YouTube Shorts Resmi Hadir untuk Pengguna di Indonesia, Sudah Coba?

Oleh Yuslianson pada 24 Jul 2021, 09:00 WIB
Diperbarui 24 Jul 2021, 09:00 WIB
YouTube Shorts
Perbesar
YouTube Shorts resmi hadir di Indonesia. (Doc: YouTube)

Liputan6.com, Jakarta - YouTube hari ini resmi meluncurkan versi beta fitur terbarunya, yakni Shorts di Indonesia. YouTube Shorts adalah fitur anyar yang memungkinkan pengguna menonton dan membuat video singkat dari ponsel.

Diumumkan pertama kali pada September 2020, YouTube telah memperluas akses YouTube Shorts ke 26 negara dan kini tersedia di lebih dari 100 negara di seluruh dunia.

Pengguna dapat mengakses berbagai tools di YouTube Shorts, mulai dari kamera multi-segmen untuk merangkai beberapa video klip menjadi satu, kemampuan untuk merekam video dengan disertai musik, setelan kecepatan kontrol, dan banyak lagi.

Seiring dengan perluasan produk ini ke seluruh dunia, perusahaan juga memperkenalkan serangkaian fitur baru yang hadir di YouTube Shorts.

Adapun fitur itu, termasuk kemampuan untuk menggunakan sampel audio dari video Shorts lainnya hingga dari seluruh YouTube-termasuk miliaran video dari seluruh dunia.

“Kami ingin proses membuat video Shorts jadi lebih mudah dan menyenangkan,” ucap Veronica Utami, Direktur Marketing Google Indonesia, Filipina, dan YouTube Asia Tenggara, dalam keterangan resminya, Sabtu (24/7/2021).

Dia menambahkan “Seiring kami mengembangkan YouTube Shorts bersama kreator, kami akan menambahkan lebih banyak fitur untuk dicoba masyarakat Indonesia.”

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Menjangkau Penonton Baru

YouTube Shorts. (Doc: YouTube)

Dengan kemampuan ini, kreator YouTube Shorts dapat menambahkan sentuhan kreativitas pada konten yang mereka suka tonton di YouTube dan membantunya menjangkau penonton baru.

Contohnya, kamu dapat membuat konten video reaksi terhadap lelucon favorit, mencoba membuat kembali resep masakan dari kreator lain, atau memerankan kembali adegan dari video lucu.

"Kreator jugalah yang akan memegang kendali, dan mereka dapat memilih untuk menonaktifkan fitur ini jika tidak ingin video panjangnya digunakan untuk YouTube Shorts."

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

YouTube dan BTS Kolaborasi

BTS. (Twitter/ bts_bighit)

Selain itu, YouTube dan BTS berkolaborasi dengan membuka #PermissiontoDance challenge dalam dance challenge global pertama di YouTube Shorts diiringi lagu baru mereka, “Permission to Dance”.

Mulai hari ini hingga 14 Agustus, siapa pun dari seluruh dunia bisa membuat video Shorts 15 detik langsung dari aplikasi YouTube dan meniru gerakan utama dari video musik milik grup asal Korea Selatan tersebut.

Gerakan dance tantangan ini adalah gestur “Bahasa Isyarat Internasional” yang dilakukan oleh ketujuh anggota grup BTS di video musik tersebut, yang berarti “Kegembiraan”, “Menari”, dan “Kedamaian”.

(Ysl/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya