Sukses

Intel Siap Rilis GPU Buatan Sendiri untuk Tandingi Nvidia dan AMD

Walau masih belum ada tanggal pasti kapan diluncurkan, GPU buatan Intel ini akan menjadi GPU tandingan milik Nvidia dan AMD di laptop atau PC.

Liputan6.com, Jakarta - Bicara tentang kartu grafis (VGA atau GPU) di PC atau laptop, Nvidia dan AMD adalah dua nama vendor paling populer di dunia.

Namun, Intel disebut-sebut sedang mempersiapkan diri untuk meluncurkan VGA buatan mereka dan siap bersaing dengan Nvidia dan AMD di pasaran.

Terkenal dengan deretan produk CPU-nya, perusahaan yang bermarkas di Santa Clara, California ini akan merilis GPU buatan sendiri yang bernama Intel Arc.

Diungkap lewat akun Twitter perusahaan, Kamis (19/8/2021), GPU Intel Arc akan hadir dengan performa grafis yang tinggi untuk PC dan laptop.

Sayangnya, Intel masih belum mengungkap kapan GPU Intel Arc buatannya tersebut meluncur di pasaran.

Dari situs resminya, Intel Arc dijadwalkan akan meluncur secara global sekitar kuartal 1 2022.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Laptop dengan Intel Tiger Lake-H di Indonesia

Di sisi lain, Intel juga baru-baru ini mengumumkan deretan laptop baru di Indonesia yang sudah menggunakan prosesor Intel Tiger Lake-H.

Setidaknya, ada lima merek global yang dipastikan akan menggunakan prosesor ini, yaitu Acer, Asus, HP, Lenovo, dan MSI.

"Untuk memenuhi kebutuhan pengguna saat bermain game maupun streaming, membuat konten atau melakukan multitasking pada berbagai aplikasi, prosesor ini menghadirkan performa andal yang dibutuhkan," tutur Vice President Sales, Marketing, and Communications Group and Managing Director Asia Pacific Japan Territory Intel Corporation, Santhosh Viswanathan.

3 dari 3 halaman

Laptop dengan Intel Tiger Lake-H

Untuk diketahui, Intel meningkatkan performa prosesor Tiger Lake-H ini dengan menggunakan teknologi pemrosesan SuperFin 10 nanometer. Prosesor ini juga menawarkan 2,5 kali total bandwidth PCIe ke CPU dibandingkan prosesor generasi sebelumnya.

Selain itu, prosesor ini juga memungkinkan CPU langsung mengakses memori GDRR6 berkecepatan tinggi di kartu grafis, sehingga mampu membuat framerate lebih tinggi dengan latency lebih rendah.

Adapun daftar laptop yang menggunakan Intel Tiger Lake-H dan telah tersedia di pasar Indonesia di sini.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini