Sukses

Top 5 Merek Smartphone Terlaris di Dunia, Siapa Nomor 1?

Di tengah program vaksinasi dan era kenormalan baru, penjualan smartphone secara global pada kuartal II atau Q1 tahun 2021 mengalami peningkatan sebesar 12%.

Liputan6.com, Jakarta Di tengah program vaksinasi dan era kenormalan baru, penjualan smartphone secara global pada kuartal II atau Q1 tahun 2021 mengalami peningkatan sebesar 12%. Berdasarkan laporan lembaga riset pasar Qanalys, Xiaomi menjadi merek smartphone kedua terlaris di dunia pada Q2/2021 dan menggeser posisi Apple.

Peringkat pertama sebagai smartphone terlaris di dunia masih dipegang oleh Samsung. Market share Samsung pada Q2/2021 sebesar 19% dan pertumbuhan tahunan 15%. Sementara Xiaomi memiliki market share 17 persen dan pertumbuhan hingga 83 dibandingkan periode Q2/2020 lalu.

Apple berada di posisi ketiga dengan market share 15% dan pertumbuhan tahunan sebesar 1%. Peringkat keempat ada OPPO dengan market share 10% dan pertumbuhan 28%. Posisi kelima ditempati Vivo yang memiliki market share 10% dan pertumbuhan tahunan 27%.

Itulah 5 merek smartphone terlaris di dunia yang merujuk pada data Canalys. Bagaimana dengan smartphone terbaru dan harga masing-masing merek pada Juli 2021 di pasar Indonesia.

1. Samsung

Setiap tahunnya, terdapat berbagai lini produk smartphone Samsung yang ditawarkan. Mulai dari ponsel kelas entri hingga flagship. Semua tentu dihadirkan untuk bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Mulai dari Rp 1 jutaan saja kamu sudah bisa memiliki HP Samsung terbaru yang memiliki banyak fitur canggih dan kekinian. 

Di rentang harga Rp 1-2 juta ada Samsung Galaxy A01 Core, Samsung Galaxy M02, Samsung Galaxy A11, hingga Samsung Galaxy A02. Lalu di sektor middle ada Samsung Galaxy A21s, Samsung Galaxy A12, Samsung Galaxy A32, serta Samsung Galaxy A22. 

Dengan harga lebih tinggi antara Rp 4-6 jutaan ada Samsung Galaxy M51, Samsung Galaxy M62, serta Samsung Galaxy A52. Di segmen flagship, kamu bisa memilih Samsung Galaxy Note 20, Samsung Galaxy Note 20 Ultra, Samsung Galaxy S21, Samsung Galaxy S21 Plus, dan Samsung Galaxy S21 Ultra.

 

Samsung Galaxy S21 Ultra merupakan seri S paling tinggi saat ini. Produk baru ini membawa beragam pembaruan. Mulai dari segi tampilan hingga performanya. Maka tak heran, apabila keunggulan Samsung S21 Ultra sangat berlimpah.  Keunggulan Samsung S21 Ultra yang cukup kentara, bisa dilihat dengan diusungnya Quad Camera yang menggunakan konfigurasi Ultra Wide 12 MP, Wide-Angle 108MP, serta Dual Tele-Lens 10MP, dan dilengkapi dapur pacu menggunakan prosesor Exynos 2100.

Keunggulan Samsung S21 Ultra juga terlihat dari kompatibelnya produk ini dengan jaringan 5G, yang digadang-gadang menjadi standar jaringan smartphone di masa depan. Keunggulan Samsung S21 Ultra yang paling menarik yaitu kehadiran Director’s View, Dynamic Slo-Mo, Multi-Mic Recording, dan Ekosistem Galaxy.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Xiaomi

Pabrikan asal China ini memiliki beberapa lini produk yakni Mi, Redmi dan Poco. Bila Mi dikenal sebagai HP premium, maka Poco menjadi andalan untuk gaming dan Resmi sebagai smartphone harga terjangkau dengan spesifikasi tinggi. Untuk menembus semua kalangan, Xiaomi menyediakan berbagai macam pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. 

Di rentang harga Rp 1 jutaan ada Xiaomi Redmi 9A, Xiaomi Redmi Note 8, hingga Xiaomi Redmi 9C. Di kisaran harga Rp 2-5 jutaan, ada Xiaomi Redmi Note 10S, Xiaomi Mi 11 Lite, Xiaomi Redmi Note 10, Xiaomi Redmi Note 10 Pro, Poco F3, serta Poco F2 Pro. Di segmen flagship ada Xiaomi Mi 11 dengan harga mulai Rp 9 jutaan dan Xiaomi Mi 11 Ultra yang dibanderol mulai Rp 16 jutaan. Mi 11 Ultra sendiri disebut sebagai puncak inovasi Xiaomi. Produk ini mencakup visi Xiaomi untuk menantang batasan dan melakukan terobosan.

 

Mi 11 Ultra disebut sebagai perangkat pertama Xiaomi yang membawa spesifikasi kamera pro-grade dengan sensor terbesar yang ada di smartphone. Smartphone ini menggunakan sensor ISOCELL GN2 dengan ukuran 1/1.12 inci. Mi 11 Ultra hadir dengan deretan fitur mumpuni dan paling inovatif yang pernah dihadirkan Xiaomi. Salah satunya adalah dari sisi kamera.

Hadir dengan resolusi 50MP, menurut DxOMark, sensor kamera itu mendekat sensor 1 inci tradisional yang ada di kamera Sony RX. Berbekal spesifikasi itu, Mi 11 Ultra pun disebut memiliki kamera terbaik berdasarkan DxOMark.

 

3 dari 5 halaman

3. iPhone

Smartphone iPhone memiliki beragam tipe diantaranya iPhone X, iPhone 11, iPhone SE, iPhone Xr dan Xs serta iPhone 12 series. Ditujukan untuk segmen high end, membuat harga iphone cukup tinggi. 

Paling rendah adalah iPhone SE 2020 (64GB) yang dibanderol dengan harga Rp7,5 jutaan. Lalu iPhone Xr mulai Rp 7,9 jutaan, iPhone Xs mulai Rp 12 jutaan dan iPhone Xs Max mulai Rp 13 jutaan. Sedangkan untuk iPhone X mulai Rp 11 jutaan dan iPhone 11 Series mulai Rp 12 jutaan.

Terbaru dari iPhone adalah iPhone 12 Series yang terdiri dari 4 model. Keempatnya mengusung chipset terbaru yakni Apple A14 Bionic dan didukung dengan 5G. Tidak hanya itu, keempat model juga mengandalkan layar OLED Super Retina XDR. iPhone 12 mini dibanderol mulai Rp 12,9 jutaan, iPhone 12 mulai Rp 14,9 jutaan dan iPhone 12 Pro mulai Rp 17,9 jutaan serta iPhone 12 Pro Max mulai Rp 19,9 jutaan.

4 dari 5 halaman

4. OPPO

Brand OPPO meroket di Indonesia berkat lini produk yang memiliki harga terjangkau dan juara di sektor kamera selfie. HP OPPO terbaru telah meningkatkan ke sektor performa untuk memenuhi kebutuhan para milenial.

Di harga Rp 1 jutaan, kamu bisa memilih tipe OPPO A11k, OPPO A12, OPPO A15, dan juga OPPO A33. Pilihan untuk segmen middle lebih banyak dengan kisaran harga Rp 3-6 jutaan, diantaranya ada OPPO Reno 3, OPPO Reno3 Pro, OPPO Reno 4F, OPPO Reno 5F, OPPO Reno5 5G, hingga OPPO Reno4 Pro. Untuk deretan flagship OPPO ada, OPPO Find X2 OPPO Find X2 Pro, dan OPPO Find X3 Pro.

OPPO Indonesia resmi merilis OPPO Find X3 Pro 5G, di Tanah pada Juni 2021 lalu. Flagship ini memiliki kemampuan 1 miliar warna. Berbekal layar OLED 6,7 inci, OPPO Find X3 Pro menjanjikan tampilan visual yang memukau sebab dukungan color management display dan sertifikasi A+ DisplayMate. 

Untuk fotografi, OPPO Find X3 Pro 5G memiliki lensa wide dan ultrawide dengan sensor IMX766 50MP. Sensor ini merupakan hasil kolaborasi OPPO dengan Sony. Kemampuan lainnya juga ada micro-lens yang bisa memotret objek layaknya mikroskop dengan kemampuan zoom hingga 60 kali.

OPPO Find X3 Pro 5G juga dibekali dengan sistem pendingin vapour chamber ultra-tipis untuk menjaga suhu perangkat ini tetap rendah, tapi dengan daya yang tetap efisien. Selain itu, juga didukung baterai berkapasitas 4.500mAh yang sudah didukung SuperVOOC 2.0 Flash Charging, 30W AirVOOC Wireless Charging dan 10 Reverse Wireless Charging.

 

5 dari 5 halaman

5. Vivo

Salah satu produk smartphone yang laris di pasar Indonesia karena berbagai inovasi yang dimiliki, terutama di sektor fotografi, dan desain premium. Seri paling terjangkau sekaligus andalan adalah seri Y dan V yang memiliki harga 1-3 jutaan. Selain itu, ada juga seri S, Z, dan X yang merupakan ponsel kelas atas.

Di kisaran harga Rp 1 jutaan ada Vivo Y1s, Vivo Y12s 2021, Vivo Y30i, dan Vivo S1. Kemudian untuk kisaran harga Rp 2-4 jutaan, terdapat Vivo Y51A, Vivo V17 Pro, Vivo V20, Vivo V20 SE hingga Vivo Z1 Pro. Untuk jajaran flagship Vivo ada Vivo X50 Pro, Vivo X60 dan Vivo X60 Pro.

HP Vivo terbaru resmi meluncur di Indonesia pada April 2021 lalu. Smartphone penerus Vivo X50 ini hadir dengan mengandalkan kemampuan di bidang videografi dan fotografi. Vivo menggandeng Zeiss untuk mengembangkan sistem lensa di lini Vivo X60 dan Vivo X60 Pro ini.

 

Vivo X60 Pro dan Vivo X60  memiliki layar AMOLED berukuran 6,56 inci yang mendukung HDR 10 Plus dan refresh rate 120Hz. Baik Vivo X60 dan Vivo X60 Pro menjalankan Funtouch OS 11.1 Global berbasis Android 11. Vivo juga menyertakan fitur extended RAM pada Vivo X60. Kemampuan ini mirip dengan yang ada di PC, yakni smartphone dapat memanfaatkan ruang tersisa di memori internal sebesar 3GB untuk mendongkrak performanya.

Vivo X60 Pro dan Vivo X60 hadir dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 48MP, lensa super-wide 13MP, lensa tele 13MP. Kebutuhan selfie diserahkan pada kamera depan 32MP. Khusus untuk model Vivo X60 Pro, Vivo juga telah menyematkan teknologi Gimbal Stabilization 2.0 di lensa utama dan dipadukan dengan teknologi OIS yang telah ditingkatkan. Perekaman video di X60 Pro turut didukung dengan teknologi stabilisasi gambar 5 Axix VIS. Dengan teknologi ini, hasil rekaman video akan lebih jelas, stabil, dan tetap tajam.

Selengkapnya untuk merek HP terbaru dan harga terkini, kunjungi Tokopedia, marketplace terbesar di Indonesia yang menyajikan berbagai kebutuhan dengan promo, diskon, cashback dan gratis ongkir setiap harinya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini