Sukses

Apple AirTag Temukan Sepeda Motor Curian

AirTag digunakan untuk membantu mencegah sepeda motor mereka yang dicuri, atau jika dicuri, akan memudahkan mereka untuk menemukan kembali.

Liputan6.com, Jakarta - Apple AirTag yang awalnya dirancang untuk membantu pengguna melacak barang-barang pribadi, seperti kunci dan tas, tampaknya sekarang menjadi pilihan populer di kalangan pemilik sepeda motor.

AirTag digunakan untuk membantu mencegah sepeda motor mereka yang dicuri, atau jika dicuri, akan memudahkan mereka untuk menemukan kembali.

Hal ini terjadi pada Brandon, seorang warga Renton, Washington, AS yang mengklaim bahwa sepeda motornya telah dicuri. Demikian sebagaimana dilansir Ubergizmo, Senin (23/8/2021).

Ini bukan pertama kalinya Brandon mengalami pencurian sepeda motor, jadi ketika AirTag diluncurkan, dia membeli satu dan menyembunyikannya di dalam kendaraan roda duanya sebagai tindakan pencegahan.

Ternyata keputusannya membuahkan hasil karena saat menyadari sepeda motornya hilang, ia segera melacaknya menggunakan aplikasi Find My.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Si Pencuri Meninggalkan Sepeda Motor Tanpa Alasan Jelas

Dia akhirnya menemukan kuda besi kesayangannya itu, dan anehnya si pencuri meninggalkannya begitu saha.

Dia kemudian menelepon polisi, mengajukan laporan, dan mendapatkan sepeda motornya kembali tanpa insiden apa pun.

Tidak jelas mengapa para pencuri meninggalkan sepedanya, tetapi Brandon berspekulasi bahwa mungkin AirTag telah memberi tahu para pencuri tentang kehadirannya, dan itu mungkin membuat mereka ketakutan, itulah sebabnya mereka meninggalkannya.

Bagi mereka yang tidak terbiasa, untuk mencegah penguntitan, Apple membangun beberapa fitur keamanan ke dalam AirTag di mana ia akan memberi tahu pengguna jika AirTag yang tidak dikenal bepergian bersama mereka.

3 dari 4 halaman

Apple AirTag Bantu Polisi Lacak Sepeda Curian

Menurut laporan dari Gadget Lite, yang dikutip dari Ubergizmo, Jumat (9/7/2021), sepeda curian dapat ditemukan kembali berkat Apple AirTag.

Seorang pengguna bernama Gene Gorter melaporkan sepedanya hilang pada malam hari di Boston, belum lama ini. Ia kemudian memberikan informasi pelacakan AirTag kepada Polisi setempat.

Polisi kemudian melacak aksesori besutan Apple itu dan menemukannya di tempat sampah dekat sepeda curian. Lalu, polisi mengirim lokasi ke Gorten bersama dengan foto sepeda curian.

Sejauh ini tidak ada penangkapan yang dilakukan karena menurut polisi, mereka belum menemukan orang yang bertanggung jawab atas pencurian itu.

Meskipun demikian, bantuan polisi sangat berarti bagi Gorter karena bisa bertemu kembali dengan sepeda kesayangannya.

Apple sendiri menyatakan bahwa AirTag tidak dirancang untuk membantu melacak barang curian. Aksesori ini lebih bertujuan untuk membantu orang menemukan barang mereka yang hilang seperti tas atau kunci.

Namun, mengapa tidak kalau AirTag juga kita gunakan untuk melacak barang curian?

4 dari 4 halaman

Infografis Cek Fakta 3 Cara Melindungi Data Pribadimu dari Pencurian

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.