Sukses

Tembus 79 Juta Pengguna, DANA Pastikan Transaksi Digital #BebasDrama

DANA menempati peringkat pertama untuk kategori aplikasi finansial di Indonesia pada kuartal kedua di tahun 2021, baik melalui perangkat iOS maupun Android.

Liputan6.com, Jakarta DANA, dompet digital Indonesia kembali menorehkan pertumbuhan signifikan dalam berbagai aspek. Mulai dari lonjakan pengguna, unduhan aplikasi, sampai pada persepsi merek. Merujuk pada data pertumbuhan yang DANA miliki, pertumbuhan jumlah pengguna DANA kini menyentuh angka lebih dari 79 juta pengguna pada akhir bulan Juli tahun 2021.

Selain itu, DANA menempati peringkat pertama untuk kategori aplikasi finansial di Indonesia pada kuartal kedua di tahun 2021, baik melalui perangkat iOS maupun Android.

Vince Iswara, CEO dan Co-Founder DANA membenarkan bahwa pertumbuhan ini terjadi seiring dengan semakin matangnya kapabilitas teknologi dan fitur yang dimiliki. Tiga tahun DANA berkiprah sebagai dompet digital Indonesia, mendorong DANA untuk mengembangkan teknologi, inovasi, dan kolaborasi terbaiknya.

“Usia muda memberikan banyak ruang untuk kami bereksplorasi dan berinovasi berdasarkan kebutuhan pengguna. Kami sadar akan kebutuhan masyarakat yang menginginkan transaksi digital #BebasDrama dengan kriteria serba praktis, aman, dan terlindungi. Bergerak dari aspirasi ini, DANA senantiasa melahirkan segudang inisiatif baru yang tepat guna dan menghasilkan peningkatan jumlah pengguna sampai penguatan jumlah unduhan aplikasi DANA yang terekam di iOS dan Android. DANA percaya pencapaian ini tak lain bertujuan untuk mengejar akselerasi adopsi transaksi digital dan teknologi finansial yang inklusif," tutur Vince Iswara.

Pertumbuhan signifikan dirasakan DANA sejak awal kemunculannya di tanah air. Merujuk pada data yang terhimpun dalam App Annie – perusahaan penyedia analisis aplikasi dan data pasar aplikasi – lonjakan tertinggi berlangsung 32 bulan setelah diluncurkannya dompet digital DANA ke publik. Dalam peluncuran perdananya saat itu, jumlah pengguna DANA melesat hingga mencapai 40 juta pengguna. Kemudian pada akhir bulan Juli 2021, jumlah pengguna DANA berhasil menyentuh angka lebih dari 79 juta.

Selaras dengan jumlah penggunanya yang kian menanjak, DANA juga menguatkan peringkatnya sebagai aplikasi finansial di Indonesia dan Asia Tenggara yang paling banyak diunduh pada ponsel pintar berbasis iOS dan Android pada kuartal dua di tahun 2021 berdasarkan App Annie. Peringkat pertama ini umumnya diraih DANA secara berkelanjutan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kampanye Pakai DANA #BebasDrama

Guna menopang tingginya penerimaan masyarakat Indonesia terhadap teknologi finansial digital yang tercermin melalui pertumbuhan DANA, edukasi berkelanjutan pun tetap digencarkan lewat kampanye baru bertajuk ‘Pakai DANA #BebasDrama’ yang telah dikomunikasikan melalui pelbagai kanal yang DANA miliki.

Kampanye ‘Pakai DANA #BebasDrama’ adalah wujud evolusi DANA sebagai dompet digital yang setia memudahkan transaksi digital pengguna. Usai mengajak para pengguna untuk beralih dari dompet konvensional menjadi dompet digital melalui pesan #GantiDompet, kini DANA kian mengukuhkan peran dan posisinya dalam bermacam-macam aktivitas keseharian masyarakat. Bahwa, penggunaan dompet digital DANA mampu membebaskan masyarakat dari sekelumit ketidakpraktisan pembayaran dan pengelolaan uang.

Pada kampanye teranyar ini, DANA menanamkan ulang beragam manfaat dompet digital yang terangkum dalam tiga prinsip utama, yaitu keamanan bertransaksi, solusi keuangan yang terintegrasi, serta teknologi pintar yang memudahkan pengguna dalam bertransaksi. Jaminan keamanan yang diberikan kepada pengguna ini ditopang oleh beragam perlindungan DANA yang berlapis, termasuk salah satunya kebijakan DANA Protection yang memberikan jaminan proteksi 100% (sesuai Syarat dan Ketentuan yang berlaku).

Selanjutnya, DANA tak lupa memastikan kemudahan (seamless) bertransaksi digital pengguna. Kemudahan ini dimaksudkan agar pengguna dapat merasakan langsung kepiawaian DANA menjadi dompet digital dengan solusi keuangan yang terintegrasi. Kesanggupan DANA direfleksikan lewat jenis fiturnya yang beragam serta relevan dengan kehidupan pengguna sehari-hari, mulai dari pengiriman uang, pembayaran tagihan, hingga pembelanjaan daring.

3 dari 4 halaman

Teknologi Baru, DANA VIZ

Guna mendukung keamanan dan kemudahan yang ditawarkan, DANA selalu memperkuat layanannya dengan membenamkan teknologi pintar (smart). Selaku perusahaan teknologi finansial yang mengedepankan teknologi di garda terdepan, pengembangan teknologi-teknologi pintar menjadi sebuah tanggung jawab besar yang diemban DANA.

Oleh karena itu, DANA menyematkan DANA VIZ (Visual Identity AuthoriZation) teknologi baru yang memanfaatkan sistem pengenalan wajah untuk menyelesaikan pembayaran atas sebuah  transaksi, hingga menggunakan risk engine/fraud detection engine berbasis kecerdasan artifisial (Artificial Intelligence/AI) untuk mengantisipasi kejahatan siber.

Ketiga prinsip utama ini diharapkan mampu merepresentasikan manfaat DANA baik secara fungsional maupun emosional. Secara fungsional yakni menjadikan DANA sebagai sebuah solusi terintegrasi yang memudahkan pembayaran dan pengelolaan finansial, sementara secara emosional yaitu menggiring pengguna agar mampu mengandalkan DANA dalam berbagai kebutuhannya.

Dalam kampanye ‘Pakai DANA #BebasDrama’, DANA juga membuka pandangan yang lebih luas akan dompet digital DANA khususnya di kalangan pekerja pemula dari Gen Y dan Z yang membutuhkan solusi praktis untuk mendukung transaksi-transaksinya di tengah produktivitasnya yang padat. Apalagi, aplikasi DANA tercatat menjadi aplikasi finansial utama berdasarkan indeks Generasi Z untuk kategori Average Monthly Active User (MAU) di Indonesia sepanjang kuartal ketiga tahun 2020 (App Annie). 

4 dari 4 halaman

Andalkan Kecerdasan Buatan

Agar pengalaman bertransaksi yang #BebasDrama secara konsisten dapat dihadirkan, Vince menegaskan DANA akan terus mengembangkan kapabilitas dan fitur-fiturnya agar senantiasa friendly, accessible, dan trusted. Selain memperkuat dengan teknologi keamanan yang solid, DANA juga makin mengandalkan teknologi-teknologi pintar seperti kecerdasan artifisial guna lebih memahami ragam kebutuhan setiap penggunanya sehingga mampu menghadirkan solusi yang cerdas.

Dimulai dari pertumbuhan yang cepat dalam aplikasi DANA serta penguatan manfaat transaksi digital #BebasDrama, DANA yakin mampu menunjang digital ekonomi yang semakin inklusif.

Kampanye ‘Pakai DANA #BebasDrama’ telah diluncurkan secara nasional sejak bulan Juni 2021 di seluruh kanal komunikasi resmi yang dimiliki DANA. Gambaran lengkap mengenai solusi yang ditawarkan DANA dalam kampanye ‘Pakai DANA #BebasDrama’ dapat disaksikan langsung melalui saluran resmi YouTube DANA di: bit.ly/DANABEBASDRAMA.    

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini