Halodoc Rilis Layanan Imunisasi Anak di Rumah

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 04 Agu 2021, 11:00 WIB
Diperbarui 04 Agu 2021, 11:00 WIB
7 Cara Akses Layanan Konsultasi dan Obat Gratis Lewat Aplikasi Telemedicine Halodoc
Perbesar
Kemenkes menyediakan layanan konsultasi dan obat gratis lewat 11 platform telemedicine, salah satunya Halodoc. Yuk Simak panduannya. (FOTO: halodoc.co.id).

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 juga berdampak pada menurunnya pelayanan imunisasi anak di fasilitas kesehatan. Baru-baru ini, platform telemedicine Halodoc meluncurkan fitur baru yang bisa menghadirkan layanan tersebut ke rumah.

Dalam siaran persnya, ditulis Rabu (4/8/2021), Halodoc menyatakan mereka melakukan kolaborasi bersama mitra klinik untuk menghadirkan layanan homecare, di mana orangtua tetap bisa memberikan akses imunisasi rutin bagi anak secara lebih aman.

Dokter Irwan Heriyanto, Chief of Medical Halodoc, mengatakan bahwa kadar kekebalan atau antibodi yang terbentuk pada bayi lebih baik daripada anak yang sudah menginjak usia lebih tua.

"Sehingga sebagian besar imunisasi diberikan pada saat bayi berumur 6 bulan, dengan beberapa jenis imunisasi yang perlu dilakukan pemberian ulang setelah anak berumur 1 tahun (booster) untuk mempertahankan kadar antibodi dalam jangka waktu lama," katanya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Lindungi Anak dari Penyakit Infeksi

Imunisasi Anak dengan Protokol Kesehatan
Perbesar
Seorang petugas kesehatan bersiap untuk memberikan vaksin polio kepada balita di sebuah posyandu di Banda Aceh, Aceh, Rabu (4/10/2020). Pemberian vaksin polio dan vaksin campak secara gratis yang berlanjut di tengah pandemi COVID-19 bertujuan memperkuat imunitas anak. (CHAIDEER MAHYUDDIN / AFP)

Menurut Irwan, imunisasi anak yang dilakukan sesuai jadwal diharapkan mampu menjadi langkah preventif yang sangat efektif, untuk melindungi mereka dari setidaknya 26 penyakit infeksi.

"Tentunya kemudahan melakukan imunisasi anak di rumah masing-masing akan sangat membantu anak mendapatkan hak pada akses pelayanan kesehatan selama masa pandemi, khususnya pada PPKM Level 4 ini," kata Irwan.

Halodoc mengungkapkan bahwa untuk sekarang, ada lima jenis imunisasi yang tersedia di platform mereka melalui layanan imunisasi anak ke rumah.

Di antara jenis imunisasi tersebut adalah paket imunisasi DTP (difteri-tetanus-pertusis), polio, influenza, dan hepatitis B yang dapat dipilih sesuai kebutuhan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Hasil Tes Covid-19 Sebagai Syarat Perjalanan

FOTO: Proses Vaksinasi COVID-19 Secara Drive Thru di Kota Bogor
Perbesar
Paramedis menyuntikkan vaksin COVID-19 secara drive thru kepada penumpang mobil di GOR Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (17/3/2021). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Halodoc, Gojek, dan Pemkot Bogor. (merdeka.com/Arie Basuki)

Halodoc juga mengatakan mereka memiliki sejumlah inovasi baru terkait penanganan Covid-19 di Indonesia.

Mereka mengungkapkan, hasil tes Covid-19 dari layanan drive-thru mereka sudah terhubung dengan new all record (NAR) Kementerian Kesehatan, sehingga bisa dijadikan sebagai syarat perjalanan.

Alfonsius Timboel, Chief Product Officer Halodoc mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir dengan keabsahan hasilnya karena sudah langsung terhubung dengan NAR, sehingga akan terbaca di aplikasi PeduliLindungi.

Untuk mendapatkan layanan tersebut, Alfonsius pun meminta agar para pengguna Halodoc untuk memperbarui aplikasi mereka.

Selain itu, Halodoc menyebut bahwa mereka telah membuka Pos Pelayanan Vaksinasi Covid-19 di Sukaharjo, yang menyasar masyarakat umum berusia 18 tahun ke atas, dan menargetkan 20 ribu peserta vaksinasi pada 26 Juli 2021 lalu.

(Dio/Isk)

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis Alur Telemedicine dan Obat Gratis untuk Pasien Isoman Covid-19

Infografis Alur Telemedicine dan Obat Gratis untuk Pasien Isoman Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Alur Telemedicine dan Obat Gratis untuk Pasien Isoman Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya