Sukses

Review Realme C25s, Smartphone Terjangkau dengan Baterai 6.000mAh Cocok untuk Belajar Online

Realme C25s dibelaki chipset MediaTek Helio G85 yang dipadukan RAM 4GB/ROM 128GB.

Liputan6.com, Jakarta - Realme baru saja memperkenalkan smartphone terbarunya untuk pasar Indonesia, yakni Realme C25s. Sesuai namanya, smartphone ini merupakan penerus Realme C25 yang diperkenalkan beberapa bulan lalu.

Hadir sebagai perangkat entry level, Realme membekali smartphone ini dengan chipset MediaTek Helio G85 yang dipadukan RAM 4GB/ROM 128GB. Selain itu, smartphone ini juga didukung baterai berkapasitas 6.000mAh.

Berbekal spesifikasi tersebut, Marketing Director Realme Indonesia, Palson Yi pun mengatakan Realme C25s dapat menjadi support system sekaligus teman bagi siswa memasuki tahun ajaran baru.

Untuk mengetahui klaim tersebut, Tekno Liputan6.com pun berkesempatan menjajal smartphone ini. Nah, seperti apa pengalamannya? Simak ulasan kami berikut ini.

Desain

Secara keseluruhan, desain Realme C25s mirip dengan saudaranya Realme C25. Smartphone ini memiliki bodi belakang bertekstur gelombang dan finishing doff.

Kombinasi keduanya membuat smartphone ini tidak licin dan tak mudah kotor oleh sidik jari saat pemakaian. Lalu, kamera belakangnya disusun mirip dengan mata dadu di sisi kiri atas bodi dan ada logo Realme yang sejajar di bawahnya.

Penampilan Realme C25s yang baru saja meluncur di Indonesia (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Realme C25s memiliki layar 6,5 inci dengan desain waterdrop notch dan beresolusi HD Plus. Selama pemakaian, kami merasa layar smartphone ini terbilang cukup bagus, baik saat digunakan bermain game, menonton video, termasuk pemakaian di luar ruangan.

Penampilan Realme C25s yang baru saja meluncur di Indonesia (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Smartphone ini memiliki port USB Type-C, speaker, dan headphone jack 3,5mm yang ada di bodi bagian bawah. Sisi kiri bodi diletakkan tombol power dan volume, sedangkan pemindai sidik jari ada di bagian belakang dekat kamera.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Performa

Berbekal chipset MediaTek Helio G85 dengan RAM 4GB, kami merasa performa Realme C25s sebagai sebuah perangkat entry-level terbilang dapat diandalkan. Perpindahan antar aplikasi mampu dilakukan dengan baik dan tidak ada masalah.

Realme C25s menjalankan Realme UI 2.0 berbasis Android 11. Selama pemakaian, kami merasa pengalaman yang ditawarkan tampilan antarmuka ini terbilang mudah dipelajari dan digunakan, terutama mereka yang memang sudah akrab dengan Android.

Tampilan Realme UI 2.0 yang ada di Realme C25s. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Tombol pemindai sidik jari ada di bagian belakang, dekat dengan kamera. Saat mencobanya, proses pemindaian sidik jari ini terbilang cepat dan cukup akurat.

Meski hanya memiliki satu speaker, keluaran audio Realme C25s terbilang lantang dan jelas. Kami sempat mencobanya untuk menonton film, mendengarkan musik, maupun melakukan panggilan video.

Beralih ke performa gaming, kami sempat mencobanya untuk memainkan PUBG Mobile dengan pengaturan grafis HD. Hasilnya, game tersebut dapat dimainkan dengan lancar dan minim lag.

Penampilan Realme C25s yang baru saja meluncur di Indonesia (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Realme C25s juga sudah mendapatkan sertifikasi TÃœV Rheinland yang membuatnya lebih tangguh dan tahan banting. Selain itu, dengan baterai 6.000mAh, daya tahan smartphone ini harus diakui sangat mumpuni.

Kami mencobanya dalam situasi pemakaian normal, seperti chatting, mendengar lagu, menonton video sesekali, hingga bermain game sekitar kurang dari satu jam, Realme C25s mampu bertahan seharian.

Kemampuan baterai ini ditunjang pula dengan fast charging 18W. Hanya perlu diingat, dengan kapasitas baterai yang jumbo, pengisian daya smartphone ini membutuhkan waktu cukup lama.

Kendati demikian, kami merasa hal tersebut sebenarnya wajar, karena kompensasi yang diberikan Realme C25s adalah daya tahan baterai yang memuaskan.

3 dari 4 halaman

Kamera

Realme C25s hadir dengan tiga kamera belakang yang memiliki lensa utama 48MP. Selain lensa utama, ada pula lensa makro dan lensa B&W yang sama-sama beresolusi 2MP.

Menurut kami, kemampuan kamera smartphone ini terbilang baik, meskipun tidak istimewa. Tak hanya itu, Realme juga sudah membekalinya dengan kemampuan Night Mode untuk mengambil gambar di malam hari.

Untuk mengetahui seperti apa hasil tangkapan gambar dari Realme C25s, berikut ini adalah beberapa hasilnya.

Hasil Kamera 48MP

Hasil Foto Kamera Belakang 48MP Realme C25s (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Hasil Kamera Belakang Realme C25s

Hasil Foto Kamera Belakang Realme C25s (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)Hasil Foto Kamera Belakang Realme C25s (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)Hasil Foto Kamera Belakang Realme C25s (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Hasil Foto Malam Hari (Atas: Night Mode, Bawah : Reguler)

Hasil Foto Kamera Belakang Realme C25s (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)Hasil Foto Kamera Belakang Realme C25s (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Hasil Foto Portrait dan Makro

Hasil Foto Kamera Belakang Realme C25s (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)Hasil Foto Kamera Belakang Realme C25s (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

4 dari 4 halaman

Kesimpulan

Dengan banderol harga di kisaran Rp 2,3 jutaan, kami merasa Realme C25s mampu memberikan pengalaman apik untuk para penggunanya.

Hal itu tidak lepas dari performa yang ditawarkannya. Mulai dari baterai besar, kemampuan chipset yang bisa diandalkan, termasuk kamera yang terbilang baik.

Oleh sebab itu, smartphone ini bisa menjadi pilihan untuk pelajar yang membutuhkan perangkat belajar online dengan harga ramah di kantong.

Belum lagi smartphone ini sudah dibekali dengan sertifikasi TÃœV Rheinland. Dengan sertifikasi itu, Realme pun menjanjikan daya tahan lebih baik di Realme C25s.

Selain bisa menjadi perangkat yang dapat diandalkan untuk kebutuhan belajar online, kami merasa perangkat ini dapat menjadi pilihan bagi mereka yang ingin mulai beralih ke smartphone Android.

Hanya perlu diketahui, fitur NFC masih absen di smartphone ini. Karenanya, bagi mereka yang mungkin membutuhkan fitur NFC, Realme C25s memang belum bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

Namun jika fungsi itu dirasa tidak terlalu penting, Realme C25s layak menjadi pertimbangan bagi kamu yang membutuhkan perangkat entry-level dengan kemampuan apik.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini