Sukses

Review Samsung Galaxy M62, Tawarkan Daya Tahan Baterai Impresif

Berikut ini adalah ulasan singkat dari Tekno Liputan6.com mengenai Samsung Galaxy M62.

Liputan6.com, Jakarta - Galaxy M62 menjadi salah satu perangkat baru yang diperkenalkan Samsung di Indonesia. Sama seperti produk lain di lini Galaxy M, Samsung membekali smartphone ini dengan baterai berkapasitas besar.

Tidak tanggung-tanggung, ada baterai 7.000mAh yang dibenamkan di Samsung Galaxy M62. Selain baterai besar, smartphone ini turut dibekali chipset Exynos 9825 yang ada di Galaxy Note 10, layar 6,7 inci, dan RAM 8GB.

Untuk di Indonesia, Galaxy M62 dibanderol dengan harga Rp 5 jutaan. Smartphone ini hanya tersedia dalam satu pilihan memor internal saja, yakni 256GB.

Dalam beberapa minggu terakhir, Tekno Liputan6.com sempat menggunakan perangkat ini untuk pemakaian sehari-hari. Nah untuk mengetahui seperti apa pengalaman kami memakai perangkat ini, berikut ada ulasan singkatnya.

Desain

Secara keseluruhan desain Galaxy M62 tampil lebih kekinian dibandingkan lini Galaxy M lain. Sebab, smartphone ini hadir dengan desain layar punch-hole, berbeda dari kebanyakan lini Galaxy M yang masih bergaya waterdrop notch.

Selain Galaxy M62, desain serupa sebenarnya juga ada di Galaxy M51. Sementara untuk desain bodi, kami merasa smartphone ini juga berhasil tampil apik, meski sederhana.Penampakan Samsung Galaxy M62. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Hal itu ditambah dengan varian warna hitam yang menguatkan kesan elegan smartphone ini. Hanya yang menjadi perhatian adalah bekas sidik jari cukup mudah menempel di bodi bagian belakang.

Galaxy M62 menggunakan layar Super AMOLED beresolusi Full HD Plus. Kendati demikian, Samsung masih menggunakan tombol fisik yang sekaligus berfungsi sebagai tombol power untuk memindai sidik jari.

Headphone jack masih tersedia di smartphone ini, dan diletakkan di bagian bawah bersama port USB Type-C serta speaker. Tombol power dan volume ada sisi kanan bodi, sedangkan slot kartu SIM ada di kiri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Performa

Selama penggunaan, kami merasa tidak ada kendala sama sekali dari Galaxy M62. Kami menggunakannya untuk menonton video, chatting, mendengarkan musik, hingga menjelajah internet, dan seluruh tugas tersebut dapat dijalankan dengan lancar.

Mungkin yang akan sedikit butuh penyesuaian adalah bobot smartphone yang terbilang di atas kebanyakan perangkat lain, mengingat memang baterai yang dibenamkan sangat besar. Namun jika sudah terbiasa, hal itu tidak jadi masalah.

Galaxy M62 menjalankan One UI 3.1 berbasis Android 11. Untuk urusan software, One UI tidak perlu disangsikan, karena kemudahan yang ditawarkan, baik dari sisi penggunaan maupun adaptasi ini.

Berbekal layar Super AMOLED berukuran 6,7 inci, kebutuhan multimedia pun dapat terpenuhi dengan sangat baik. Hanya yang sedikit terasa kurang adalah absennya opsi refresh rate tinggi dan dukungan dual speaker.

Kami pun sempat mencoba smartphone ini untuk memainkan game Call of Duty: Mobile dan League of Legends: Wild Rift. Hasilnya, kedua game tersebut dapat dimainkan dengan mulus, tanpa kendala berarti.

Penampakan Samsung Galaxy M62. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Untuk urusan baterai, dengan kapasitas yang dimilikinya, Galaxy M62 sangat bisa diandalkan untuk kebutuhan sehari-hari. Saat digunakan dalam pemakaian normal, seperti yang disebutkan di atas, smartphone mampu bertahan hingga hampir dua hari.

Baterai besar itu ditunjang dengan kemampuan fast charging 25W yang adapternya sudah disertakan dalam paket penjualan. Saat melakukan pengisian, waktu yang dibutuhkan dari kondisi baterai 18 persen hingga 95 persen kira-kira 1 jam 45 menit.

Durasi pengisian tersebut memang terbilang cukup panjang, tapi dengan kapasitas baterai yang besar dan daya tahan yang diberikan, waktu pengisian tersebut sebenarnya dapat dimaklumi.

3 dari 4 halaman

Kamera

Galaxy M62 memiliki empat kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 64MP, lensa ultra wide 12MP, depth sensor 5MP, dan kamera makro 5MP. Sementara kamera depannya beresolusi 32MP.

Mengenai hasil bidikan kameranya, kami merasa puas dengan kemampuan yang dimiliki smartphone ini. Hasilnya terbilang detail dan tajam, sehingga dapat diandalkan untuk berbagai kebutuhan.

Kemampuan kamera ini juga ditunjang dengan Night Mode untuk mengambil foto dalam kondisi malam. Untuk mengetahui hasilnya, berikut ini hasil tangkapan kamera Galaxy M62.

Lensa Utama 64MP

Hasil foto kamera belakang Galaxy M62. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Lensa Utama dan Ultrawide

Hasil foto kamera belakang Galaxy M62. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Hasil foto dari Samsung Galaxy M62. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Lensa Makro

Hasil foto kamera belakang Galaxy M62. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Foto Malam Hari (Atas: Night Mode Mati, Bawah: Night Mode)

Hasil foto kamera belakang Galaxy M62. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)Hasil foto kamera belakang Galaxy M62. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)Hasil foto kamera belakang Galaxy M62. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

4 dari 4 halaman

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Galaxy M62 menawarkan fitur dan kinerja yang memuaskan. Kami puas dengan kualitas layar, performa yang diberikan, terutama masa pakai baterai yang terbilang impresif.

Kamera yang tersedia juga memiliki kemampuan apik, dengan hasil foto yang dapat dapat diandalkan. Desain Galaxy M62 pun terbilang apik dan lebih kekinian, khas perangkat kelas menengah Samsung.

Untuk itu, kami merasa Galaxy M62 ini dapat menjadi pilihan bagi kamu yang membutuhkan smartphone yang tidak perlu terlalu sering dicharge, tapi tetap dapat dipakai menunjang aktivitas sehari-hari, baik dari performa maupun kenyamanan pemakaian.

Salah satu pertimbangan mungkin absennya dual speaker dan refresh rate yang masih rendah. Namun jika kedua hal itu menjadi masalah, Galaxy M62 masih layak menjadi pilihan.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.