YouTube Uji Coba Fitur Super Thanks, Audiens Bisa Beri Tip untuk Kreator

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 22 Jul 2021, 09:12 WIB
Diperbarui 22 Jul 2021, 09:12 WIB
Ilustrasi YouTube, Aplikasi YouTube
Perbesar
Ilustrasi YouTube, Aplikasi YouTube. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Liputan6.com, Jakarta - Pemirsa YouTube bakal punya cara baru untuk menunjukkan dukungan dan tip untuk kreator terfavorit mereka. Pasalnya, YouTube tengah menguji coba sebuah fitur bernama "Super Thanks". Super Thanks memungkinkan audiens setia untuk memberikan tip kepada YouTuber favoritnya.

Mengutip The Verge, Rabu (21/7/2021), fitur ini memungkinkan audiens untuk memberikan apresiasi kepada YouTuber dengan memberi tip, yang tersedia dalam empat opsi besaran uang, yakni antara USD 2 (sekitar Rp 30 ribu) hingga USD 50 (sekitar Rp 720 ribu). Nilai ini diatur sesuai ketentuan masing-masing negara.

Ketika mereka memilih salah satu opsi besaran tip ini, mereka nantinya bisa melihat animasi perayaan di layar. Selain itu, komentar penuh warna dengan nama mereka akan muncul di bawah video, di bagian komentar. Kreator pun bisa menanggapi pesan ini dengan cara yang sama seperti membalas komentar biasa.

Selama setahun belakangan, YouTube menguji tool ini dengan nama berbeda, yakni "Viewer Applaud". Kini YouTube memilih nama Super Thanks dan telah tersedia dalam YouTube versi beta di 68 negara, baik itu di YouTube desktop, Android, maupun iOS.

Super Thanks merupakan opsi keempat yang ditambahkan YouTube untuk memberikan apresiasi kepada para pembuat konten, dalam bentuk memberi tip langsung.

Sebelumnya Sudah Ada Membership

Ilustrasi Youtube
Perbesar
Ilustrasi Youtube

Sebelumnya YouTube sudah menghadirkan keanggotaan channel. Fitur keanggotaan alias membership ini memungkinkan pembuat konten menawarkan layanan bulanan. Kemudian, YouTube juga menghadirkan Super Stickers dan Super Chat yang memungkinkan pemirsa memberikan tip dalam chat selama YouTuber live streaming.

Jika Super Stickers dan Super Chat berfungsi feed live, Super Thanks dapat digunakan pada semua konten memenuhi syarat, yang diunggah si YouTuber.

Manajer Produk Barang Digital Berbayar di YouTube, Barbara Macdonald, mengatakan, sementara fitur ini dirilis dengan empat opsi pembayaran yang dapat dipilih pemirsa.

"Kemampuan untuk memasukkan besaran tip sesuai keinginan pemirsa adalah hal yang pasti ingin kami tambahkan," kata Macdonald.

Macdonald mengatakan, selama fase pengujian sebelumnya, hanya ada satu pilihan besaran tip. Namun pembuat konten memberi masukan ke YouTube bahwa pemirsa menginginkan lebih banyak pilihan ketika menunjukkan dukungan ke saluran yang mereka sukai.

YouTuber Harus Join ke YouTube Partner Program untuk Ikut Super Thanks

Sekadar informasi, YouTube memberikan bayaran bagi kreator yang memenuhi syarat. Pembayaran ini berasal dari sebagian pendapatan iklan yang ditayangkan di video para kreator. Namun, aliran pendapatan tersebut tak selalu bisa diandalkan.

Pasalnya selama beberapa waktu belakangan, jumlah pendapatan iklan disebut-sebut mengalami penyusutan seiring banyaknya pengiklan yang menarik diri dari YouTube karena kontroversi platform ini.

Dengan begitu, memberikan opsi bagi pembuat konten untuk mendapatkan bayaran langsung dari pemirsa bisa memberikan aliran pendapatan sekaligus apresiasi bagi para kreator. Dengan begitu, mereka tak sepenuhnya bergantung pada iklan.

Disebutkan, kreator harus menjadi bagian dari YouTube Partner Program untuk bisa mendapatkan akses ke Super Thanks. Menurut Macdonalds, peluncuran beta ini bersifat random. Rencananya fitur ini akan dirilis ke semua mitra YouTube Partner Program pada akhir tahun ini.

(Tin/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓