Sukses

5 Merek Smartwatch dengan Pangsa Pasar Tertinggi pada Kuartal II 2021

Pengapalan smartwatch global pada kuartal II 2021 mengalami pertumbuhan 27 persen, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Pengapalan smartwatch global pada kuartal II 2021 mengalami pertumbuhan 27 persen, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Demikian menurut perusahaan riset pasar Counterpoint Research, dalam laporan Global Smartwatch Model Tracker, yang baru-baru ini diterbitkan.

Menurut laporan ini, Apple mempertahankan posisi teratas dalam hal pengapalan. Namun, pangsa pasar Apple sedikit menurun, jika dibandingkan dengan kuartal II 2020.

Counterpoint Research Shipments of Global Top 5 Smartwatch OEMs Q2 2021 vs Q2 2020

Analis Senior di Counterpoint Research, Sujeong Lim, menyatakan tingkat keterikatan smartwatch terhadap smartphone terus mengalami pertumbuhan.

"Ekosistem Apple mengalami tingkat keterikatan yang lebih besar karena Apple terus membuat smartwatch dengan desain menarik, fitur kesehatan, dan layanan terkait di ekosistemnya," ujar Lim.

Basis pengguna Apple Watch, kata Lim, melampaui angka 100 juta untuk pertama kalinya selama kuartal kedua 2021 yang berakhir Juni lalu. Amerika Serikat menjadi pasar utama Apple Watch yang berkontribusi pada lebih dari setengah basis penggunanya, dengan tingkat pemasangan mendekati 30 persen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Garmin Masuk Daftar 5 Besar

Di antara 5 merek smartwatch teratas, Samsung dan Garmin menunjukkan pertumbuhan pengapalan luar biasa. Mereka tumbuh 43% dan 62% jika dibandingkan pencapaian mereka masing-masing pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Bahkan, pada periode sebelumnya Garmin tidak masuk ke dalam daftar lima besar, yang saat itu terisi oleh Amazfit.

 

3 dari 3 halaman

Samsung dan Huawei

Menurut Counterpoint Research, popularitas Galaxy Watch 3 dan Watch Active 2 yang stabil membantu Samsung meraih pangsa pasar lebih baik daripada tahun lalu.

Sementara itu, di antara 5 merek teratas, hanya Huawei yang mengalami penurunan pangsa pasar, jik dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Penurunan bisnis smartphone Huawei tampaknya telah memengaruhi penjualan smartwatch juga karena smartwatch merupakan produk vertikal yang dioptimalkan untuk smartphone Huawei.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini