Sukses

Resmi Meluncur, Ini Deretan Fitur di Aplikasi Bank Digital Blu

Bank digital BCA Blu mengungkapkan beberapa fitur yang mereka tawarkan dalam aplikasinya.

Liputan6.com, Jakarta - Demi menggaet kelompok masyarakat yang digital savvy termasuk kaum muda, BCA Digital baru-baru ini secara resmi meluncurkan produk bank digital mereka yaitu blu.

Berbeda dengan aplikasi mobile banking BCA, blu merupakan bank digital yang berbeda dari bank konvensional pada umumnya. Untuk menggunakannya, nasabah harus membuka rekening baru melalui aplikasi tersebut.

Mengingat sifatnya sebagai bank digital, maka dari itu, blu tidak memiliki kantor cabang meskipun infrastrukturnya tetap terintegrasi dengan BCA.

Lanny Budianti, Direktur Utama BCA Digital konferensi pers Grand Launching blu by BCA Digital secara virtual pada Kamis (22/7/2021), mengungkapkan ada beberapa fitur yang terdapat dalam bank digital tersebut.

Lanny menjelaskan, untuk membuka bluAccount, nasabah bisa mengunduh aplikasi blu di gawai, kemudian mengisi data untuk dilanjutkan verifikasi oleh customer service officer (CSO) melalui panggilan video.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Integrasi Data dengan BCA

Dalam konferensi persnya, Lanny mengatakan bahwa bagi nasabah BCA yang akan membuka akun di blu, ada kemudahan dalam pengisian data yang mereka tawarkan.

"Karena banknya berbeda, insitusinya berbeda, kode banknya berbeda. Sehingga yang bisa kita lakukan adalah membuka rekening baru," katanya.

"Kalau nasabah BCA isi datanya cuma sedikit sekali. Kalau kita menyatakan nasabah BCA, kemudian masukkan nomor kartu ATM, kami akan tarik beberapa data teman-teman yang sudah ada di BCA," ujar Lanny.

Menurutnya, hal ini memudahkan nasabah untuk membuka akun tanpa harus repot-repot ke kantor cabang. Selain itu, Lanny mengatakan bahwa satu nasabah cukup mengingat satu rekening blu saja.

Fitur lain yang ditawarkan oleh blu adalah bluSaving, di mana di dalam satu rekening, nasabah bisa membuat 10 tabungan yang bisa ditentukan tujuannya masing-masing.

3 dari 4 halaman

Fitur Patungan

Bank digital blu juga memiliki fitur yang mereka sebut sebagai "kearifan lokal" di masyarakat Indonesia, yaitu patungan melalui bluGether.

"Dengan bluGether kita akan menjadi transparan melihat rekening bendahara," kata Lanny.

Fitur bluGether menurutnya bisa digunakan untuk mengumpulkan uang duka, membeli kado nikahan, arisan, hingga liburan bersama teman.

Fitur lain yang ditawarkan blu adalah bluDeposit, di mana ini merupakan deposito yang tenornya bisa dipilih sendiri dari satu hingga 12 bulan.

Dalam siaran persnya, BCA Digital menyebutkan bahwa setidaknya 26,2 persen dari total top 5 bluSaving digunakan untuk alokasi budget belanja, disusul 20,9 persen nasabah menabung untuk berlibur.

Selain itu, bluSaving juga digunakan 18,5 persen untuk persiapan dana pensiun, 17,2 persen untuk pembelian rumah, dan 17 persen untuk membeli kado.

Sementara, fitur patungan bluGether paling banyak digunakan untuk patungan liburan bersama (35,4 persen), membeli kado (19,9 persen), tabungan pernikahan dan donasi (15,2 persen), serta pembelian rumah (14,1 persen).

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Hari Belanja Online

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.