Sukses

WhatsApp Coba Perpanjang Durasi Disappearing Messages hingga 90 Hari

WhatsApp dilaporkan tengah menguji coba opsi pilihan durasi baru untuk fitur Disappearing Messages atau fitur menghapus pesan secara otomatis.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp tengah menguji coba kemampuan baru pada fitur Disappearing Messages. Kali ini, menurut temuan WABetaInfo, WhatsApp dilaporkan sedang menambah pilihan durasi waktu sebuah pesan dapat terhapus secara otomatis.

Dikutip dari GSM Arena, Kamis (19/8/2021), pilihan baru yang ditawarkan adalah 90 hari. Durasi baru ini menambah opsi yang disediakan WhatsApp bagi pengguna yang ingin memanfaatkan fitur Disappearing Messages.

Ini menjadi kali kedua WhatsApp menguji coba pilihan durasi waktu dapat terhapus secara otomatis. Sebelumnya, aplikasi chatting ini juga menghadirkan opsi pesan yang dapat terhapus secara otomatis setelah 24 jam.

Sebagai informasi, saat ini pengguna WhatsApp hanya diberi satu pilihan untuk fungsi Disappering Messages, yakni 7 hari. Karenanya, peningkatan ini dapat memberi opsi lebih banyak bagi pengguna.

Kendati demikian, kedua opsi ini baru tersedia untuk pengguna beta di platform Android. Karenanya, belum diketahui kapan opsi ini akan tersedia untuk lebih banyak pengguna.

Fitur Disappearing Messages sendiri pertama kali diperkenalkan WhatsApp tahun lalu.

Fitur baru WhatsApp ini tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk percakapan pribadi, tapi juga untuk group chat. Selain pesan teks, fitur semacam ini juga dapat digunakan untuk file media.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengguna Kini Bisa Edit Foto di WhatsApp Web dan Desktop

Sebelumnya, WhatsApp juga menggulirkan fitur baru untuk versi desktop maupun web, yaitu kemampuan edit foto. Sebelumnya, fitur ini hanya tersedia untuk WhatsApp versi mobile.

Dilansir Android Police, Sabtu (14/8/2021), fitur ini sebenarnya sudah hadir di aplikasi WhatsApp sejak lima tahun lalu. Namun baru kali ini diperluas ke versi desktop maupun web.

Dengan kehadiran fitur ini, tampilan saat mengirim foto lewat WhatsApp web maupun desktop pun berubah. Sebab, sebelum pembaruan ini, pengguna hanya dapat menambahkan caption pada foto yang akan dikirim.

Kini, ada opsi untuk mengedit foto terlebih dulu, dengan tool yang sama seperti di versi aplikasi mobile. Pengguna dapat menambahkan emoji, stiker, teks, doodles, termasuk memotong dan memutar foto.

3 dari 4 halaman

Kemampuan Lain di Fitur Edit Foto WhatsApp Web

Untuk versi web ini, WhatsApp menambahkan opsi untuk mengganti font, mengatur posisi teks, dan memakai background teks. Sebagai tambahan, ada pula tombol redo dan undo.

Meski terbilang pembaruan minor, fitur ini dapat membantu pengguna mengoptimalkan fungsi WhatsApp di desktop maupun web. Terlebih, WhatsApp kini mulai menguji coba kemampuan satu akun digunakan di banyak perangkat.

Untuk sekarang, fitur edit ini memang belum menjangkau seluruh pengguna, karena digulirkan secara bertahap. Karenanya, pengguna yang mungkin belum bisa memakai fitur ini dapat bersabar.

(Dam/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Waspada WhatsApp Rentan Dibobol Hacker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.