Hari Keantariksaan Nasional, Lapan Ajak Matikan Lampu 1 Jam untuk Nikmati Malam Langit Gelap

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 06 Agu 2021, 10:53 WIB
Diperbarui 06 Agu 2021, 10:53 WIB
Ilustrasi Bintang
Perbesar
Ilustrasi bintang di langit. (Bola.com/Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka menyambut Hari Keantariksaan pada 6 Agustus 2021, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengajak masyarakat Indonesia untuk mematikan lampu selama satu jam pada Jumat nanti malam.

Kampanye bertajuk #MalamLangitGelap tersebut mengimbau warga untuk mematikan lampu luar selama satu jam dari pukul 20.00 hingga 21.00 waktu setempat, agar keindahan langit malam bisa dinikmati.

Lapan mengatakan bahwa tanggal 6 Agustus dipilih sebagai Hari Keantariksaan Nasional untuk memperingati disahkannya Undang-Undang Nomor 21 tahun 2013 tentang keantariksaan.

Menurut Lapan, UU tersebut menjadi payung hukum bagi segala kegiatan keantariksaan di Indonesia, seperti dikutip dari unggahan di akun Instagram resminya @lapan_ri.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Hari Keantariksaan Nasional

Kepada Antara, Jasyanto, Koordinator Humas Lapan mengatakan bahwa melalui peringatan Hari Keantariksaan Nasional ke-8, masyarakat diharapkan tahu bahwa Indonesia telah memiliki UU Keantariksaan.

Selain itu, kampanye ini juga diharapkan bisa menjadi momentum untuk membangun kesadaran warga akan pentingnya keberadaan malam langit gelap.

Di akun Instagramnya, Lapan mengajak masyarakat untuk melihat langit malam di sekitarnya. "Apakah hampa? Tanpa gemerlap bintang? Jika masih banyak bintang yang bisa kamu lihat, selamat!," kata mereka.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Polusi Cahaya

Rasi Bintang
Perbesar
foto: pixabay

Lapan menjelaskan, jika masih banyak bintang di langit, berarti tempat seseorang berada masih jauh dari gemerlap polusi cahaya.

"Ternyata polusi cahaya bukan hanya mempengaruhi keindahan langit malam yang biasa kamu tatap bersama dengan dia, tetapi juga berdampak bagi kesehatan, lingkungan hidup, bahkan budaya kita lho," kata mereka.

Selain mematikan lampu, Lapan juga memperingati Hari Keantariksaan Nasional dengan seminar daring dan gelar wicara malam langit gelap yang diiringi pengamatan virtual.

(Dio/Isk)

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia
Perbesar
Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya