Sukses

Pengamat: Kolaborasi Grab-Emtek Memperkokoh Sistem Digital Nasional

Kolaborasi Grab-Emtek dinilai sangat penting dan punya dimensi luas karena akan menggabungkan kekuatan dari dua ekosistem digital.

Liputan6.com, Jakarta - Grab dan Emtek (Elang Mahkota Teknologi) baru saja mengumumkan kolaborasi strategis. Lewat kolaborasi ini, kedua perusahaan berencana menjajaki kolaborasi dengan memanfaatkan kekuatan unik dari masing-masing ekosistem.

Kolaborasi strategis ini dinilai sangat penting dan punya dimensi luas karena akan menggabungkan kekuatan dari dua ekosistem digital. Kekuatan super aplikasi Grab akan bersinergi dengan portofolio bisnis Emtek di bidang media, all-commerce, dan produksi konten.

Terlebih, kedua perusahaan berkomitmen akan mempercepat transformasi digital usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang difokuskan pada kota-kota tier 2 dan 3 yang selama ini seolah luput dari hingar-bingar perkembangan bisnis digital.

Selain itu, kolaborasi ini akan menyediakan layanan digital yang lebih terjangkau bagi masyarakat, bahkan di daerah yang tingkat digitalisasinya masih rendah.

Pengamat ekonomi dari Indonesia Strategic and Economic Action Institution, Ronny P. Sasmita, menilai kolaborasi strategis Grab dan Emtek akan memberi landasan kokoh dan fungsional bagi perkembangan sistem digital nasional ke depan, karena membuka peluang yang sama dan sebesar-besarnya bagi semua pelaku usaha di Indonesia.

"Kolaborasi Grab-Emtek tidak saja termotivasi untuk mengembangkan usaha korporasi kedua belah pihak, tapi juga secara serius ingin mengajak semua pelaku UMKM untuk ikut maju bersama, terutama di kota-kota tier 2 dan 3 yang belum menjadi fokus selama ini," ujar Ronny, mengutip siaran pers yang Tekno Liputan6.com terima, Selasa (3/8/2021).

Kolaborasi ini ditandai pula dengan investasi yang telah dilakukan Emtek sebesar USD 375 juta atau sekitar Rp 5,4 triliun ke Grab Indonesia. Di sisi lain, Grab juga telah merampungkan investasinya ke EMTEK Group.

Emtek dan Grab pun akan menjajaki peluang kolaborasi terutama di sektor logistik dan e-commerce, termasuk layanan keuangan, telemedicine, periklanan dan media digital, ditambah produk digital untuk kios atau warung tradisional.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perluas Digitalisasi hingga ke Tingkat Kabupaten

Prioritas utama kolaborasi Grab dan Emtek Group adalah memperluas digitalisasi hingga ke tingkat kabupaten. Ini adalah langkah fundamental yang penting karena meskipun 99 persen dari bisnis di Tanah Air adalah UMKM, namun baru sekitar 21 persen yang memiliki akses digital.

Prioritas itu tercermin dalam inisiatif pertama yang akan digulirkan, yakni program akselerator yang bersifat menyeluruh untuk UMKM, dengan menawarkan solusi teknologi yang didukung Bukalapak dan Grab.

"Visi di balik kolaborasi strategis Emtek dan Grab ini layak dijadikan benchmark bagi kolaborasi-kolaborasi strategis perusahaan teknologi Indonesia ke depannya, karena mengusung spirit yang sangat inklusif-produktif dalam mengakomodasi pelaku-pelaku ekonomi lainnya, terutama UMKM," ucap Ronny menambahkan.

Ketika masuk ke ekosistem digital Grab-Emtek, UMKM Indonesia akan dilayani oleh solusi digital hasil sinergi antara Bukalapak, GrabFood, GrabKios, dan GrabMart. Belum lagi jika nanti portofolio Emtek di bidang media, baik TV free to air, platform over the top (OTT), dan media daring, diikutkan dalam kolaborasi ini.

Di sisi lain, Grab selama ini telah terbukti menjadi pintu bagi UMKM untuk meraih peluang yang lebih luas. Mulai dari yang paling sederhana, yaitu pertama kali membuka rekening bank, hingga akses informasi dan permodalan yang selama ini tampak tidak terjangkau. Selama tiga tahun terakhir, mitra pengemudi, mitra merchants, dan mitra agen Grab secara kolektif telah menerima pendapatan lebih dari Rp 92 triliun (USD 6,5 miliar) melalui platform Grab.

 

3 dari 4 halaman

Dorong UMKM Lebih Kreatif

Ronny meyakini ke depannya ekosistem digital besutan Emtek dan Grab bisa menjadi wadah UMKM menjadi lebih produktif dan agresif di satu sisi, tapi juga bisa lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan produk-produk baru berdaya saing tinggi.

Yang tak kalah penting, UMKM juga harus kreatif dan inovatif dalam menghadirkan produk-produk besutannya di tengah perkembangan ekosistem digital nasional.

"Kehadiran ekosistem digital yang pro-UMKM ini pada gilirannya akan memperkokoh status dominan UMKM di dalam sistem perekonomian nasional, untuk kemudian bersaing di pentas ekosistem ekonomi digital berskala global," Ronny memungkaskan.

4 dari 4 halaman

Kerjasama Strategis Grab dan Emtek

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.