Sukses

Review Samsung Galaxy M32: Smartphone Rp 3 Jutaan yang Cocok Buat Nonton Film

Berikut ini ulasan singkat Tekno Liputan6.com untuk smartphone Samsung Galaxy M32

Liputan6.com, Jakarta - Samsung Galaxy M32 menjadi salah satu smartphone baru yang dikeluarkan perusahaan asal Korea Selatan beberapa waktu lalu. Dengan harga Rp 3,2 jutaan, ponsel ini terbilang sudah cukup kaya secara fitur.

Galaxy M32 sendiri dilengkapi dengan Infinity-U Display, Multi Camera System, baterai 5.000 mAh, serta menggunakan One UI versi 3.1 dan Android versi 11.

Ponsel dial SIM ini memiliki RAM hingga 8 GB, ROM 128 GB, dan bisa ditambah dengan memori eksternal MicroSD hingga 1 TB. Sekitar dua pekan terakhir, Tekno Liputan6.com sempat menjajal perangkat terbaru dari Samsung ini. Berikut ulasan singkatnya.

Desain

Untuk ulasan ini, saya menggunakan Samsung Galaxy M32 dengan varian warna putih. Tampilannya lumayan sederhana dengan waterdrop notch.

Bodi ponsel pun nyaman dipegang dengan satu tangan dan tidak terlalu berat. Soal panjang perangkat, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang akan saya bahas selanjutnya.

Untuk headphone jack juga berada di bagian bawah ponsel bersama dengan port USB Type C dan speaker.

Tombol volume dan on/off berada di bagian kanan ponsel jika dilihat dari layar. Tombol power sendiri juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari. Selain itu slot kartu SIM berada di sebelah kiri jika dilihat dari layar.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Performa

Selama dua minggu penggunaan, saya tidak mengalami kesulitan yang berarti dalam menggunakan Galaxy M32. Semua tugas harian seperti menonton video, mendengarkan musik, browsing internet, bisa dijalankan dengan baik.

Desain ponsel lumayan mempengaruhi penggunaan seperti mengetik dengan satu tangan. Mengetik dengan satu tangan memang terasa lebih nyaman karena jarak sisi samping kiri-kanan tidak terlalu jauh.

Namun di beberapa kesempatan, saya agak kesulitan saat menggunakannya dengan satu tangan.

Misalnya saat memakai tangan kiri dan harus menjangkau ikon search Youtube yang berada di bagian kanan atas layar (saat digunakan secara vertikal), yang terlalu jauh dari keyboard virtual.

Atau, saat harus menjangkau kotak search peramban Google Chrome hanya menggunakan satu jempol saja. Hal itu karena desain smartphone yang menurut saya cukup "panjang."

Meski sedikit mengalami kesulitan seperti di atas, layar Super AMOLED yang panjang membuat pengguna akan lebih terpuaskan saat menonton film dengan Full HD.

Tampilan gambar di layar 6,4 inci tampak tetap jernih meski di bawah terik matahari, dan membantu untuk memotret atau sekadar menggunakannya di luar ruangan.

Beberapa aplikasi yang saya pasang dan gunakan, antara lain Youtube, Disney+ Hotstar, serta Vidio untuk menonton Olimpiade Tokyo 2020.

Sayangnya, audio dari perangkat ini masih belum mendukung stereo. Sehingga suara yang keluar dari ponsel masih terdengar sedikit kurang maksimal.

Saat mencoba membuat musik dengan aplikasi Walk Band, suara yang dihasilkan memang kurang nendang jika dibandingkan dengan menggunakan headphone.

Saya juga mencoba memainkan Need for Speed: No Limits dan N.O.V.A. Legacy dengan gawai ini. Keduanya bisa dimainkan tanpa kendala yang berarti.

3 dari 6 halaman

Baterai

Untuk baterai, saya lumayan suka dengan kemampuan Galaxy M32. Dia memiliki ketahanan yang bisa diandalkan dengan baterai 5.000 mAh.

Saat digunakan secara normal, ditambah dengan mematikannya di malam hari saat tidur atau tidak digunakan, ponsel ini bisa bertahan hingga 3 sampai 4 hari tanpa diisi dayanya.

Saya sudah cukup sering menggunakannya untuk bermain Need for Speed: No Limits, mendengarkan lagu, atau sekadar nonton video.

Baterainya yang tahan lama pun mendukung permainan saya yang sempat ketagihan game balap mobil tersebut, meski pada akhirnya saya menyerah untuk bermain karena sudah mencapai level yang cukup sulit.

Pengisian daya dengan super fast charging 25W dari kondisi 15 hingga 18 persen pun membutuhkan waktu sekitar 1 jam 40 menit untuk benar-benar penuh. Adapter untuk perangkat ini sudah tersedia dalam penjualan.

4 dari 6 halaman

Kamera

Samsung Galaxy M32 memiliki empat kamera belakang yang terdiri dari lensa 64 MP+8 MP+2 MP+2 MP. Sementara, kamera depan memiliki resolusi 20 MP.

Beberapa mode kamera di perangkat ini seperti pro, panorama, makanan, malam, makro, gerak lambat, dan hyperlapse. Galaxy M32 juga sudah mendukung augmented reality.

Saya cukup puas dengan hasil pemotretan dengan kamera Galaxy M32 di mana gambar yang dihasilkan terbilang tajam. Berikut ini beberapa hasil jepretan saya dengan ponsel tersebut.

Lensa Makro

Lensa Ultrawide

Lensa 64 MP

Night Mode (Foto atas mode malam nyala, foto bawah mode malam mati)

5 dari 6 halaman

Kesimpulan

Saya cukup puas dengan apa yang ditawarkan Samsung di Galaxy M32. Ponsel ini cukup direkomendasikan bagi mereka yang mencari perangkat dengan harga terjangkau, namun membutuhkan fitur yang beragam dan lumayan.

Baterainya juga cocok bagi pengguna yang memerlukan perangkat yang tahan dipakai berjam-jam. Pengisian dayanya pun terbilang cukup cepat atau jika dapat dikatakan standar untuk ukuran baterai 5.000 mAh.

Bagi mereka yang mencari pengalaman maksimal saat menonton film dengan ukuran layar penuh di ponsel pun akan dipuaskan. Meski begitu, bagi mereka yang mencari audio maksimal, perangkat ini masih kurang mendukung speaker stereo.

Tentu saja, apa yang saya gambarkan di sini adalah pengalaman saya dalam menggunakan Samsung Galaxy M32. Setiap orang tentunya memiliki preferensi dan kebutuhan yang berbeda-beda.

(Gio/Ysl)

6 dari 6 halaman

Infografis Plus Minus Belajar dari Rumah Secara Online

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.