Sukses

Hari Tagar, Ini Hashtag Paling Mendominasi Percakapan Twitter Indonesia

Twitter merayakan Hari Tagar yang ke-14 tahun, berikut adalah sejumlah tagar atau hashtag yang paling mendominasi percakapan di Twitter Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Twitter memperingati Hari Tagar. Hari Tagar lahir pada 23 Agustus 2007 atau 14 tahun yang lalu. Berbagai kejadian dirangkum dengan tagar atau hashtag, mulai dari gerakan atau peristiwa global, komunitas dengan minat sama, diskusi konten, dan segala hal di Twitter.

Menurut Twitter, banyak orang di seluruh dunia menjadikan Twitter sebagai tempat menyuarakan pendapat dan topik populer. Di kawasan Asia, topik yang mendominasi percakapan pada paruh pertama 2021 adalah Kpop dan gaming.

"Mayoritas negara di Asia Pasifik setidaknya memiliki satu tagar terkait Kpop dalam daftar 10 tagar (hastag, #) populer di negara mereka pada paruh pertama 2021," kata Twitter dalam keterangan yang diterima Tekno Liputan6.com, Selasa (24/8/2021).

Di Indonesia dan Australia, tagar BTS merajai linimasa dan di Thailand, tagar bambam juga sukses bertengger di linimasa. Topik populer lain adalah gaming dengan #GenshinImpact dan #NintendoSwitch yang terpopuler di kalangan gamers.

Hari Tagar menjadi hari yang penting bagi Twitter. Menurut perusahaan, orang-orang di Indonesia menggunakan tagar untuk mencari informasi yang cepat sesuai dengan fungsinya, yakni untuk mengelompokkan percakapan.

"Tagar memungkinkan orang untuk bergabung dalam percakapan dan berdiskusi dengan komunitas yang mereka anggap penting di Twitter," kata Twitter.

Berikut adalah empat topik tagar yang populer di Indonesia pada paruh pertama 2021:

1. Ucapan doa dan harapan untuk Indonesia

Apa yang terjadi di dunia akan ramai dibicarakan di Twitter, termasuk orang datang ke Twitter untuk menyampaikan doa dan dukungan kepada korban bencana alam melalui #PrayForIndonesia.

Pada periode 6 bulan pertama tahun ini Indonesia juga mengalami beberapa musibah lainnya dan banyak orang pergi ke Twitter untuk berbagi kekuatan, harapan, dan informasi terkini terkait bencana yang sedang terjadi.

Beberapa tagar yang sempat ramai digunakan di linimasa, seperti #PrayForKalsel terkait bencana banjir di Kalimantan Selatan, #PrayForSriwijayaAir terkait hilangnya pesawat Sriwijaya Air, hingga #PrayForKRINanggala402 terkait dengan tenggelamnya kapal KRI Nanggala 402.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Kpop, Gaming, dan Sinetron

Dalam kondisi yang serba sulit, orang Indonesia datang ke Twitter untuk mendapatkan hiburan dan terhubung dengan komunitas serta membicarakan mengenai topik-topik hiburan mulai dari musik, film, hingga gaming.

Tagar #BTS, sempat meramaikan linimasa Twitter dengan kolaborasi grup K-Pop tersebut bersama McDonald’s dan peluncuran lagu baru. Fans di Indonesia juga memberi dukungan pada BTS saat ajang musik tahunan Grammy.

Warganet di Indonesia mencari hiburan dengan menonton sinetron dan anime lalu memulai diskusi di Twitter. Tagar #IkatanCinta, #AttackOnTitan dan #JujutsuKaisen ramai digunakan di Twitter.

Bagi gamers di Indonesia, role-playing game (RPG) favorit mereka, #GenshinImpact, juga menjadi bagian dari percakapan seru di Twitter.

3 dari 3 halaman

3. Tren investasi dengan mata uang kripto

Banyaknya perbincangan mengenai cryptocurrency atau mata uang kripto di Twitter membuat minat orang-orang Indonesia juga meningkat.

Hal ini terlihat dari ramainya perbincangan terkait topik ini dengan tagar #bitcoin, ​​#dogecoin, #doge. Para trader berbagi tips dan ilmu di Twitter mengenai strategi terbaik investasi mata uang kripto ini.

4. Berita dan kampanye terbaru brand

Twitter juga menjadi tempat jajaran brand terhubung dengan audiens. Salah satunya adalah dengan peluncuran kampanye. Misalnya tagar #Collabonation yang digunakan oleh IM3 Ooredoo atau berita merger Gojek dan Tokopedia dalam tagar #KolaborasiAnakBangsa.

(Tin/Ysl)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini