Sukses

Akatel Bertransformasi Jadi IT Telkom Jakarta

IT Telkom Jakarta memiliki visi menjadi 'Global Innovative dan Entrepreneurial University'.

Liputan6.com, Jakarta - Akademi Telkom (Akatel) Jakarta sebagai perguruan tinggi di bawah Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) mengumumkan telah bertransformasi menjadi Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) Jakarta.

"Sekarang Akatel telah bertransformasi atau berubah bentuk dari akademi menjadi institut. Dengan peningkatan status ini saya optimis IT Telkom Jakarta akan melahirkan generasi unggul yang mampu menjawab tantangan global di industri digital ini," kata Direktur Utama YPT, Sindhu Aryanto, pada acara grand launching IT Telkom Jakarta secara virtual, Minggu (22/08/2021).

Sebagai informasi, posisi Rektor IT Telkom Jakarta saat ini diduduki oleh Dr. Ir Agus Achmad Suhendra,M.T yang akan menjabat pada periode 2021-2025.

Dalam kesempatan yang sama, Agus menuturkan IT Telkom Jakarta memiliki visi menjadi 'Global Innovative dan Entrepreneurial University'.

"Untuk dapat mewujudkan visi tersebut maka berbagai langkah besar akan dilakukan.Kampus ini memiliki visi yang besar, saya bersama tim berkomitmen untuk mendorong semua prodi akan memiliki akreditasi internasional, memiliki kelas internasional, dan dual degree program," ucap Agus menambahkan.

Pada acara tersebut turut hadir secara online Gubernur DKI Jakarta, Wali Kota Jakarta Barat, Dirjen Dikti, Kepala LLDIKTI III.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perkuat Eksistensi Telkom Campus

Kelahiran IT Telkom Jakarta ini semakin memperkuat keberadaan Telkom Campus di tengah masyarakat. Saat ini terdapat empat lembaga pendidikan tinggi yang tergabung dalam Telkom Campus, yaitu Telkom University (Bandung), IT Telkom Purwokerto, IT Telkom Surabaya, dan IT Telkom Jakarta. 

IT Telkom Jakarta hadir dengan 4 program studi yang tergabung dalam Fakultas Teknik. Keempat Program Studi tersebut yaitu Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi, Program Studi Sarjana Teknik Telekomunikasi, Program Studi Sarjana Sistem Informasi, dan Program Studi Sarjana Teknologi Informasi.

"Sejak masih berstatus Akademi, berbagai prestasi membanggakan telah ditorehkan oleh IT Telkom Jakarta, seperti penghargaan 100 Perguruan Tinggi Vokasi Terbaik Indonesia Tahun 2019 dari Kemdikbudristek, dan peringkat ke-71 Indonesia pada UI Green Metric World University Ranking 2019. Ini tantangan untuk saya agar bisa meningkatkan ranking IT Telkom Jakarta melompat lebih tinggi lagi," ujar Rektor.

 

3 dari 4 halaman

Siap Berikan Pendidikan Hardskill dan Softskill

IT Telkom Jakarta diklaim memiliki sarana dan prasarana lengkap, dengan dosen berkualifikasi dan kompetensi tinggi yang siap memberikan pendidikan hardskill dan softskill dalam mendukung kurikulum merdeka belajar.

Sebagaimana Telkom Campus lainnya, IT Telkom Jakarta juga memiliki berbagai jejaring kerjasama, baik nasional maupun internasional, di berbagai perguruan tinggi, mitra dari kalangan dunia usaha dan industri, serta pemerintahan.

"Untuk merespon kebutuhan industri, maka lulusan berkualitas dan inovasi teknologi adalah kunci utama di era revolusi industri 4.0 dan Society 5.0," Agus memaparkan.

Ia menyebut pihaknya sangat terbuka kepada siapa pun yang ingin berkolaborasi, baik itu dalam penelitian, publikasi atau pengabdian kepada masyarakat.

"Apalagi jika kolaborasi pada level nasional dan internasional, maka kami akan sangat menyambutnya dengan baik," pungkasnya.

4 dari 4 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.