Sukses

Ada Poco X3 GT dan Poco X3 Pro, Apa Bedanya?

Setelah merilis Poco X3 Pro pada April 2021, Poco kini meluncurkan Poco X3 GT ke pasar Indonesia, lantas apa yang membedakan dua smartphone ini?

Liputan6.com, Jakarta - Poco X3 GT telah diperkenalkan sebagai smartphone Poco paling anyar di Indonesia. Smartphone ini hadir setelah sebelumnya Poco meluncurkan Poco X3 Pro pada April 2021.

Secara keseluruhan, kedua smartphone ini sama-sama dibekali dengan spesifikasi yang terbilang mumpuni. Lantas, apa yang membedakan keduanya?

Menurut Head of Marketing Poco Indonesia, Andi Renreng, Poco X3 GT ternyata hadir sebagai peningkatan dari Poco X3 Pro. Peningkatan di smartphone Poco terbaru ini pun tidak hanya dari dihadirkan sisi performa, tapi juga desain.

"Poco X3 GT ini merupakan next level dari Poco X3 Pro. Jadi, smartphone ini menyasar orang-orang yang memang ingin mendapatkan teknologi flagship di kelas mid-range," tuturnya dalam konferensi pers virtual, Kamis (19/8/2021).

Soal performa, Andi mengatakan, Poco X3 GT sudah dibekalichipset MediaTek Dimensity 1100. Smartphone ini menjadi perangkat pertama yang menggunakan chipset tersebut di pasar Indonesia.

Tidak hanya itu, Poco juga sudah menyertakan baterai berkapasitas 5.000mAh dengan fast charging 67W. Andi menuturkan, kemampuan ini yang pertama kali juga dihadirkan di smartphone Poco.

"Untuk kelas Poco, ini pertama kalinya memberikan fast charging 67W. Kalau dibandingkan di smartphone Xiaomi, biasanya diberikan pada perangkat di harga Rp 17 jutaan," ujar Andi menjelaskan.

Sementara untuk soal desain, Poco X3 GT hadir dengan perlindungan dari Corning Gorilla Glass Victus. Adapun Poco X3 Pro menggunakan Corning Gorila Glass 6.

Nah demikian kira-kira pembahasan mengenai Poco X3 GT dan Poco X3 Pro. Untuk mengetahui spesifikasi masing-masing smartphone, cek informasinya di laman berikutnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Spesifikasi Poco X3 GT

Untuk spesifikasi, Poco X3 GT memiliki layar berukuran 6,6 inci beresolusi FHD Plus. Layar smartphone ini memiliki refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 240Hz, serta mendukung teknologi DynamicSwitch.

Oleh sebab itu, smartphone ini dapat secara otomatis menyesuaikan kecepatan refresh rate sesuai aktivitas yang dilakukan pengguna sekaligus mengoptimalkan konsumsi daya.

Selain dibekali chipset MediaTek Dimensity 1100, Poco memadukannya dengan RAM 8GB yang tersedia dalam dua pilihan memori, yakni 128GB dan 256GB.

Untuk menunjang performanya, Poco X3 GT diperkuat baterai 5.000mAh yang sudah mendukung kemampuan fast charging 67W.

Poco X3 GT memiliki tiga pilihan warna, yakni stargaze black, cloud white, dan wave blue. Smartphone ini juga memiliki dual speaker Dolby Atmos untuk pengalaman audio yang lebih optimal.

Perangkat mobile ini  menjalankan MIUI 12.5 berbasis Android 11. Poco X3 GT hadir tombol pemindai sidik jari di bodi samping dan IR blaster.

Urusan fotografi, ada tiga kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 64MP, lensa ultrawide 8MP, lensa makro 2MP. Sementara kebutuhan selfie diserahkan pada kamera depan 16MP.

Sebagai fitur pendukung, Poco menghadirkan teknologi AI Shutter untuk memungkinkan pengguna menangkap video Pro Time-Lapse dan memilih foto terbaik dari burst mode.

Lalu ada pula fitur tools perekaman video yang beragam untuk menghasilkan video layaknya profesional. Beberapa tools tersebut adalah real-time video bokeh termasuk delapan filter cinematic video. 

3 dari 4 halaman

Spesifikasi Poco X3 Pro

Sementara Poco X3 Pro hadir dengan layar berukuran 6,67 inci yang memiliki resolusi FHD Plus. Kemampuan layar Poco X3 Pro ditunjang dengan refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 240Hz.

Meski hadir dengan refresh rate tinggi, konsumsi daya Poco X3 Pro disebut terbilang efisien. Sebab, ada fitur DynamicSwitch yang memungkinkan smartphone menyesuikan refresh rate berdasarkan penggunaan. 

Perangkat anyar Poco ini hadir dengan tiga pilihan warna, yakni phantom black, metal bronze, dan frost blue.

Poco X3 Pro memiliki empat kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 48MP, lensa ultra-wide 8MP, lensa makro 2MP, dan depth sensor. Sementara kamera depannya beresolusi 20MP.

Untuk penunjang performanya, ada baterai berkapasitas 5.160mAh yang sudah mendukung fitur fast charging 33W. Smartphone ini juga dibekali teknologi Middle Middle Tab untuk membuat pengisian daya baterai menjadi lebih cepat.

Sebagai bagian dari pengalaman multimedianya, ada dual speaker yang sudah mendapat sertifikasi Hi-Res. Fitur lain yang dapat ditemukan perangkat ini, seperti IR Blaster, NFC, termasuk 3,5mm headphone jack.

Selain itu, smartphone ini juga sudah memiliki sertifikasi TÃœV Rheinland dan L1 Widevine. Kebutuhan multimedia smartphone ini turut didukung dengan kemampuan HDR10.

Adapun untuk urusan keamanan, tepatnya sensor biometrik, Poco X3 Pro memiliki pemindai sidik jari di samping bodi yang juga bertugas sebagai tombol power. Smartphone ini menjalankan MIUI 12 berbasis Android 11.

(Dam/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.