Sukses

6 Tips Jaga Keamanan Akun Twitter Kamu, Apa Saja?

Berikut ini ada enam tips untuk menjaga keamanan akun Twitter pengguna, seperti apa? Simak penjelasannya di artikel ini.

Liputan6.com, Jakarta - Twitter mengingatkan para pengguna agar tetap menjaga privasi dan keamanan di dunia maya, terutama saat menggunakan platformnya. Hal ini penting agar pengalaman saat menggunakan Twitter tetap aman dan nyaman.

Oleh sebab itu, Twitter pun membagikan tips agar para pengguna tetap bisa menjaga keamanan akunnya. Seperti apa tipsnya? Berikut ini cara mudahnya.

1. Gunakan Password yang Unik

Twitter mengingatkan pengguna untuk menggunakan password yang kuat. Pastikan menggunakan minimum 10 karakter dengan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol.

Selain itu, pakai password yang berbeda untuk setiap situs web yang dikunjungi dan pertimbangkan untuk memakai aplikasi pengelola password.

2. Pakai Metode Two Factor authentication

Two Factor Authentication (2FA) merupakan lapisan tambahan untuk memastikan hanya pengguna yang dapat mengakses ke akun Twitter miliknya. Jadi, hanya pengguna yang memiliki akses password dan nomor ponsel untuk masuk akunnya.

Tidak hanya itu, pada akhir Juni 2021, pengguna Twitter juga dapat menggunakan kunci keamanan (security key) sebagai satu-satunya bentuk two factor authentication, guna meningkatkan keamanan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips Selanjutnya

3. Selalu Pastikan Masuk ke Situs Resmi Twitter

Phishing menjadi salah satu metode yang digunakan untuk mendapatkan informasi pribadi seseorang. Biasanya, metode ini memanfaatkan situs palsu yang dibuat mirip laman masuk Twitter untuk mengecoh pengguna.

Oleh sebab itu, Twitter menyarankan pengguna selalu memeriksa kembali tautan yang diterima, baik dari email maupun Direct Message. Jika memang ada terindikasi terkena phishing, pengguna Twitter dapat langsung mengubah password-nya.

4. Waspada Terhadap Pihak yang Mengatasnamakan Twitter

Pengguna juga harus selalu waspada pada pihak yang mengaku sebagai perwakilan Twitter. Terlebih, jika mereka menghubungi pengguna dan meminta data pribadi.

Perlu diingat, Twitter tidak pernah meminta pengguna memberikan password melalui email, Direct Message, atau reply. Pengguna juga diminta tidak membuka lampiran atau tautan untuk menginstal software apapun.

3 dari 3 halaman

Tips Selanjutnya

5. Waspada Jika Ada Peringatan Masuk Mencurigakan

Twitter biasanya akan mengirimkan notifikasi lewat email atau push notification jika mendeteksi aktivitas mencurigakan. Notifikasi ini juga muncul saat pengguna masuk ke akun Twitternya dari perangkat baru untuk pertama kali.

Notifikasi ini biasanya turut mencantumkan lokasi yang merupakan perkiraan alamat IP yang digunakan untuk mengakses Twitter. Dengan notifikasi ini, pengguna pun bisa memastikan apakah benar akses masuk akun tersebut benar-benar diketahuinya.

6. Periksa Tautan di Twitter

Twitter harus diakui merupakan platform untuk pengguna berbagi informasi, termasuk tautan ke situs lain. Namun sebelum membuka tautan tersebut, selalu periksa dulu kebenarannya.

Terlebih untuk tautan yang dipersingkat dengan bit.ly atau TinyURL, selalu pastikan tujuannya tautan tersebut. Pengguna dapat memanfaatkan plug-in di sejumlah browser untuk menunjukkan alamat yang diperpendek tanpa harus mengkliknya lebih dulu.

(Dam/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.