Sukses

Geser Facebook, TikTok Jadi Aplikasi Paling Banyak Diunduh di Dunia

Menurut laporan yang diolah Nikkei Asia, TikTok berhasil menumbangkan dominasi Facebook di daftar aplikasi yang paling banyak diunduh.

Liputan6.com, Jakarta - TikTok kini menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh di dunia. Informasi ini berdasarkan laporan terbaru yang diolah Nikkei Asia. 

Dikutip dari Phone Arena, Senin (9/8/2021), TikTok mengambil predikat sebagai aplikasi paling banyak diunduh dari Facebook yang sebelumnya berada di urutan pertama, melalui aplikasi chatting Messenger.

Seluruh aplikasi milik Facebook masuk dalam daftar lima besar laporan ini. TikTok berada di posisi teratas, di bawahnya ada Facebook, WhatsApp, Instagram, dan Facebook Messenger.

Dalam laporan ini, Nikkei Asia menyebut popularitas TikTok terdongkrak seiring dengan adanya pandemi.

Mengingat ada pembatasan aktivitas di luar, banyak orang menghabiskan waktu di rumah dengan mencari hiburan dan TikTok menjadi salah satu platform tujuan.

Selain itu, TikTok  juga berhasil merebut perhatian para generasi Z. Aplikasi ini dinilai telah menciptakan tren video pendek yang kini populer, bahkan diikuti platform lain, seperti Instagram Reels.

Sebelumnya, TikTok juga mencatat capaian luar biasa di tahun ini, berdasarkan laporan Sensor Tower. 

TikTok menjadi aplikasi pertama yang bukan milik Facebook mencapai 3 miliar unduhan di seluruh dunia di iOS dan Android.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

TikTok Kantongi 3 Miliar Unduhan Secara Global

Data Sensor Tower Store Intelligence mengungkap, TikTok---Douyin versi iOS Tiongkok--adalah aplikasi non-game yang paling banyak diunduh di dunia.

Aplikasi video pendek ini juga tercatat sebagai aplikasi dengan penghasilan tertinggi secara global pada paruh pertama 2021 dan ada 383 juta pengguna menginstal TikTok untuk pertama kalinya.

Sejak pertama kali dirilis pada 2016, TikTok secara perlahan mulai digandrungi pengguna dan mencapai 2 miliar unduhan global pada Oktober 2020.

Adopsi TikTok pun semakin moncer pada 2021, dengan unduhan pertama kali naik sebesar 2 persen dari kuartal keempat tahun 2020 ke kuartal pertama 2021 dengan angka 177,5 juta unduhan.

Setelah itu, angka unduhan pertama kali TikTok naik sebesar 16 persen dari kuartal pertama 2021 ke kuartal kedua 2021 hingga 205,4 juta kali download.

3 dari 3 halaman

Angka Unduhan Baru TikTok Turun

Akan tetapi, angka unduhan baru TikTok turun sebesar 38 persen dari tahun ke tahun dari hampir 619 juta pada paruh pertama tahun 2020.

Aplikasi ini sekarang telah diinstal lebih dari 3 miliar kali, menjadikannya aplikasi non-game kelima yang melakukannya.

Sebelumnya, empat aplikasi lainnya yang telah mencapai angka serupa dengan TikTok, termasuk WhatsApp, Messenger, Facebook, dan Instagram--semuanya dimiliki oleh Facebook.

(Dam/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.