Sukses

Tips Google Play: Melaporkan Tagihan Aplikasi Tak Dikenal

Kalau kamu mendapati tagihan tak dikenal Google Play, sebelum menyampaikan komplain, kamu bisa mencoba langkah-langkah berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Sumber pemasukan para pengembang di Google Play dapat berasal dari penjualan aplikasi (biasanya aplikasi versi premium, pro dan sebagainya) serta dari transaksi pembelian oleh pengguna di dalam aplikasinya (in-app purchase).

Hal kedua, dapat ditemukan tak hanya di aplikasi berbayar, tetapi juga di aplikasi gratisan, termasuk mobile game.

Biasanya in-app purchase ini memungkinkan pengguna untuk membeli items tertentu yang mungkin akan dapat membantu pengguna menyelesaikan permainan lebih cepat, membuat karakternya lebih kuat, dan lainnya.

Ketika menyelesaikan transaksi semacam itu, biasanya pengguna akan mendapatkan pemberitahuan lewat email, yang berisi nama pengembang aplikasi, nama aplikasi, atau jenis kontennya.

Nah, pemberitahuan itu dapat menjadi bukti apakah kamu betul-betul melakukan transaksi itu atau justru ada tagihan tak dikenal yang nyasar ke kamu.

Kalau kamu mendapati tagihan aplikasi tak dikenal, sebelum menghubungi Google untuk menyampaikan komplain, kamu bisa mencoba langkah-langkah berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Periksa apakah tagihan betul-betul berasal dari Google Play

Di laporan tagihan, periksa nama tagihan yang muncul. Semua pembelian yang berlangsung di Google Play akan muncul di laporan tagihan dengan nama berikut:

"GOOGLE*Nama developer aplikasi" (untuk aplikasi Android)"GOOGLE*Nama aplikasi" (untuk aplikasi Android)"GOOGLE*Jenis konten" (yaitu "GOOGLE*Buku")

Jika tagihan yang hendak dikomplain tidak dalam salah satu format di atas, maka tagihan itu bukan berasal dari Google Play.

Untuk informasi selengkapnya, kamu dapat menghubungi penyedia jasa pembayaran (bank, penerbit kartu, atau layanan pembayaran lainnya).

 

3 dari 4 halaman

2. Periksa dari mana tagihan berasal

Kalau kamu menerima laporan tagihan atas transaksi di Google Play yang tidak kamu lakukan, kamu dapat:

- Memeriksa apakah lingkaran terdekat kamu (keluarga, teman-teman) menggunakan metode pembayaran di akun Anda untuk melakukan pembelian, atau

- Anak-anak boleh jadi telah memainkan game dan melakukan in-app purchase yang menyebabkan tagihan tidak disengaja.

4 dari 4 halaman

3. Laporkan tagihan

Setelah melakukan langkah-langkah di atas dan yakin ada kekeliruan, kamu dapat mengajukan komplain.

Tak rumit, bukan? Selamat mencoba dan semoga berhasil. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.