Sukses

Telkom Siapkan 300 Posisi untuk Program Magang Kampus Merdeka

Telkom menyiapkan 9 program dan 48 mentor untuk 311 mahasiswa dalam Program Kampus Merdeka

Liputan6.com, Jakarta - Telkom Indonesia melalui Telkom Corporate University (Corpu) dan Indonesia Telecommunication & Digital Research Institute (ITDRI) membuka pendaftaran magang bersertifikat lewat Kampus Merdeka untuk 300-an posisi dengan durasi 6 hingga 12 bulan.

Direktur Utama Telkom Ririek Andriansyah mengaku sangat mendukung inisiasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam program Kampus Merdeka.

"Para peserta program nantinya mendapatkan uang saku dan sertifikasi Magang Kampus Merdeka. Kami mendukung Kemendikbud dengan program ini," ujar Ririek.

Lewat pembelajaran langsung di tempat mitra kerja magang, menurut Ririek, mahasiswa akan "mendapatkan hard skill maupun soft skill yang berguna mengasah kemampuan agar lebih mantap memasuki dunia kerja."

Ririek menambahkan, Telkom telah menyiapkan 9 program dan 48 mentor untuk 311 mahasiswa dalam program Kampus Merdeka.

"Akan ada 12 kompetensi terkait digital yang akan kita butuhkan, dan di akhir program akan ada sertifikat yang bukan abal-abal dan diakui oleh pencari tenaga kerja, sehingga menjadi modal awal mahasiswa masuk dunia kerja. Untuk itu semua, syaratnya sudah semester 5 dan lolos seleksi magang," tutur Ririek.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Contoh Program dan Posisi

Sejumlah posisi disiapkan di berbagai proyek Telkom Corpu dan Departemen Digital Business. 

Antara lain program Fisheries Cyber Center membutuhkan posisi 3D Content Creator, Desain Grafis, Copywriting, Project Management Officer, Business Development, Web Developer, dan IT Integration. Program Digiknow memerlukan UI/UX researcher, UI/UX Designer, Back End Developer, Digital Marketing, Business/System Analyst, Scrum Master, Front end Developer, Content Writer, dan Mobile Development.

Kemudian program Amoeba Engine membutuhkan tujuh posisi sejenis, Amoeba Learning (empat posisi), Muda Maju Bersama (dua posisi), Project Management Officer (1 posisi), Joint Learning HUAWEI (tiga posisi), Tribe Learning Digitization (empat posisi), Integrated Learning Management (11 posisi), dan Telcom Digital Natureing & Scoring (tujuh posisi).

 

3 dari 3 halaman

40.000 Mahasiswa Telah Mendaftar

Melengkapi pernyataan Ririek, Jemy V. Confido, SGM Telkom CorpU sekaligus Chairman of ITDRI mengungkapkan, "Program magang ini juga bisa menciptakan mahasiswa yang memiliki growth mindset dan digital mindset, sehingga ke depannya talenta digital Indonesia bisa meningkat guna mendongkrak inovasi-inovasi di masa yang akan datang."

Sejauh ini, 40.000 mahasiswa disebut telah mendaftar pada periode 10 Juni 2021 hingga 31 Juli lalu. Proses seleksi dan rekrutmen dimulai dari 16 Juni 2021 hingga 7 Agustus lalu. Sementara program magang sendiri mulai dari akhir Agustus 2021 hingga durasi yang telah diajukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.