Sukses

Menjajal Kecepatan 5G XL Axiata, Download Call of Duty Mobile Cuma 4 Menit

Tekno Liputan6.com berkesempatan menjajal internet 5G XL di XL Center, Axiata Tower, Kuningan Jakarta. Seberapa cepat dan bagaimana pengalaman kami, yuk cek di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah mendapatkan sertifikat keterangan laik operasi (SKLO) untuk menggelar 5G oleh Kemkominfo, XL Axiata kini mengedukasi masyarakat tentang penggunaan internet 5G.

Selain bekerja sama dengan sejumlah universitas untuk menggali mengenai use case 5G di Indonesia untuk industri, manufaktur, dan agrobisnis, XL Axiata juga menggelar showcase layanan 5G di empat kota. Jakarta jadi salah satunya.

Di Jakarta, pelanggan yang sudah memiliki smartphone 5G yang compatible 5G milik XL bisa langsung mencoba layanan 5G. Untuk mencoba 5G, pengguna bisa datang ke XL Center di Axiata Tower, Kuningan, Jakarta Selatan.

Head of Strategic Operation and Automation XL Axiata, Ahmad Hamzah, mengatakan sebagian pelanggan yang menggunakan smartphone 5G mendapatkan SMS untuk mencoba layanan 5G.

"Mereka yang tidak mendapatkan SMS tetapi sudah memiliki smartphone 5G yang mendukung, bisa datang ke Customer Service untuk registrasi dan mendapatkan kuota uji coba 5G sebesar 25GB," kata Hamzah saat berbincang di Axiata Tower Jakarta, Senin (30/8/2021).

Hamzah mengatakan, selama masa showcase, XL Axiata membebaskan pelanggan dari biaya kuota 25GB tersebut karena ingin mengedukasi masyarakat tentang pengalaman penggunaan 5G.

Kuota 25GB itu pun hanya bisa digunakan selama satu hari untuk mengakses internet di tempat.

Sekadar informasi, kini pelanggan XL Axiata bisa mencoba internet 5G XL di XL Center Axiata Tower Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya. Untuk area publik yang kebagian 5G adalah sebagian Jalan Margonda Depok dan area Gedung Sate Bandung.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Speedtest Tembus 318 Mbps

Tekno Liputan6.com berkesempatan mencoba 5G XL Axiata di XL Center Axiata Tower, berikut pengalaman kami:

Uji Speedtest

Bicara 5G tidak terlepas dari kecepatan. Oleh karenanya, kami mencoba menguji seberapa cepat internet XL.

Sekadar informasi, perangkat 5G yang dipakai dalam mencoba 5G XL Axiata adalah Oppo Reno5 5G dan aplikasi yang dipakai untuk menguji kecepatan adalah Speedtest yang bisa diunduh via Google Play Store.

Berdasarkan pengujian, kecepatan download adalah 318 Mbps dan kecepatan upload 57 Mbps.

3 dari 5 halaman

Streaming Video 4K dan Download CoD Mobile

Uji lain yang kami lakukan adalah streaming video berkualitas 4K dari YouTube. Berdasarkan pengujian, internet 5G mampu menampilkan video 4K tanpa buffering.

Download Game CoD Mobile

Untuk membuktikan keandalan internet 5G, kami juga mengunduh aplikasi berukuran besar, yakni game Call of Duty Mobile alias CoDM.

Aplikasi ini memiliki ukuran file 3,2 GB. Namun, berkat kecepatan internet 5G, game ini selesai diunduh dalam waktu 4 menit lebih tiga detik.

Pada saat memainkan game menggunakan internet 5G pun tidak terasa adanya lag.

4 dari 5 halaman

Smartphone 5G

Sekadar informasi, menurut Hamzah, sejumlah smartphone 5G yang dirilis di Indonesia sudah bisa dipakai untuk menjajal layanan 5G XL Axiata.

Di antara beberapa perangkat yang disebutkan ada Oppo Reno5 5G, Poco M3 Pro 5G, Redmi Note 10 5G, hingga Huawei Mate 40 Pro (yang sudah update EMUI versi 11.0.0.193).

XL Axiata menggelar internet 5G di frekuensi 1.800 MHz, 2.100 MHz, dan 900 MHz, spektrum yang sama dengan layanan 4G menggunakan teknologi Dynamic Spectrum Sharing (DSS).

Selain itu Hamzah menambahkan, dari seluruh produk XL Axiata, saat ini internet 5G baru bisa dinikmati oleh pelanggan kartu XL prabayar dan pascabayar. Sementara untuk Axis dan Live.On belum bisa menjajal layanan 5G. 

(Tin/Isk)

5 dari 5 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.