Sukses

Bantu Penanganan Covid-19 di RI, Google.org Sumbang Rp 14,5 Miliar

Google.org akan menyumbangkan Rp 14,5 miliar untuk memenuhi kebutuhan pasokan oksigen, medis, dan mendukung upaya penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Lengan filantropi Google, Google.org menyatakan komitmen dukungan senilai US$ 1 juta atau sekitar Rp 14,5 miliar, untuk membantu memenuhi pasokan oksigen dan medis serta upaya penanganan Covid-19 di Indonesia.

Dalam siaran pers yang diterima Tekno Liputan6.com, Kamis (29/7/2021), hibah Google.org itu akan diserahkan ke International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies (IFRC) untuk mendukung Palang Merah Indonesia (PMI).

Kedua organisasi mengadakan dan memasok peralatan medis penyelamat jiwa seperti tabung oksigen, konsentrator oksigen, ventilator, serta peralatan diagnostik untuk menggenjot pengujian di Indonesia.

PMI juga menyatakan akan mendukung pemerintah untuk mengatasi dampak sekunder pandemi, khususnya di aspek kesehatan dan malnutrisi yang vital dari respons Covid-19 mereka.

Randy Jusuf, Managing Director Google Indonesia, mengatakan mereka memfokuskan upaya untuk memastikan orang memiliki akses cepat ke informasi dan alat-alat untuk mendapatkan informasi, serta terus terhubung dan tetap aman selama krisis pandemi Covid-19.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peningkatan Kasus Sebabkan Tekanan di Layanan Kesehatan

Randy mengatakan bahwa mereka masih melihat negara berjuang melawan peningkatan kasus Covid-19 yang menyebabkan tekanan luar biasa berat di sistem layanan kesehatan.

"Kami percaya bahwa kami di Google harus berusaha semaksimal mungkin untuk membantu masyarakat dengan mengembangkan dukungan COVID-19 kami," ujarnya.

Sementara itu, tim PMI juga telah menambah upaya mereka untuk menjadi jauh lebih besar, seiring dengan peningkatan kasus infeksi virus corona.

Mereka menyatakan telah bekerja untuk menjaga keselamatan masyarakat sejak awal pandemi, dengan jaringan klinik, ambulans, serta sukarelawan warga yang dimiliki.

3 dari 4 halaman

Orang yang Butuh Bantuan Masih Tinggi

"Hampir 7 ribu personel Palang Merah Indonesia bekerja tak kenal lelah untuk menyelamatkan nyawa, tetapi jumlah orang yang membutuhkan bantuan masih sangat tinggi," kata Jan Gelfand, Kepala Delegasi IFRC di Jakarta.

Gelfand pun mengatakan bahwa pendanaan dari Google.org ini sangat penting untuk memastikan ada lebih banyak orang yang paling terancam risiko Covid-19, memiliki akses ke perawatan dan dukungan yang dibutuhkan.

Google mengatakan bahwa inisiatif tersebut melanjutkan dukungan berkelanjutan mereka dalam menghadapi pandemi di Indonesia dan kawasan sekitarnya.

Google.org sebelumnya juga telah memberikan Ad Grants pada dinas pemerintah lokal dan berbagai organisasi untuk menayangkan kampanye informasi kesehatan publik secara gratis.

Sejak awal pandemi, Google.org juga mengatakan telah mendanai distribusi vaksin di Asia dan seluruh dunia melalui Gavi.

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.