lebih baik.

Termasuk Android 12 beta yang kini hadir dengan sejumlah fitur yang memungkinkan pengguna mengontrol smartphone Android mereka dengan ekspresi wajah.

Fitur ini pertama diketahui oleh XDA Developer, di mana versi Beta 12.0.0 dari Android Accessibility Suite hadir dengan Android 12 beta 4, memiliki fitur "Camera Switches".

Mengutip Android Authority, Selasa (17/8/2021), ketika fitur ini diaktifkan, kontrol dengan ekspresi wajah memakai kamera depan untuk melihat apakah pengguna sedang melihat layar. Selain itu kamera juga digunakan untuk mengenali ekspresi wajah.

Disebutkan, sejumlah ekspresi wajah bisa memicu aksi pada ponsel Android pengguna. Misalnya, pengguna bisa membuka mulut untuk menampilkan panel notifikasi. Selain itu, pengguna juga bisa mengangkat alis untuk kembali ke Home Screen.

Berbagai ekspresi wajah lainnya yang juga bisa diterapkan adalah tersenyum, mata melihat ke arah kiri atau kanan, atau melihat ke arah atas.

Tindakan yang dapat terjadi pada perangkat selain mengakses panel notifikasi adalah menggulir maju atau mundur, sentuh dan tahan, navigasi ke Home Screen, pilih, dan berbagai pilihan lainnya.

Meski fitur kontrol dengan ekspresi wajah tersebut muncul di Android 12, namun sifatnya tidak ekslusif hanya untuk versi OS ini.

(Tin/Isk)

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia
Perbesar
Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya