Sukses

DANA v.2.0 Hadir, Tawarkan Kemudahan Transaksi untuk Pengguna

Lewat DANA v.2.0, DANA menghadirkan sejumlah perubahan tampilan untuk memudahkan dan menjamin keamanan transaksi pengguna.

Liputan6.com, Jakarta - Dompet digital DANA baru saja mengumumkan perubahan tampilan antarmuka yang ada di aplikasinya. Perubahan dengan nama DANA v.2.0 ini diharapkan dapat mempermudah dan mendukung kebutuhan para penggunanya.

Menurut CEO dan Co-Founder DANA, Vince Iswara, pondasi DANA sejak awal adalah menawarkan layanan yang mudah digunakan, memiliki teknologi andal, dan menjamin keamanan pengguna. Karenanya, perubahan yang ditawarkan lewat DANA v.2.0 ini tetap merujuk pada pondasi tersebut.

"Dengan mengembangkan DANA v.2.0 terbaru, kami membuat inovasi untuk meningkatkan user experience. Dengan perubahan ini, kami juga makin yakin untuk melayani lebih banyak pengguna," tuturnya dalam event virtual DANA Tech Talk, Jumat (27/8/2021).

Adapun perubahan yang dihadirkan dalam tampilan terbaru dompet digital ini dapat dilihat dari beberapa bagian. Salah satunya adalah tampilan depan yang kini lebih ramah pengguna.

Tampilan antarmuka versi terbaru ini menjadi lebih bersih dengan sajian informasi kontekstual untuk setiap komponen. Sebagai contoh, kini ada informasi aktivitas pengguna, menu 'Hanya Untukmu' untuk mengecek langsung kode referral, hingga informasi soal DANA Protection.

Head of UX & Design DANA, Den Widhana menuturkan, perubahan juga dilakukan pada fitur Kirim Uang sebagai salah fitur paling banyak dipakai pengguna. Perubahan itu dilakukan dengan memanfaatkan kolom pencarian transfer yang lebih praktis.

Selain itu, kini diperlihatkan pula deretan tujuan transaksi yang terakhir dilakukan. "Kami melakukan sejumlah pengurangan, sehingga prosesnya kini bisa lebih singkat," tutur Den menjelaskan.

Lalu pada fitur DANA Statement, kini pengguna iOS dimungkinkan untuk membuat widget fitur ini. Jadi, pengguna dapat melihat keseluruhan pengeluaran mereka tanpa harus masuk aplikasi.

p>* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perubahan Lain di DANA

Lebih lanjut Den menuturkan, perubahan lain yang kini juga dihadirkan adalah fitur Smart Pay. Fitur ini dapat membantu memberikan rekomendasi metode pembayaran terbaik untuk pengguna.

Dengan demikian, penggguna tidak perlu khawatir jika saldo DANA miliknya tidak cukup transaksi. Sebab, aplikasi akan segera memberikan opsi lain yang lebih mendukung.

Saat ini, pengguna juga dapat memanfaatkan fitur Daily Limit. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna mengatur batas pembelanjaan harian untuk setiap kartu, sehingga semakin terkontrol dan terkendali.

Tidak hanya itu, DANA juga menambahkan lapisan keamanan ekstra untuk kartu pengguna yang didaftarkan dalam DANA. Saat ini, seluruh pengguna pun sudah bisa merasakan perubahan yang dihadirkan.

Sekadar informasi, peluncuran DANA v.2.0 di bulan Agustus yang bertepatan dengan Hari Kemerdekaan dan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ini sekaligus momentum bagi perusahaan mengokohkan tekad dan upaya dalam mendukung tranformasi menuju masyarakat digital.

3 dari 3 halaman

Dukung Literasi Keuangan, Pemberi Kerja Diajak Transfer Gaji ART via DANA

Di sisi lain, DANA diketahui telah berkolaborasi dengan Women's World Banking mendorong kaum perempuan untuk go digital. Dalam hal ini sektor pekerja asisten rumah tangga (ART) didorong untuk mendapatkan literasi keuangan dengan cara yang mudah. 

Hal ini bukan tanpa sebab, mengacu data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah pekerja informal pada Februari 2021 mencapai 78,14 juta atau sekitar 60 persen dari total jumlah tenaga kerja Indonesia.

Sayangnya, rendahnya literasi keuangan maupun teknologi digital membuat pekerja informal khususnya ART memiliki tantangan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarganya.

Bersama organisasi nonprofit yang fokus pada upaya stabilitas dan kemakmuran ekonomi bagi perempuan dan keluarga, Women's Wold Banking, DANA melakukan penelitian, pengujian lapangan, dan mengembangkan solusi pengiriman uang sebagai transaksi yang bisa diaplikasikan oleh pekerja domestik.

Mengutip keterangan DANA, program ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan digital bagi pekerja rumah tangga. Dengan begitu mereka dapat beradaptasi dengan tantangan yang ada untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga mereka.

DANA dan Women's World Banking menghadirkan inisiatif ini melalui program gamifikasi. Tujuannya, agar para pemberi kerja yang sudah menjadi pengguna DANA menggunakan DANA sebagai media untuk melakukan pembayaran gaji bagi ART mereka

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini