Sukses

Bill Gates Tergeser dari Posisi Orang Kaya Nomor 4 di Dunia

Posisi Bill Gates tergeser setelah dia membagikan saham miliknya ke mantan istri, Melinda French Gates.

Liputan6.com, Jakarta - Bill Gates dilaporkan telah kehilangan predikat sebagai orang terkaya nomor empat di dunia. Informasi ini diketahui berdasarkan laporan terbaru dari Forbes mengenai daftar miliuner di dunia.

Dikutip dari Forbes, Selasa (10/8/2021), Bill Gates baru saja diketahui membagikan saham miliknya pada mantan istri, Melinda French Gates. Pembagian saham ini ternyata cukup untuk menggeser posisinya dari orang kaya nomor empat di dunia.

Dengan saham yang diterima ini, Melinda pun diperkirakan memiliki kekayaan sekitar USD 5,6 miliar. Adapun posisi Bill Gates di nomor empat orang terkaya di dunia digeser oleh CEO Facebook, Mark Zuckeberg. 

Adapun saham sebesar USD 2,4 juta yang diberikan oleh Bill ini diketahui berasal dari perusahaan investasinya, Cascade Investment LLC. Sebelumnya pada Mei 2021 setelah mengumumkan perceraian, Bill juga mentransfer saham senilai USD 3,2 miliar ke Melinda.

Tidak hanya itu, laporan juga menyebut ada beberapa aset tambahan lain yang diberikan oleh Bill, tapi tidak diungkap. Karenanya, belum dapat dipastikan jumlah keseluruhan aset yang diterima Melinda usai perceraian.

Sebagai informasi, Bill dan Melinda French Gates akhirnya resmi bercerai. Hal itu diketahui dari dokumen pengadilan yang menyebut pasangan miliarder ini telah menyelesaikan perceraian secara hukum.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perceraian Bill Gates dan Melinda French Gates

Mengutip The Guardian, Selasa (3/8/2021), pasangan miliarder ini mengajukan gugatan cerai pada 3 Mei 2021 lalu, setelah 27 tahun menikah.

Meski begitu, Bill Gates dan Melinda French Gates berjanji untuk melanjutkan pekerjaan filantrofi bersama melalui Bill and Melinda Gates Foundation.

Perwakilan Bill Gates dan Melinda French Gates mengatakan, mereka telah mencapai kesepakatan mengenai bagaimana Bill dan Melinda French Gates akan membagi aset perkawinan mereka.

Dalam dokumen perceraian di Pengadilan Tinggi King Country di Seattle, tidak ada rincian mengenai perjanjian pembagian aset perkawinan.

Bill and Melinda Gates Foundation yang berbasis di Seattle menjadi salah satu kekuatan paling kuat dan berpengaruh dalam kesehatan masyarakat global.

Yayasan ini mengeluarkan lebih dari USD 50 miliar selama dua dekade terakhir untuk membawa pendekatan bisnis dalam memerangi kemiskinan dan penyakit.

Yayasan juga mendukung program pemberantasan malaria, polio, meningkatkan nutrisi anak-anak, hingga vaksinasi. Tahun lalu bahkan yayasan Bill dan Melinda Gates berkomitmen mendonasikan USD 1,75 miliar untuk pengentasan Covid-19.

3 dari 3 halaman

Umumkan Perceraian

Sebelumnya pada awal Mei lalu, Bill Gates dan Melinda baru saja mengumumkan mereka berdua akan bercerai setelah 27 tahun menikah. Adapun kabar perceraian Bill Gates dan Melinda ini diumumkan lewat akun Twitter mereka masing-masing.

"Setelah melalui banyak pertimbangan dan berusaha keras mempertahankan hubungan kami, kami memutuskan untuk mengakhiri pernikanan kami," tulis Bill Gates dan Melinda Gates di Twitter, Selasa (4/5/2021).

"Selama 27 tahun, kami telah membesarkan tiga anak yang luar biasa dan membangun yayasan yang bekerja di seluruh dunia untuk memungkinkan semua orang menjalani kehidupan yang sehat dan produktif," tulis mereka.

Bill Gates dan Melinda juga menjelaskan, meski keduanya akan tetap melanjutkan pekerjaan bersama di yayasan yang telah mereka bangun.

"Kami meminta ruang dan privasi untuk keluarga kami saat kami mulai menjalani kehidupan baru ini,” kata Bill Gates dan Melinda.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.