Sukses

Zyrex Siap Pasok 1,3 Juta Laptop Merah Putih Senilai Rp 17 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - Vendor teknologi dalam negeri PT Zyrexindo Mandiri Buana (Zyrex) menyebut pihaknya siap memenuhi pengadaan 1,3 juta unit laptop dengan nilai Rp 17 triliun untuk pendidikan hingga 2024. 

Sekadar informasi, Zyrex mempersiapkan produksi laptop dalam negeri (laptop merah putih) untuk memenuhi kebutuhan Digitalisasi Pendidikan yang diluncurkan Kemdikbud-ristek. Selain itu perusahaan juga mencoba memenuhi kebutuhan program #SiswaTOP, yakni program Satu Siswa Satu Laptop yang diluncurkan Zyrex pada 2021.

Dalam keterangannya, Zyrex menyebut, untuk memenuhi produksi pengadaan laptop, perusahaan menambah 4 lini produksi perakitan.

"Hingga kini berjumlah 8 lini produksi, sehingga memiliki kapasitas produksi melebihi 430.000 laptop atas kebutuhan peralatan TIK 2021 di Kemdikbud-ristek pusat dan yang melalui Dana Alokasi Khusus/ DAK pendidikan," kata Zyrex dalam keterangan yang diterima Tekno Liputan6.com, Senin (26/7/2021).

Corporate Secretary Zyrex, Evan Jordan, mengatakan pihaknya menerima pesanan sebanyak 165.000 unit laptop dari distributor, berkaitan dengan kebutuhan pengadaan di Kemdikbud-ristek dalam program digitalisasi pendidikan.

"Laptop tersebut akan dikirim ke sekitar 8.000 sekolah sebelum Desember 2021. Kami sanggup memproduksi total 317.000 laptop, sehingga masih bisa menyuplai kebutuhan di DAK di tingkat provinsi, kabupaten, dan kota," kata Evan dikutip dari keterangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mendikbud Nadiem Anggarkan Rp 1,3 Triliun untuk Laptop

Sebelumnya, Mendikbud-ristek Nadiem Makarim, menyebut, pemerintah menganggarkan Rp 1,3 triliun untuk pengadaan awal yakni sebanyak 190 ribu laptop untuk dikirim ke seluruh Indonesia.

"Melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan tingkat provinsi, kabupaten, dan kota akan ada pengadaan 240 ribu laptop," kata Nadiem.

Tidak hanya bergerak di bidang digitalisasi pendidikan, Zyrex juga bergerak di bidang digitalisasi perkantoran, rumah, dan industri dengan produk komputer, laptop, tablet, server, smart whiteboard and interactive kios, internet of things, smartphone, dan smart office.

Zyrex yang telah berdiri selama 25 tahun dalam industri teknologi dalam negeri mengklaim menjadi pelopor dalam mempersempt kesenjangan digital yang terjadi di Indonesia. Perusahaan berharap dapat mempersiapkan Indonesia menghadapi Revolusi Industri 4.0.

3 dari 3 halaman

Baru IPO

Zyrex juga berharap, adanya program Digitalisasi Pendidikan dapat meningkatkan minat belanja terhadap Produk Dalam Negeri, khususnya dalam bidang pendidikan dan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang dinilai masih rendah dibanding produk impor.

Zyrex sendiri merupakan pioneer perusahaan teknologi Indonesia. Sejak berdiri, Zyrex didukung vendor kelas dunia seperti Intel dan Microsoft sehingga produknya tidak kalah dari produk luar negeri.

Zyrex pada 30 Maret 2021 lalu menjadi perusahaan terbuka dengan mencatatkan saham perdana di Bursa Efek Indonesia (BEI). Zyrex menggunakan kode saham "ZYRX".

Kini, perusahaan berkomitmen menyambut permintaan pasar yang tinggi dengan nemambah kapasitas produksi dan merespon perkembangan pasar melalui produk-produk IoT.

(Tin/Isk)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.