Sukses

Xiaomi Uji Fitur MIUI Pure Mode, Diklaim Punya Proteksi Ekstra dari Aplikasi Jahat

Xiaomi dikabarkan menguji fitur MIUI Pure Mode. Fitur ini diklaim memiliki proteksi atau perlindungan ekstra terhadap aplikasi-aplikasi jahat.

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi selalu memperhatikan update yang ada di MIUI, tak heran bila UI ini jadi produk paling sukses perusahaan.

Sebelumnya Xiaomi memperkenalkan MIUI 12.5, diikuti dengan MIUI 12.5 Enhanced Edition yang mulai melenggang untuk smartphone Xiaomi versi internasional.

Antarmuka MIUI 13 juga tengah dikembangkan dan dijadwalkan bakal hadir untuk dirilis Juni mendatang. Terbaru, Xiaomi berinvestasi pada tim Pioneer yang secara khusus bertugas mengumpulkan dan menangani feedback pengguna MIUI.

Salah satu cara terbaik untuk mengawasi potensi fitur MIUI yang akan datang adalah beta channel, dan khususnya fitur-fitur yang mencapai tahap pengujian beta. Nah, satu pendatang baru yang menarik perhatian adalah fitur MIUI Pure Mode.

Mengutip GSM Arena, Selasa (7/9/2021), fitur ini dimaksudkan untuk mengatasi masalah keamanan yang terkait dengan aplikasi jahat di Android.

Sesuai data temuan Xiaomi, sekitar 40 persen aplikasi yang diinstal menggunakan MIUI installer belum lulus audit keamanan perusahaannya sendiri.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apa Fitur Pure Mode?

Selain itu 10 persen aplikasi pada satu waktu atau lainnya telah diakui sebagai risiko keamanan oleh audit Xiaomi.

Nah, fitur Pure Mode berencana mengatasi aplikasi jahat dengan menonaktifkan sideloading pada APK secara default dan pemasangan aplikasi pada background, tanpa persetujuan dan sepengetahuan pengguna.

Xiaomi menekankan, ini merupakan pengaturan yang dapat dinonaktifkan oleh pengguna mana pun. Mereka tetap bisa mengaktifkan sideloading jika mereka menginginkannya.

3 dari 3 halaman

Sudah Diuji Beta

Aplikasi beta untuk Pure Mode sudah diproses di Tiongkok dan paket pengujian akan didistribusikan mulai 6 September 2021.

Pengujian dilakukan dengan kecepatan 100 perangkat dan penguji beta yang disetuju per hari, selama total 5 hari. Hal ini memperlihatkan pengujian beta berskala kecil.

Sejauh ini tidak ada informasi mengenai apa yang akan dilakukan oleh Xiaomi dengan Pure Mode-nya. Mungkinkan Pure Mode akan hadir sebagai bagian dari MIUI 13 mendatang atau akan ada di luar Tiongkok?

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.