Sukses

Bikin Deepfake Luke Skywalker Muda di The Mandalorian, YouTuber Ini Digaet PH Star Wars

Seorang Youtuber dipekerjakan oleh Lucasfilm, rumah produksi Star Wars, usai membuat deepfake Luke Skywalker muda dari serial The Mandalorian

Liputan6.com, Jakarta - Seorang Youtuber digaet oleh Lucasfilm, rumah produksi (production house/PH) Star Wars, usai membuat video deepfake dari Luke Skywalker muda yang tampil di serial The Mandalorian.

Youtuber yang dikenal sebagai Shamook itu mempublikasi hasil deepfake-nya pada Desember lalu. Sejak saat itu, video bagaimana dirinya memperhalus wajah Mark Hamill muda sudah ditonton sekitar 2 juta orang.

Episode terakhir dari The Mandalorian musim kedua memang menampilkan tokoh Luke Skywalker, yang diperankan langsung oleh Mark Hamill, menyelamatkan Din Djarin dan teman-temannya demi membawa Grogu.

Mengingat latar waktunya yang tidak lama setelah Star Wars Episode VI: Return of the Jedi, tentu saja tokoh Luke Skywalker diperlihatkan dalam tampilan mudanya meski Hamill saat ini sudah berusia 69 tahun.

Namun, dikutip dari CNET, Rabu (28/7/2021), beberapa penonton The Mandalorian merasa bahwa wajah Mark Hamill alias Luke Skywalker muda masih terlihat palsu. Inilah yang membuat Shamook akhirnya membuat video tersebut.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Digaet Lucasfilm

Dalam sebuah video terbarunya, Shamook mengungkapkan bahwa dirinya telah digaet oleh Lucasfilm dan divisi efek visual Industrial Light and Magic (ILM), untuk bekerja bersama perusahan di bawah Disney itu.

"Seperti yang beberapa kalian tahu, saya bergabung dengan ILM/Lucasfilms beberapa bulan lalu dan tidak punya waktu untuk mengerjakan konten Youtube baru," tulisnya.

"Sekarang saya sudah menetap di pekerjaan, unggahan akan mulai bertambah lagi. Masih akan lama, tetapi mudah-mudahan tidak berpisah berbulan-bulan," ujarnya.

Shamook juga membalas salah satu komentar yang menanyakan jabatannya. Ia menjawab dirinya adalah Senior Facial Capture Artist.

3 dari 4 halaman

Dikonfirmasi Pihak Studio

Dikutip dari Indiewire, perwakilan Lucasfilm mengatakan bahwa mereka dan ILM selalu mencari talenta yang berbakat. Mereka juga mengonfirmasi telah mempekerjakan Youtuber Shamook.

"Selama beberapa tahun terakhir, ILM telah berinvestasi dalam pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan sebagai sarana untuk menghasilkan karya efek visual yang menarik," kata mereka.

"Dan sungguh luar biasa melihat momentum membangun di ruang ini seiring kemajuan teknologi," imbuhnya.

Di akun Youtube-nya, Shamook memang kerap membuat deepfake untuk beberapa tokoh di potongan film-film terkenal.

Misalnya Tobey Maguire untuk film The Amazing Spider-Man yang harusnya dimainkan Andrew Garfield, hingga Sebastian Stan sebagai Luke Skywalker muda dimana tokoh itu harusnya diperankan Hamill.

Ia juga sempat mengganti wajah tokoh Tony Stark alias Iron Man, yang aslinya diperankan Robert Downey Jr., dengan wajah Tom Cruise, dan membuat Robert Deniro menjadi lebih muda di potongan film The Irishman.

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Film Bertema Masa Depan Bumi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.