Mengapa Roket Jeff Bezos Mirip Alat Kelamin? Ini Penjelasan Para Ahli

Oleh Iskandar pada 22 Jul 2021, 09:29 WIB
Diperbarui 22 Jul 2021, 09:56 WIB
Roket New Shepard Blue Origin diluncurkan dari pelabuhan antariksa dekat Van Horn, Texas, Amerika Serikat, Selasa (20/7/2021). Kapsul yang membawa kru Blue Origin berakselerasi hingga lebih dari tiga kali kecepatan suara. BLUE ORIGIN/AFP
Perbesar
Roket New Shepard Blue Origin diluncurkan dari pelabuhan antariksa dekat Van Horn, Texas, Amerika Serikat, Selasa (20/7/2021). Kapsul yang membawa kru Blue Origin berakselerasi hingga lebih dari tiga kali kecepatan suara. BLUE ORIGIN/AFP

Liputan6.com, Jakarta - Jeff Bezos sukses mengudara ke luar angkasa pada Selasa pagi (20/7/2021), waktu Amerika Serikat. Namun, bentuk roket New Shepard yang membawa pendiri Amazon itu menjadi bahan candaan warganet.

Banyak dari mereka di Twitter menyebut bahwa roket yang diluncurkan perusahaan milik Jeff Bezos, Blue Origin, tersebut mirip dengan alat kelamin pria atau penis.

Roket New Shepard terdiri dari dua bagian: kapsul di bagian atas yang terlihat seperti jamur dan booster sebagai penopang. Ya, bentuk kapsulnya memang agak lebih mengembang ketimbang roket kebanyakan.

Menurut Jonathan McDowell, seorang astronom di Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics, ada sejarah panjang dari apa yang kita sebut sebagai roket martil (diameter kapsul lebih lebar daripada booster).

"Bentuk roket seperti itu sebenarnya memiliki aerodinamika yang sangat bagus," kata McDowell, sebagaimana dikutip dari The Hook News, Kamis (22/7/2021). 

Mengutamakan Keselamatan Penumpang

FOTO: Jeff Bezos Sukses Terbang ke Luar Angkasa
Perbesar
Roket New Shepard Blue Origin diluncurkan dari pelabuhan antariksa dekat Van Horn, Texas, Amerika Serikat, Selasa (20/7/2021). Kapsul yang membawa kru Blue Origin berakselerasi hingga lebih dari tiga kali kecepatan suara. (AP Photo/Tony Gutierrez)

Sementara Scott Manley, seorang astrofisikawan, mengatakan bahwa roket itu dirancang dengan mempertimbangkan penumpang, memberi mereka banyak ruang dan jendela yang bagus untuk dilihat.

"Mereka melalui banyak iterasi yang menghasilkan bentuk sempurna untuk memberi mereka volume paling banyak, jendela terbaik, dan [desain yang] tidak akan membunuh siapa pun di dalamnya," ujar Manley.

Menurut Laura Forczyk, pemilik perusahaan analitik ruang angkasa Astralytical, "Seperti halnya ketika merancang roket apa pun yang ditujukan untuk ruang angkasa, booster harus sekecil mungkin karena lebih mudah menyeimbangkan silinder yang panjang dan kurus daripada menyeimbangkan silinder yang lebih tebal dan lebih gemuk."

 

Hasil Akhir Tak Bisa Dihindari

FOTO: Jeff Bezos Sukses Terbang ke Luar Angkasa
Perbesar
Roket New Shepard Blue Origin diluncurkan dari pelabuhan antariksa dekat Van Horn, Texas, Amerika Serikat, Selasa (20/7/2021). Roket membawa pendiri Amazon Jeff Bezos, Mark Bezos, Oliver Daemen, Wally Funk. (AP Photo/Tony Gutierrez)

McDowell menambahkan karena roket membutuhkan kapsul lebar dan booster sempit, hasil akhirnya tidak bisa dihindari.

"Desain seperti itu untuk mengoptimalkan dua hal yang berbeda dan memang tidak bisa membuat keduanya terlihat cocok," ucapnya.

Forczyk melanjutkan, meskipun desainnya mungkin sepenuhnya berkaitan dengan teori fisika, namun dia tidak terpikir untuk membuat desain seperti itu (roket milik Jeff Bezos).

McDowell pun setuju, dengan mengatakan "Kamu harus membayangkan ada pertemuan di mana seseorang pergi, 'Apakah Anda benar-benar ingin terbang dengan penampilan seperti ini?'"

Bentuk Roket Jeff Bezos Jadi Bahan Candaan Warganet: Mirip Alat Kelamin

FOTO: Jeff Bezos Sukses Terbang ke Luar Angkasa
Perbesar
Roket New Shepard Blue Origin lepas landas dari landasan peluncuran pelabuhan antariksa dekat Van Horn, Texas, Amerika Serikat, Selasa (20/7/2021). Blue Origin milik Jeff Bezos kini bersaing dengan Virgin Galactic milik Richard Branson serta SpaceX milik Elon Musk. (Blue Origin via AP)

Banyak warganet di Twitter yang menyebut bahwa roket yang diluncurkan perusahaan milik Bezos, Blue Origin, tersebut mirip dengan alat kelamin pria atau penis.

"Hanya saya atau memang pesawat Bezos terlihat seperti dildo yang besar," tulis seorang pengguna akun @Centrefuter di Twitter.

"Tunggu apakah semua tahu kalau kapal roket Jeff Bezos terlihat seperti penis raksasa," tulis producer Buzzfeed Jess Goodwin dalam akun Twitternya @thejessgoodwin.

Kaitkan dengan Situasi Kerja di Amazon

Wisata luar angkasa. Blue Origin/AFP
Perbesar
Wisata luar angkasa. Blue Origin/AFP

Akun milik aktor George Takei, pemeran Sulu di Star Trek juga mengomentari akun berita Reuters yang mengunggah video roket milik Jeff Bezos.

"Ya ampun, bentuk itu," kata Takei lewat akunnya @GeorgeTakei.

Tak hanya berkomentar soal bentuk roketnya, ada juga warganet di Twitter juga mengaitkan kepergian Bezos ke luar angkasa dengan situasi kerja di Amazon.

"Jeff Bezos menghabiskan lebih banyak waktu di luar angkasa ketimbang Amazon mengizinkan waktu istirahat ke kamar mandi tahun lalu," tulis @MajorPhilebrity

(Isk/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓