Sukses

Tips Baca Pesan WhatsApp Web Tanpa Buka Chat

Bagi pengguna WhatsApp Web dan WhatsApp, yuk ikuti cara ini untuk membaca pesan yang masuk tanpa harus membuka chat.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam kondisi bekerja di rumah, penggunaan WhatsApp Web menjadi lebih praktis ketimbang membuka smartphone. Pasalnya, mereka yang bekerja di rumah cenderung lebih sering berada di depan komputer atau laptop ketimbang smartphone.

Membuka WhatsApp Web lebih memudahkan pekerjaan dan koordinasi dengan rekan kerja alih-alih harus berulang kali mengecek smartphone.

WhatsApp pun memberikan berbagai fitur pada WhatsApp Web guna memberikan pengalaman serupa seperti ketika membukanya dari smartphone.

Terbaru WhatsApp Web kebagian fitur WhatsApp, yakni tool pengeditan foto di platform WhatsApp Web. Dengan begitu, sebelum foto dikirim, pengguna WhatsApp Web bisa mencoret-coret di atas gambar, menambahkan stiker, emoji, hingga memotong gambar sebelum mengirimkannya.

Meski lebih praktis menggunakan WhatsApp Web, terkadang ada kalanya pengguna ingin membaca pesan tanpa membuka obrolan kontak. Bagaimana tipsnya?

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berikut Langkahnya

Mengutip Indian Express, Kamis (2/9/2021), ini cara mudahnya:

- Pengguna hanya tinggal mengaktifkan WhatsApp Web. Caranya, masuk ke web.whatsapp.com lalu pindai barcode pada WhatsApp Web menggunakan aplikasi WhatsApp di smartphone.

- Setelah WhatsApp Web terbuka dan chat sudah tersedia, yang perlu kamu lakukan adalah menempatkan kursor mouse pada chat, setelah diterima.

Baca pesan di WhatsApp Web tanpa membuka chat (Liputan6.com/Agustin Setyo W).

- Pengguna pun akan melihat pop-up isi pesan di samping kursor tanpa harus membuka chat.

Dengan cara ini, pengguna tak perlu membuka/ klik chat untuk memeriksa pesan terbaru di WhatsApp Web.

3 dari 4 halaman

Langkah Selanjutnya

Untuk pengguna aplikasi WhatsApp yang ingin membaca pesan tanpa membuka chat, yuk ikuti cara ini:

- Tekan yang agak lama pada home screen dan sebuah menu akan muncul di layar smartphone Android pengguna.

- Tap pada Widget. Pengguna akan melihat banyak sekali shortcuts. Pengguna hanya perlu menemukan shortcut untuk WhatsApp.

- Setelah melihat widget WhatsApp, pengguna hanya perlu mentap pada "4x1 WhatsApp" atau "4x2 WhatsApp" widget

- Sentuh dan tahan widget tersebut, lalu jatuhkan pada salah satu home screen. Setelah menambahkannya pada layar, pengguna bisa memencet agak lama pada widget kemudian memperluasnya.

Pengguna pun bisa membaca pesan tanpa membuka chat WhatsApp. Selain pesan baru, pengguna juga bisa buka pesan lama yang belum dibaca.

(Tin/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Cek Fakta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.