Sukses

ML Error, Sejumlah Tips Ini Bisa Jadi Solusi

Player ML, yuk ikuti sejumlah tips di bawah ini kalau ML error atau mengalami crash terus-terusan.

 

Liputan6.com, Jakarta - Jutaan pemain menghabiskan waktu mereka bertanding ML bersama hero andalan. Tidak heran kalau ML error, pasti rasanya sangat mengesalkan.

Ya, Mobile Legends: Bang Bang (ML) kini menjadi gim yang populer di kalangan pengguna smartphone Tanah Air.

Pasalnya, gim MOBA populer ini tidak hanya bisa dimainkan di smartphone berspesifikasi tinggi, smartphone entry level dan mid-range pun juga sudah mendukung ML dengan baik.

Error-nya ML bisa karena berbagai hal, baik itu gangguan server atau sistem dari pengembang, masalah koneksi alias gagal loading, hingga masalah seperti gim ML terus mengalami crash.

Berikut adalah sejumlah tips yang mungkin bisa kamu lakukan ketika gim ML error karena gagal loading atau crash, dikutip dari Gamepur, Rabu (8/9/2021).

1. Update Gim ke Versi Terbaru

Jika gim ML kamu tidak mau loading, pastikan untuk memperbarui gim ML ke versi paling baru.

Seperti update aplikasi lainnya, memperbarui ke versi terbaru dilakukan dengan membuka Google Play Store atau App Store kemudian mengecek update.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

2. Cek Koneksi/ Sambungkan ke WiFi

Sebagian besar masalah loading pada gim berbasis koneksi internet terkait server dan ketika perangkat tidak bisa terhubung ke internet.

Untuk alasan perangkat tidak dapat terhubung ke internet, coba putuskan sambungan internet di smartphone lalu sambungkan ke WiFi.

Jaringan WiFi bisa memberikan koneksi lebih stabil ke server gim ketimbang jaringan mobile.

Jika tidak pakai WiFi, kamu bisa menonaktifkan koneksi data di smartphone dan mengaktifkan mode pesawat. Lakukan beberapa detik atau menit agar smartphone bisa me-refresh jaringan.

3 dari 7 halaman

3. Bersihkan Cache

Jika cara kedua belum berhasil, player diajak untuk membersihkan cache ML di perangkat masing-masing. Pastikan juga bahwa tidak terlalu banyak aplikasi yang dibuka di smartphone kamu.

- Cara membersihkan cache pada aplikasi ML adalah dengan membuka ML.

- masuk ke Pengaturan atau Setting (ikon gear atau roda).

- pilih Deteksi Jaringan atau Network Test.

- pada bagian sisi pilih Cache Clearing.

- tap untuk membersihkan cache.

Dengan membersihkan Cache, aplikasi ML yang sebelumnya berjalan terlalu berat kini harusnya jadi lebih ringan.

4 dari 7 halaman

4. Hapus Akses Setting

Jika masih bermasalah, coba untuk menghapus semua pengaturan akses Facebook di gim kamu. Ya, kadang player ML menghubungkan akun Facebook-nya dengan Mobile Legends.

Kamu bisa mencoba untuk menghapus sambungan Facebook dengan ML kemudian mulai menghubungkannya kembali atau juga masuk dengan akun lain seperti akun Google atau membuat akun ML baru.

5 dari 7 halaman

5. Uninstal dan Instal Ulang Gim ML

Jika semua cara di atas tidak berhasil, ada cara lain yang bisa kamu coba. Caranya dengan menguninstal atau hapus gim ML kemudian menginstalnya kembali di smartphone.

Dengan menghapus dan instal ulang akan me-reset gim serta menghapus cache. Dengan begitu, mungkin cara ini juga bisa kamu gunakan.

6 dari 7 halaman

6. Hal Lain yang Bisa Diperhatikan

Player ML setidaknya perlu menggunakan smartphone dengan RAM di atas 2GB agar gim bisa berjalan dengan lancar.

Jadi kalau smartphone kamu memiliki RAM 2GB, mungkin saja mengalami kendala saat mengakses aplikasi ML.

Silakan dicoba ya kalau gim kamu mengalami error. Namun kalau error-nya karena masalah dari server pengembang, mungkin sebaiknya kamu menunggu perbaikan dari pengembang untuk bisa bermain ML kembali.

(Tin/Isk)

7 dari 7 halaman

Infografis Dampak Game Online

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.