Sukses

Cara Cek Smartphone Kamu Masih Bisa Akses WhatsApp Per 1 November 2021 atau Tidak?

Mulai 1 November 2021, smartphone Android dan iPhone yang menggunakan sistem operasi lawas bakal kehilangan akses ke WhatsApp. Begini cara mengecek versi OS di Android dan iPhone.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp akan menghentikan dukungan terhadap sistem operasi lawas seperti Android 4.0.4 (Ice Cream Sandwich) dan iOS 9 mulai 1 November 2021.

Itu artinya, smartphone yang masih menggunakan kedua sistem operasi tersebut tidak akan bisa lagi menggunakan WhatsApp mulai tanggal yang ditetapkan.

WhatsApp dalam website-nya menyebutkan, persyaratan untuk dapat menggunakan WhatsApp adalah smartphone Android menggunakan OS 4.1 (Jelly Bean) atau di atasnya.

Untuk pengguna iPhone, minimal harus memperbarui iPhone-nya ke iOS 10 atau di atas agar bisa menggunakan WhatsApp.

Lantas, bagaimana cara mengecek apakah sistem operasi pada smartphone kamu masih mendukung penggunaan WhatsApp?

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Android

Pengguna Android yang ingin mengecek sistem operasi perangkatnya bisa mengakses:

- Masuk ke menu Setting/ Pengaturan smartphone

- Cari menu About Phone/ Tentang Telepon

- Cari menu Software Information/ Informasi Perangkat Lunak, di situ akan terlihat versi Android.

Jika versi OS di bawah 4.1, maka smartphone Android tidak bisa lagi menggunakan WhatsApp per 1 November 2021.

Kamu juga bisa mengecek apakah sistem operasi Android ponsel masih bisa di-update. Jika masih bisa, pastikan untuk meng-update software ke versi terbaru.

Jika setelah di-update ternyata versi OS di atas Android 4.0.4 (misalnya Android 4.1 atau yang lebih baru), smartphone bisa dipakai untuk mengakses WhatsApp.

3 dari 4 halaman

iPhone/ iOS

Bagi pengguna iPhone yang ingin mengecek sistem operasi iOS-nya, mereka bisa mengakses:

- Masuk ke menu Setting/ Pengaturan

- Masuk ke General/ Umum,

- Pilih About/ Mengenai

- Akan terlihat versi perangkat. Dalam hal ini, jika versi perangkat adalah iOS 9, iPhone tidak lagi bisa dipakai untuk mengakses WhatsApp. Namun, jika iOS 10 atau di atasnya, perangkat tetap bisa dipakai mengakses WhatsApp.

Seperti pada Android, pengguna iPhone pun bisa memperbarui versi iOS perangkat mereka ke versi terbaru, jika memungkinkan.

Untuk iPhone, jika versi iOS setelah diperbarui memperlihatkan iOS 10 ke atas, perangkat masih bisa dipakai untuk mengakses WhatsApp.

iPhone 5, 5C, 5S, 6, 6 Plus, 6S, 6S Plus, dan SE masih bisa di-update hingga iOS di atas 10. Oleh karenanya, perangkat ini masih bisa mendapatkan akses WhatsApp.

Pengguna perlu memastikan perangkatnya sudah diperbarui ke sistem operasi terbaru.

(Tin/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Waspada WhatsApp Rentan Dibobol Hacker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.