Pemprov DKI Jakarta Pakai GPS Pantau Mobilitas Bus Sekolah Layani Pasien Covid-19

Oleh Agustinus Mario Damar pada 03 Agu 2021, 19:00 WIB
Diperbarui 03 Agu 2021, 19:00 WIB
Sterilisasi Rutin Bus Sekolah Pengangkut Pasien Covid-19
Perbesar
Petugas Kebersihan Bus (PKB) menyemprotkan disinfektan pada bus sekolah di Pool Unit Pelayanan Angkutan Sekolah (UPAS) DKI Jakarta, Kramat Jati, Selasa (5/1/2021). Sterilisasi bus sekolah rutin dilakukan usai digunakan mengangkut pasien terpapar Covid-19 ke RS rujukan. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta - Peran bus sekolah di lingkungan DKI Jakarta kini semakin vital. Sejak pandemi Covid-19, bus sekolah telah berperan multifungsi, mulai dari antisipasi lonjakan penumpang KRL di sejumlah stasiun, mengevakuasi pasien Covid-19 ke rumah sakit rujukan, hingga moda angkutan tenaga medis.

Dengan beragam fungsi tersebut dan mendukung kelancaran mobiliitas, Pemprov DKI Jakarta pun mengandalkan sistem pelacakan berbasis GPS dari Fox Logger. Menurut Kepala Satuan Sarana dan Prasarana Unit Pengelola Angkutan Sekolah Dishub DKI Jakarta, Siswanto Adi Nugroho, keberadaan GPS Fox Logger menopang operasional bus dalam beberapa hal krusial.

"Selain berfungsi mengontrol penggunaan BBM dan kinerja layanan bus supaya sesuai rute, GPS Fox Logger juga membantu memberikan data jumlah bus yang melayani tenaga medis dan evakuasi pasien Covid-19," tuturnya menjelaskan seperti dalam keterangan resmi yang diterima, Selasa (3/8/2021).

Selain itu, GPS Fox Logger juga membantu memberikan data seputar rute serta daerah mana saja yang terlihat banyak permintaan atau dilayani bus sekolah. Berdasarkan data tersebut, Pemprov DKI Jakarta juga dapat informasi tambahan mengenai daerah dengan angka pasien Covid-19 tinggi.

Lebih lanjut Siswanto mengatakan, Pemprov DKI Jakarta sudah menggandeng GPS Fox Logger sejak 2015. Tidak hanya untuk keperluan bus sekolah, tapi juga Satuan Kerja Perangkat Daerah lain yang membutuhkan GPS, seperti truk sampah dan pemadam kebakaran.

Adapun di bus sekolah, alat ini digunakan untuk mengontrol setiap unit agar mobilitasnya berjalan baik, efisien, efektif, dan produktif. Sebab dengan GPS Fox Logger, Pemprov DKI Jakarta bisa memonitor kesesuaian rute, akuntabilitas kilometer dan penggunaan BBM, termasuk keamanan aset hingga integrasi sistem transportasi modern.

"Selain harganya yang kompetitif, web server yang dimiliki secara independen, berdomisili di Indonesia, fiturnya lengkap, pelayanan mereka juga cepat dalam merespons jika ada keluhan, seperti melakukan perbaikan bila ada kerusakan," tutur Siswanto mengungkap alasan terpilihnya layanan GPS Fox Logger.

Oleh sebab itu, CEO Fox Logger Indonesia, Alamsyah Cheun menuturkan pihaknya akan terus meningkatkan layanan bagi Pemprov DKI Jakarta terutama di masa pandemi saat ini agar bisa membantu penanganan Covid-19 sebaik mungkin.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Fox Logger Gandeng Telkomsel untuk Topang Kinerja GPS Tracker

GPS Tracker Fox Logger
Perbesar
GPS Tracker Fox Logger (Foto: Fox Logger).

Di sisi lain, sebelumnya Fox Logger dengan produk GPS tracker menjalin kemitraan dengan perusahaan telekomunikasi Telkomsel.

Fox Logger menilai keberadaan Telkomsel sangat penting. Pasalnya dengan dukungan jaringan broadband Telkomsel yang luas dan merata di seluruh Indonesia, pengguna Fox Logger bisa mendeteksi dan memantau aktivitas kendaraannya di mana pun.

CEO Fox Logger Alamsyah Cheung mengatakan, pihaknya bersyukur mendapat dukungan Telkomsel.

"Dengan demikian layanan teknologi GPS Fox Logger selalu prima dan menjadi GPS Tracker terbaik di Indonesia," tutur Alamsyah, melalui keterangan yang diterima, Jumat (30/4/2021).

Fox Logger GPS Technology merupakan sistem manajemen transportasi yang memungkinkan pengguna memantau aktivitas kendaraan.

Pemantauan yang dimaksud meliputi jarak tempuh tiap harinya, lokasi parkir, kecepatan, lama kendaraan menyala, pemakaian bahan bakar, hingga keberadaan kendaraan.

Adapun dukungan Telkomsel salah satunya pada keberadaan SIM card yang disematkan di perangkat GPS Tracker Fox Logger.

Dengan jaringan Telkomsel, perusahaan transportasi, leasing, atau logistik bisa memantau keberadaan kendaraannya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Gratis Internet untuk Dukung GPS Tracker

Fox Logger
Perbesar
CEO Fox Logger Alamsyah Cheung (Foto: Fox Logger).

Pengguna GPS Tracker Fox Logger juga mendapatkan paket bebas data internet selama 6 bulan, hasil kerja sama dengan Telkomsel.

Jika paket habis, pengguna bisa menghubungi Fox Logger untuk mendapatkan paket internet baru untuk 6 bulan berikutnya.

"Para pengguna tidak perlu menghabiskan banyak biaya untuk memantau kendaraannya. Berbekal smartphone, tablet, atau komputer, mereka sudah bisa memastikan di mana posisi kendaraan termasuk kecepatannya. Jika ada pencurian, kendaraan bisa dimatikan, selama terhubung dengan jaringan telekomunikasi," kata Alamsyah.

General Manager SME Sales Management West Area Telkomsel Hasan Kurdi mengatakan, Telkomsel antusias dengan kolaborasi dengan Fox Logger, terutama dalam memperkuat layanan bisnis digital di segmen IoT.

"Kami percaya pengembangan ini akan membuka peluang dalam menghadirkan lebih banyak solusi berbasis digital untuk layanan manajemen logistik," ujar Hasan.

(Dam/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya