Sukses

Telkomsel Rilis IoT Envion, Solusi untuk Dukung Sistem Manajemen Energi Korporasi

Telkomsel merilis solusi berbasis AI, IoT Envion, yang dapat digunakan untuk membantu manajemen energi bagi korporat. Solusi ini dapat diterapkan di berbagai jenis industri mulai dari perusahaan telekomunikasi, manufaktur, finance, dan lain-lain.

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel meluncurkan solusi layanan digital IoT Envion untuk membantu meningkatkan produktivitas dan efisiensi perusahaan.

Layanan IoT Envion ini merupakan solusi berbasis AI yang mendukung otomatisasi dan optimasi sistem manajemen energi bagi segmen korporasi.

Layanan ini dapat memberikan peringatan dan memiliki fungsi mitigasi, sehingga konsumsi energi bisa dioptimalkan oleh perusahaan jika ada kerusakan pada genset atau cadangan baterai.

Peluncuran Telkomsel IoT Envion ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Telkomsel dengan Telkominfra, yang akan menggunakan solusi Telkomsel IoT Envion untuk kebutuhan dukungan data center perusahaan.

Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam, mengatakan, kehadiran soslusi IoT Envion seiring dengan upaya aktif pemerintah mengakselerasi transformasi menuju Industri 4.0.

"Kami menghadirkan Telkomsel IoT Envion sebagai solusi digital masa depan terbaru bagi perusahaan yang memiliki ketergantungan akan pasokan listrik sebagai sumber energi. Telkomsel IoT Envion dilengkapi dengan fitur unggulan yang secara otomatis dapat memantau konsumsi energi," kata Hendri, Jumat (13/8/2021).

Pada tahap awal, implementasi layanan solusi Telkomsel IoT Envion akan mendukung Telkominfra dalam mengoptimalkan teknologi digital serta akses konektivitas dengan mendorong pemanfaatan energi yang tepat guna.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harga Kompetitif

Direktur Utama Telkominfra, Bastian Sembiring, mengatakan bahwa Telkominfra sebagai perusahaan layanan engineering banyak melayani kebutuhan operasional berbagai operator dengan lokasi site yang tersebar di seluruh Indonesia menyambut baik inovasi bisnis Telkomsel IoT Envion.

"Kolaborasi ini telah membawa manfaat serta keuntungan bagi kami dari segi teknologi dan pemanfaatan energi yang tepat guna. Sejauh ini Telkominfra menggunakan product Telkomsel IoT Envion untuk mendukung operasional project Power Solution dan Infra Network Services dengan hasil yang cukup baik," katanya.

Tidak hanya kualitas, Bastian mengatakan, harga yang ditawarkan untuk menggunakan layanan ini pun dinilai kompetitif.

Dalam pemanfaatan solusi Telkomsel IoT Envion untuk operasional Telkominfra, Telkomsel menghadirkan Battery Monitoring System (BMS) untuk mendukung kebutuhan Data Center Telkominfra yang keberlangsungannya sangat bergantung pada ketersediaan dan stabilitas energi listrik.

BMS merupakan sistem yang dapat memperlihatkan kondisi cadangan baterai Data Center Telkominfra secara realtime hingga memberikan laporan secara aktual berdasarkan analisis data secara akurat.

3 dari 3 halaman

Battery Management System Dapat Dipakai di Berbagai Industri

Kehadiran BMS membuat operasional TelkomInfra tak lagi memiliki tantangan operasional yang berarti, berkat dukungan ragam fitur yang akan selalu memberi peringatan dan mengoptimalkan sistem cadangan baterai apabila terdapat gangguan pada sistem tenaga listrik yang mengancam data center.

Menurut Telkomsel, IoT Envion juga dapat dimanfaatkan di beragam jenis sektor. Misalnya operator telekomunikasi, industrial park, manufacture, tower provider, bank, finance, retail, hingga penyedia data center yang bergantung pada pasokan listrik yang berpotensi rugi jika terjadi masalah pada suplai energi.

Dengan solusi ini, insiden seperti genset tidak berfungsi, potensi pencurian daya, hingga tagihan listrik bengkak bisa dihindari.

Hendri berharap solusi berbasis IoT dan AI bisa membantu membuka peluang lebih luas dalam efisiensi dan efektivitas operasional segmen korporasi dan industri.

Ia berharap, nantinya akan ada lebih banyak perusahaan lain yang berkolaborasi dengan Telkomsel dalam mengadopsi teknologi IoT Envion ini.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini