NASA Buka Lowongan, Setahun Ikut Simulasi Hidup di Planet Mars

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 09 Agu 2021, 14:15 WIB
Diperbarui 09 Agu 2021, 14:15 WIB
Ilustrasi Planet Mars
Perbesar
Ilustrasi Planet Mars (Aynur Zakirov/Pixabay).

Liputan6.com, Jakarta - Badan Antariksa Amerika Serikat atau National Aeronautics and Space Administration (NASA) membuka lowongan bagi mereka yang ingin bergabung dan menjalani misi simulasi hidup di Mars.

Dikutip dari New York Post, Senin (9/8/2021), NASA mengatakan, simulasi di permukaan planet Mars itu akan diadakan selama setahun. Dalam laman resminya, mereka mengatakan program itu akan dimulai pada Musim Gugur tahun 2022.

Dalam pengumumannya, misi tersebut akan memasukkan empat orang awak yang tinggal di dalam modul "Mars Dune Alpha" seluas 1.700 kaki persegi, dan dicetak 3D dari Johnson Space Center NASA di Houston.

NASA mengatakan, mereka rencananya akan melakukan simulasi untuk tantangan yang mungkin dihadapi astronaut di Mars seperti kegagalan peralatan, keterlambatan komunikasi, hingga "tekanan lingkungan lain."

Nantinya, tugas para kru mencakup simulasi perjalanan luar angkasa, penelitian ilmiah, penggunaan realitas virtual dan kontrol robot, serta pertukaran komunikasi.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Misi yang Harus Dilakukan

Astronot Israel Akhiri Simulasi Hidup di Mars
Perbesar
Aktivitas astronot analog Israel saat melakukan simulasi kehidupan di Planet Mars di Gurun Negev, Minggu (18/2). Proyek D-MARS merupakan hasil kerja sama Kementerian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Israel dengan Badan Antariksa Israel. (MENAHEM KAHANA/AFP)

Serangkaian misi tersebut akan dinamakan Crew Health and Performance Exploration Analog, dan mencakup tiga simulasi permukaan Mars selama satu tahun di Johnson Space Center NASA.

Grace Douglas, ilmuwan utama Advanced Food Technology Research Effort, Johnson Space Center NASA mengatakan, ini sangat penting untuk menguji solusi demi memenuhi kebutuhan kompleksi kehidupan di permukaan Mars.

"Simulasi di Bumi akan membantu kita memahami dan melawan tantangan fisik dan mental yang akan dihadapi astronot sebelum mereka pergi," ujarnya.

Untuk program ini, NASA mencari warga Amerika Serikat yang sehat dan termotivasi, atau penduduk tetap yang bukan perokok.

Mereka harus berusia 30 hingga 50 tahun, serta mahir berbahasa Inggris agar komunikasi antara kru dan kontrol misi tetap efektif. Seleksi kru akan mengikuti kriteria standar NASA untuk pelamar calon astronot.


Persyaratan yang Harus Dipenuhi

Planet Mars
Perbesar
Planet Mars (Alex Antropov/Pixabay).

Pelamar juga harus memiliki gelar master di bidang STEM (science, technology, engineering, dan mathematics) seperti teknik, matematika, atau biologi, fisika atau ilmu komputer dari lembaga terakreditasi.

Mereka juga harus memiliki setidaknya dua tahun pengalaman STEM profesional atau minimal seribu jam mengemudikan pesawat.

Kandidat yang telah menyelesaikan dua tahun bekerja menuju program doktor di STEM, atau menyelesaikan gelar medis, atau program uji coba juga akan dipertimbangkan.

Selain itu, pelamar dengan empat tahun pengalaman profesional, yang telah menyelesaikan pelatihan perwira militer atau Bachelor of Science di bidang STEM dapat dipertimbangkan.

Lowongan itu sendiri akan dibuka hingga 17 September 2021.

(Gio/Ysl)


Infografis Film Bertema Masa Depan Bumi

Infografis Film Bertema Masa Depan Bumi
Perbesar
Infografis film dengan tema kehancuran bumi di masa depan (Triyasni/Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya