Sukses

9 Smartphone Xiaomi Kebagian MIUI 12.5 Enhanced Pada Batch 1, Apa Saja?

Sebanyak 9 smartphone Xiaomi dikabarkan akan kebagian update MIUI 12.5 versi yang telah ditingkatkan (Enhanced) pada batch pertama, apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi resmi merilis versi MIUI 12.5 yang sudah ditingkatkan (Enhanced) bersamaan dengan pengumuman Mi Mix 4. Menurut sejumlah laporan, versi MIUI 12.5 Enhanced ini sudah tersedia untuk pengguna di Tiongkok mulai 13 Agustus lalu.

Menurut Xiaomi, pada batch pertama, sebagian smartphone Xiaomi bakal mulai kebagian update MIUI 12.5 yang telah ditingkatkan mulai 27 Agustus.

Tidak hanya untuk pengguna di Tiongkok, MIUI 12.5 yang telah ditingkatkan juga bakal tersedia bagi pada pengguna smartphone Xiaomi di seluruh dunia.

Pada batch pertama, apa saja smartphone Xiaomi yang kebagian MIUI 12.5 versi Enhanced ini? Berikut informasinya, seperti dikutip dari Gizchina, Minggu (29/8/2021):

- Mi 11

- Mi 11 Ultra

- Mi 11i

- Mi 11X Pro

- Mi 11X

- Mi 10T Pro

- Mi 10T

- Mi 10 Pro

- Mi 10

Rencananya, perangkat batch pertama yang kebagian MIUI 12.5 versi Enhanced ini bisa meng-update software smartphone-nya pada kuartal keempat 2021.

Lantas, peningkatan apa saja sih yang diboyong Xiaomi pada update MIUI 12.5 versi Enhanced? Kemampuan pertama adalah bisa menekan kinerja aplikasi yang tidak penting di latar belakang.

Kedua, MIUI 12.5 versi mutakhir dijanjikan bisa penggunaan CPU bisa diturunkan rata-rata hingga 15 persen. Terakhir adalah peningkatan efisiensi daya berkat penurunan konsumsi baterai hingga 8 persen.

Kemampuan lainnya dikabarkan bakal hadir pada MIUI 12.5 versi Enhanced ini dalam beberapa minggu ke depan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berbagai Peningkatan Fitur di MIUI 12.5 Enhanced

Sementara, berikut adalah sejumlah fitur yang dijanjikan ada pada MIUI 12.5 versi Enhanced:

- Liquid Storage

Merupakan pemantauan tingkat fragmentasi yang sangat sensitif dengan efisiensi defragmentasi meningkat 60 persen.

Berdasarkan simulasi tes lab Mi 10 Pro, dengan MIUI 12.5, memperlihatkan peredaman pembacaan dan penulisan (memori) kurang dari 5 persen setelah 36 bulan pemakaian.

Disebutkan, performa smartphone meski dipakai 36 bulan tetap mulus seperti sebelumnya, tidak mengalami penurunan.

- Atomic Memory

Fitur MIUI 12.5 versi Enhanced ini berfokus pada manajemen memori ultra -halus dalam pembagian memori aplikasi. Dalam hal ini, software memberikan prioritas pada tugas yang tidak penting dan memperbaikinya, serta mengompresi penggunaan memori.

Pada pengujian di Mi 10 Extreme Commemorative Edition, kapasitas residensi back-end meningkat 64 persen.

3 dari 3 halaman

Fitur Lainnya

Focus Computing

Berdasarkan pengujian terhadap 51 persen skenario inti, hasilnya cukup halus, memprioritaskan proses paling penting sesuai skenario dan menekan kinerja aplikasi yang tidak begitu penting di background.

Berdasarkan pengujian multi-model, memperlihatkan penurunan penggunaan CPU rata-rata 15 persen dan lebih hemat daya karena penggunaan energi menurun 8 persen.

Intelligent Balance

Fitur ini memastikan bahwa perangkat keras paling utama dapat bekerja dengan maksimal. Fitur ini juga memastikan program yang tidak relevan tidak mengganggu kinerja.

Sebagai tambahan, pada pengujian Mi 11, konsumsi daya pun jadi berkurang hingga 10 persen.

(Tin/Ysl)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.