Sukses

Fitur Reaction Bakal Hadir di WhatsApp Web

WhatsApp Web akan kedatangan fitur reaction yang sebelumnya hadir di Instagram dan Facebook.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp Web diketahui akan kedatangan fitur baru. Kali ini, fitur baru yang dimaksud adalah reaction yang sebelumnya juga disebut akan hadir untuk versi aplikasi.

Mengutip informasi dari WABetaInfo, Selasa (7/9/2021), fitur ini sedang dalam tahap pengembangan. Nantinya saat rilis, fitur reaction ini dapat digunakan untuk WhatsApp Web maupun desktop.

Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna aplikasi chatting ini merespons pesan dari orang lain dengan emoji. Untuk diketahui, reaction sendiri sudah hadir di Instagram maupun Facebook.

Menurut WABetaInfo, fitur reaction ini juga akan dibekali dengan enkripsi end-to-end. Karenanya, tidak ada pihak lain yang bisa melihat reaction tersebut kecuali pengguna.

Diketahui, reaction yang diterima sebuah pesan tidak terbatas, sehingga satu pesan bisa mendapat beragam reaction berbeda. Fitur ini disebut tidak hanya hadir untuk percakapan individual, melainkan juga group chat.

Bocoran soal fitur reaction ini memang sempat diketahui sejak bulan lalu di versi aplikasi. Namun belum dipastikan kapan fitur ini akan mulai bergulir untuk para pengguna.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

WhatsApp Web Kebagian Fitur Edit Foto, Ini Cara Pakainya

Sebelumnya, WhatsApp, aplikasi pesan paling populer di dunia ini meningkatkan sejumlah fitur untuk WhatsApp Web dan desktop.

Terbaru WhatsApp memperkenalkan fitur pengeditan foto yang memungkinkan pengguna mengedit foto sebelum mengirimnya dari WhatsApp Web. Demikian dikutip dari News18, Sabtu (28/8/2021).

Sebelumnya, pengguna harus mengedit foto di komputer atau program eksternal, menyimpan, dan baru mengirimkan via WhatsApp Web.

Namun fitur baru WhatsApp Web memungkinkan pengalaman WhatsApp dekstop sesuai dengan versi seluler. Fitur serupa sudah sejak lama ada di aplikasi WhatsApp versi smartphone.

Kini, kehadiran fitur pengeditan foto ke WhatsApp Web memungkinkan pengguna mencorat-coret di atas gambar.

Pengguna juga bisa menambahkan stiker dan emoji. Selain itu juga memungkinkan pengguna memotong (crop) atau memutar gambar sebelum mengirimnya ke kontak seseorang.

3 dari 4 halaman

Bagaimana Cara Edit Foto di WhatsApp Web?

Tidak seperti fitur lain yang tersembunyi untuk WhatsApp mobile atau Web, pengguna bisa mengedit foto dengan mudah, setelah memilih foto dari galeri. Bagaimana cara memakainya?

1. Buka WhatsApp Web di komputer atau laptop, sign in dengan cara memindai kode QR dari aplikasi WhatsApp.

2. Buka satu dari sekian banyak chat, klik pada ikon kamera/ galeri di message bar.

3. Jika klik pada ikon kamera, pengguna bisa mengambil foto terlebih dahulu dari kamera laptop/ webcam. Jika memilih ikon galeri, pengguna bisa memilih foto yang ingin dikirim.

4. Jika sebuah gambar sudah dipilih, pengguna bisa menambahkan opsi pengeditan seperti tambah emoji, stiker, teks, dan pensil untuk membuat tulisan berwarna warni.

Pengguna juga bisa memutar dan memotong (crop dan rotate). Tool pengeditan ada di atas foto.

Ada pula opsi untuk "undo" dan "redo" untuk mempermudah pengeditan.

5. Setelah foto diedit, pengguna bisa mengirimkankannya kepada kontak yang sudah dipilih.

(Dam/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Waspada WhatsApp Rentan Dibobol Hacker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.