Sukses

Android 12 Mungkinkan Pengguna Kontrol Smartphone dengan Ekspresi Wajah

Fitur aksesibilitas di Android 12 akan memungkinkan pengguna untuk mengontrol smartphone dengan ekspresi wajah.

Liputan6.com, Jakarta - Android punya sejumlah kemampuan aksesibilitas yang membantu pengguna disabilitas untuk mengeksplorasi perangkatnya dengan lebih baik.

Termasuk Android 12 beta yang kini hadir dengan sejumlah fitur yang memungkinkan pengguna mengontrol smartphone Android mereka dengan ekspresi wajah.

Fitur ini pertama diketahui oleh XDA Developer, di mana versi Beta 12.0.0 dari Android Accessibility Suite hadir dengan Android 12 beta 4, memiliki fitur "Camera Switches".

Mengutip Android Authority, Selasa (17/8/2021), ketika fitur ini diaktifkan, kontrol dengan ekspresi wajah memakai kamera depan untuk melihat apakah pengguna sedang melihat layar. Selain itu kamera juga digunakan untuk mengenali ekspresi wajah.

Disebutkan, sejumlah ekspresi wajah bisa memicu aksi pada ponsel Android pengguna. Misalnya, pengguna bisa membuka mulut untuk menampilkan panel notifikasi.

Selain itu, pengguna juga bisa mengangkat alis untuk kembali ke Home Screen.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berbagai Ekspresi

Berbagai ekspresi wajah lainnya yang juga bisa diterapkan adalah tersenyum, mata melihat ke arah kiri atau kanan, atau melihat ke arah atas.

Tindakan yang dapat terjadi pada perangkat selain mengakses panel notifikasi adalah menggulir maju atau mundur, sentuh dan tahan, navigasi ke Home Screen, pilih, dan berbagai pilihan lainnya.

Meski fitur kontrol dengan ekspresi wajah tersebut muncul di Android 12, namun sifatnya tidak ekslusif hanya untuk versi OS ini.

3 dari 4 halaman

Bisa Update Android Accessibility Suite

Berdasarkan laporan, XDA Developer dapat memuat memuat APK dari Android Accessibility Suite yang diperbarui pada smartphone yang menjalankan Android 11 guna mengakses kontrol dengan ekspresi wajah ini.

Pengguna Android bisa menunggu kehadiran Android 12 versi stabil atau kalau mau, mereka juga bisa mengunduh Android 12 beta untuk menjajal fitur kontrol dengan ekspresi wajah.

Setelah memasang versi terbaru dari Android Accessibility Suite, pengguna bisa menemukan fitur tersebut di bawah menu tool Switch Access.

(Tin/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Android One: Satu Untuk Semua

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.