Sukses

Universitas Indonesia Luncurkan Platform Pembelajaran Online Makara UI Academy

Universitas Indonesia meluncurkan platform pembelajaran daring komersial yang dinamakan Makara UI Academy.

Liputan6.com, Jakarta Universitas Indonesia (UI) meluncurkan platform pembelajaran online (daring) yaitu Makara UI (MUI) Academy.

Dalam siaran persnya, Jumat (20/8/2021), platform pembelajaran daring ini bertujuan untuk membantu mewujudkan akses pendidikan yang inklusif.

MUI Academy merupakan produk komersial berbentuk video dan platform pembelajaran berbasis web, hasil kerja sama PT Daya Makara UI, Lembaga Sertifikasi Profesi Universitas Indonesia (LSP UI), dan PT Iam Edu Networks.

Dalam kerja sama ini, Daya Makara UI berperan dalam penyusunan kurikulum dan materi pembelajaran serta penyediaan trainer.

Sementara, LSP UI sebagai pelaksana proses asesmen sertifikasi berbasis kompetensi dan asesor dan PT Iam Edu Networks berperan sebagai penyedia platform, multimedia, konten, dan operasional.

Iam Edu Networks sendiri adalah perusahaan platform pendidikan yang didirikan di Indonesia bersama perusahaan EduTech Korea Selatan yaitu NHN Edu.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tawarkan Tiga Program

Mewakili Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim, Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Nizam berharap agar platform ini bisa jadi mata air bagi masyarakat yang ingin terus belajar.

"Kegiatan re-learning, re-skilling, dan unlearning merupakan suatu keniscayaan di era transformasi digital yang menuntut masyarakat untuk terus belajar kecakapan dan kemampuan-kemampuan baru," kata Nizam dalam kegiatan peresmiannya.

MUI Academy sendiri menawarkan tiga program bagi penggunanya yaitu program e-learning, uji kompetensi, dan program bundling yang merupakan gabungan dari program e-learning dan uji kompetensi.

Dalam program e-learning peserta akan mendapatkan video pembelajaran, kuis, sesi mentoring dengan trainer, dan e certificate.

3 dari 4 halaman

Targetkan 48 Modul Pelatihan

Sedangkan program uji kompetensi adalah ujian daring yang dapat diikuti oleh masyarakat umum yang sudah mendapat pelatihan cukup terkait bidang profesi yang ia tekuni.

Bila seseorang sudah mengikuti uji kompetensi, maka ia akan mendapatkan sertifikat profesi dari LSP UI yang terlisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Fakhrudin, Direktur Daya Makara UI mengatakan, modul-modul pembelajaran mereka disusun dengan menargetkan berbagai lapisan masyarakat mulai dari anak, remaja, pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, pencari kerja, hingga Pegawai Negeri Sipil.

Ia mengatakan, mereka sudah merencanakan 48 modul pelatihan bersertifikasi nasional dalam beberapa tahun ke depan.

"Antara lain: Public Relations Officer, Office Executive Administration Assistant, pemandu wisata, Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing, Welding Training, dan banyak pelatihan lain sesuai kompetensi yang dimiliki UI," ujarnya.

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Plus Minus Belajar dari Rumah Secara Online

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.