Sukses

Google Perbarui Sistem Rating Play Store, Ini Detailnya

Google akan membagi ulasan dan peringkat di Play Store berdasarkan negara serta bentuk dari perangkat yang digunakan

Liputan6.com, Jakarta - Google mengumumkan perubahan perhitungan dan tampilan peringkat untuk sebuah aplikasi Play Store pada Senin awal pekan ini.

Google merencanakan, rating aplikasi di Play Store akan dibagi dengan peringkat khusus berdasarkan negara tempat perangkat terdaftar, serta faktor perangkat yang digunakan.

Dikutip dari The Verge, Kamis (26/8/2021), hal ini dilakukan sebagai ganti satu peringkat untuk seluruh aplikasi di Play Store, yang mungkin terpengaruh dari berbagai hal seperti perangkat yang digunakan.

"Kami telah mendengar dari pengguna dan pengembang di Play Store bahwa peringkat dan ulasan bisa lebih membantu," kata mereka, seperti mengutip 9to5google.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berdasarkan Negara

Google mengungkapkan adanya rencana perubahan ini. Pertama adalah tidak setiap aplikasi menawarkan fitur atau fungsi sama di berbagai wilayah karena suatu aturan negara atau aturan universal.

"Seperti ketika bug yang hanya berdampak pada satu negara berdampak negatif pada peringkat aplikasi di mana-mana," kata Google.

Google mengatakan, mereka percaya bahwa "peringkat keseluruhan tidak selalu menceritakan keseluruhan cerita."

Maka dari itu nantinya, peringkat ulasan secara khusus akan didasarkan pada tempat akun Play Store pengguna terdaftar.

"Jadi pengguna di Jepang akan melihat peringkat aplikasi yang dihasilkan dari kiriman pengguna Jepang," kata mereka.

3 dari 4 halaman

Berdasarkan Bentuk Perangkat

Selain itu, beberapa aplikasi juga dapat berjalan buruk atau lebih baik di beberapa perangkat tertentu. Hal ini tentu akan mengabaikan pengalaman pengguna yang lain.

Misalnya, ketika Anda mengunduh suatu aplikasi di tablet, mungkin dia akan berjalan tidak sebaik saat digunakan di ponsel.

Inilah yang mendasari Google untuk membuat sistem penilaian berdasarkan faktor tipe perangkat.

Menurut mereka ini "memberikan kesan yang lebih baik pada pengguna tentang pengalaman yang dapat mereka harapkan untuk perangkat yang digunakan."

Google berencana untuk meluncurkan peringkat berdasarkan negara pada November tahun 2021. Sementara, peringkat khusus berdasarkan faktor perangkat baru akan diluncurkan tahun 2022.

Google pun akan melakukan pemberitahuan tentang perubahan peringkat secara signifikan kepada pengembang aplikasi, sebagai akibat dari adanya pembaruan ini.

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis 11 Aplikasi untuk Konsultasi Online dan Obat Gratis Pasien Isolasi Mandiri Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.