Sukses

Dukung Literasi Keuangan, Pemberi Kerja Diajak Transfer Gaji ART via DANA

Untuk mendukung literasi keuangan bagi kaum perempuan, DANA mengajak para pemberi kerja untuk mentransferkan gaji asisten rumah tangga(ART) mereka melalui dompet digital DANA.

Liputan6.com, Jakarta - Dompet digital DANA berkolaborasi dengan Women's World Banking mendorong kaum perempuan untuk go digital. Dalam hal ini sektor pekerja asisten rumah tangga (ART) didorong untuk mendapatkan literasi keuangan dengan cara yang mudah. 

Hal ini bukan tanpa sebab, mengacu data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah pekerja informal pada Februari 2021 mencapai 78,14 juta atau sekitar 60 persen dari total jumlah tenaga kerja Indonesia.

Sayangnya, rendahnya literasi keuangan maupun teknologi digital membuat pekerja informal khususnya ART memiliki tantangan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarganya.

Bersama organisasi nonprofit yang fokus pada upaya stabilitas dan kemakmuran ekonomi bagi perempuan dan keluarga, Women's Wold Banking, DANA melakukan penelitian, pengujian lapangan, dan mengembangkan solusi pengiriman uang sebagai transaksi yang bisa diaplikasikan oleh pekerja domestik.

Mengutip keterangan DANA, program ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan digital bagi pekerja rumah tangga. Dengan begitu mereka dapat beradaptasi dengan tantangan yang ada untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga mereka.

DANA dan Women's World Banking menghadirkan inisiatif ini melalui program gamifikasi. Tujuannya, agar para pemberi kerja yang sudah menjadi pengguna DANA menggunakan DANA sebagai media untuk melakukan pembayaran gaji bagi ART mereka.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Edukasi Pekerja Domestik

Dari situ, para pemberi kerja juga sekaligus mengedukasi asisten rumah tangga mereka untuk mengirimkan uang kepada keluarga mereka di rumah melalui DANA.

Chief Marketing Officer DANA, Monita Moerdani, mengatakan, DANA menggandeng Women’s World Banking untuk mendorong perempuan, khususnya para asisten rumah tangga, agar makin cakap dalam hal keuangan digital.

"Kami ingin menanamkan dompet digital mudah digunakan oleh siapapun, termasuk oleh para ART, dan dengan DANA, mereka bisa tetap membantu keluarganya melalui pengalaman transaksi nontunai yang aman dan nyaman," kata Monita.

Lebih lanjut, dia mengatakan kemudahan bertransaksi dengan DANA didukung berbagai fitur yang dirancang inklusif untuk menjangkau berbagai lapisan masyarakat dengan beragam latar belakang.

Program kolaboratif ini diyakini mampu mendukung ART bisa lebih cakap digital karena melibatkan dua pihak, yakni ART dan pemberi kerja.

Berdasarkan penelitian Women's World Banking, sebagian besar gaji pekerja domestik migran (ART) dibayar tunai setiap bulan. Besarannya berkisar antara dengan jumlah berkisar antara Rp 1,5 - 2,2 juta per bulan. Pembayaran tunai dilakukan karena banyak dari mereka yang belum memiliki rekening bank.

3 dari 4 halaman

Hambatan Inklusi Keuangan

Penelitian ini juga mengungkap, para pekerja domestik meminta pemberi kerja untuk mengirimkan 50-75 persen dari gaji mereka langsung ke keluarga mereka. Sisanya disimpan dalam bentuk tunai untuk penggunaan pribadi.

Regional Director SEA Women's World Banking, Christina Maynes, mengatakan, meski terdapat peningkatan layanan keuangan digital di Asia Tenggara, hambatan inklusi keuangan kelompok perempuan masih terjadi di Indonesia.

"DANA, sebagai salah satu dari tiga dompet digital teratas di Indonesia, memiliki potensi yang sangat baik untuk mengurangi kesenjangan ini dan meningkatkan taraf hidup ART di Indonesia dan membantu mereka mengirimkan gaji kepada keluarga mereka di rumah, dengan biaya yang murah dan nyaman melalui dompet digital," kata Christina.

Untuk mendapatkan kesempatan berpartisipasi dalam program ini cukup mudah. Bagi pemberi kerja, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka aplikasi DANA, terdaftar sebagai DANA Premium dan mengakses laman ‘Saya (Me)’ dan melanjutkannya dengan memasukkan kode promo yang diperoleh ke dalam menu “Enter Promo Code”.

Setelah itu, agar dapat berpartisipasi, tentu pemberi kerja harus melakukan transfer gaji minimum Rp 500.000 kepada asisten rumah tangga dengan menggunakan fitur kirim uang pada aplikasi DANA.

 

4 dari 4 halaman

Bagaimana Caranya?

Asisten rumah tangga dapat melakukan langkah yang hampir sama untuk berkesempatan mengikuti program ini.

Pertama, asisten rumah tangga harus memastikan akunnya terdaftar sebagai DANA Premium, kemudian mengakses laman ‘Saya (Me)’ untuk memasukkan kode promo yang diperoleh pada menu “Enter Promo Code”.

Agar dapat berpartisipasi, asisten rumah tangga tentu diwajibkan menggunakan minimal 1 (satu) kali fitur kirim uang dari aplikasi DANA dengan minimum transfer senilai Rp 500.000.

Keterlibatan DANA untuk memberdayakan asisten rumah tangga yang cakap digital tidak berhenti sampai di sana. Ke depan, DANA akan melanjutkan inisiatifnya dengan menggandeng beberapa komunitas hingga asosiasi terkait untuk membekali dan memberdayakan asisten rumah tangga dengan edukasi yang berkelanjutan.

Dengan demikian, asisten rumah tangga dapat merasakan dan memahami manfaat penuh yang ditawarkan dari dompet digital DANA.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini