Sukses

Pengguna Apple Music di Android Kini Bisa Pakai Fitur Lossless dan Spatial Audio

Apple akhirnya menggulirkan kemampuan lossless audio dan spatial audio untuk pelanggan yang memakai perangkat Android.

Liputan6.com, Jakarta - Pelangggan Apple Music di Android akhirnya bisa merasakan dua fitur baru aplikasi streaming tersebut, yakni spatial audio dan lossless audio. Sebelumnya, fitur ini hanya dapat dinikmati pelanggan yang memakai perangkat Apple, seperti iPhone, iPad, maupun Mac.

Dikutip dari The Verge, Jumat (30/7/2021) kedua fitur baru untuk pelanggan Apple Music di Android ini tidak akan berbeda dari yang diterima pengguna perangkat Apple. Sebagai contoh, fitur lossless audio dapat dinikmati seluruh perangkat Android.

Namun Apple mengingatkan, fitur ini akan mengonsumsi data lebih besar dibandingkan kualitas audio yang ada di bawahnya. Selain itu, untuk mengoptimalkan pengalaman pengguna, Apple menyarankan memakai perangkat eksternal, seperti DAC.

Sementara untuk Spatial Audio, fitur ini memang tidak mendukung seluruh perangkat Android. Sebab, Apple mengatakan fitur ini membutuhkan kemampuan Dolby Atmos untuk dapat aktif.

Oleh sebab itu, pengguna perangkat Android yang sudah memiliki kemampuan Dolby Atmos dipastikan dapat langsung menikmati fitur ini. Perlu diingat, kedua fitur anyar ini hadir tanpa biaya tambahan, sehingga pengguna tidak perlu merogoh kocek lebih dalam.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apple Music Tawarkan Fitur Lossless Audio dan Spatial Audio Tanpa Biaya Tambahan

Sebagai informasi, Apple akhirnya mengumumkan kehadiran fitur baru untuk layanan Apple Music. Seperti diprediksi sebelumnya, fitur baru tersebut adalah dukungan lossless audio dan Dolby Atmos.

Dikutip dari GSM Arena, kedua fitur ini akan tersedia untuk seluruh pelanggan Apple Music mulai Juni 2021 dan tidak ada biaya tambahan yang dibebankan.

Adapun codec yang digunakan dalam fitur ini adalah APAC (Apple Losslees Audio Codec). Apple memastikan layanan ini akan tersedia untuk seluruh trek yang ada di Apple Music dan dapat dimainkan di perangkat Apple maupun perangkat lain.

Menurut Apple, lossless audio yang dihadirkan di layanan Apple Music akan dimulai dengan 16-bit 44,1kHz hingga 24-bit 48kHz, tergantung dengan trek yang dimainkan.

3 dari 3 halaman

Spatial Audio

Sementara untuk format audio Dolby Atmos yang dikenal dengan nama Spatial Audio, Apple mengatakan fitur ini belum mendukung seluruh trek di Apple Music. Namun sudah ada sekitar ribuan trek yang mendukung fitur ini dan akan ditambahkan secara berkala.

Nantinya, trek yang mendukung Dolby Atmos akan secara otomatis diputar dengan mode Spatial Mode pada AirPods dan headphone Beats dengan chip H1 atau W1. Trek ini juga mendukung built-in speaker di iPhone, iPad, dan Mac model terbaru.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.