Sukses

Ruangguru Hadirkan Fitur Video Adaptif Bantu Siswa Sambut Tahun Ajaran Baru

Ruangguru baru saja meluncurkan fitur baru bernama Adapto untuk membantu siswa menyambut tahun ajaran baru.

Liputan6.com, Jakarta - Ruangguru baru saja meluncurkan fitur baru bernama Adapto untuk menyambut tahun ajaran baru. Fitur ini memungkinkan siswa memiliki pengalaman belajar online terpersonalisasi dan interaktif layaknya memiliki guru privat sendiri.

Fitur Adapto ini terintegrasi di dalam video belajar Ruangguru dan dapat diakses langsung melalui aplikasi. Adapun fitur ini merupakan video belajar adaptif yang tersedia untuk siswa SMP dan SMA.

"Adapto akan menyesuaikan proses belajar siswa selama belajar online secara otomatis. Penyesuaian dibuat berdasarkan pilihan jawaban kuis yang dipilih oleh siswa saat belajar dan saat guru memeriksa pemahaman siswa," tutur Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru, Belva Devara dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (22/7/2021).

Cara kerja fitur Adapto adalah menyesuaikan jalan cerita dari video belajar yang ditonton siswa secara otomatis. Nantinya jalan cerita yang dipilih itu berdasarkan jawaban siswa selama belajar.

Sebagai contoh, ketika guru akan mengecek pemahaman siswa dengan memberikan opsi 'Paham' dan 'Bingung', jika siswa memilih paham, guru akan melanjutkan penjelasan ke topik selanjutnya. Namun jika masih bingung, guru akan mengulang kembali penjelasan materi.

Fitur Adapto dari Ruangguru ini juga dapat mengukur kemampuan siswa lewat kuis di tengah video belajar. Saat jawaban siswa salah, secara otomatis guru akan menjelaskan jawaban yang benar dan memperbaiki pemahaman siswa.

Selain itu, siswa juga dapat memilih apakah ingin dijelaskan secara cepat atau mendetail, tergantung kebutuhan maupun gaya belajarnya.

"Kami menyadari bahwa setiap siswa memiliki kecepatan belajar dan tingkat pemahaman yang berbeda-beda. Dengan fitur belajar Adapto, pemahaman siswa akan lebih terukur, karena penjelasan akan disesuaikan dengan pemahaman siswa," tutur Belva.

Meski terlihat sederhana, dalam mengembangkan fitur ini, Ruangguru bekerja sama dengan ratusan guru dan ahli di berbagai bidang untuk memikirkan berbagai kemungkinan peta jalan belajar siswa dalam satu video.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ruangguru Hadirkan Inovasi Baru di Fitur Roboguru

Sebelumnya, Ruangguru juga menghadirkan inovasi terbaru untuk fitur roboguru yang dapat memudahkan para siswa belajar. Dengan inovasi baru ini, siswa tidak hanya bisa bertanya soal mata pelajaran, tapi juga menonton video konsep terkait soal tersebut.

Selain itu, roboguru juga dapat diajak berdiskusi oleh siswa yang kesulitan memahami jawaban dari soal tersebut. Jadi, inovasi baru ini tidak hanya membuat siswa mengetahui jawaban dari sebuah soal, melainkan juga memahami konsep ajarannya.

"Kami harap, inovasi roboguru dapat menjadi salah satu solusi praktis dan efektif membantu siswa menyelesaikan PR di rumah, di mana siswa tetap menerima materi penjelasan konsep pelajaran dan dapat saling berdiskusi, bukan hanya sekedar menyalin jawaban saja," tutur Head of K12 Product Ruangguru, Stephanie Hardjo, dalam keterangan resmi yang diterima, Selasa (23/2/2021).

Menurut Stephanie, kehadiran inovasi ini sekaligus membantu siswa yang masih melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) akibat pandemi. Sebab, Ruangguru sempat melakukan survei internal dan menyimpulkan ada beberapa tantangan terbesar yang dialami siswa selama PJJ.

Beberapa tantangan itu adalah kesulitan memahami pelajaran tanpa penjelasan guru, mendapat lebih banyak tugas tanpa pembelajaran lebih variatif dan interaktif, membutuhkan waktu lebih lama untuk belajar dan mengerjakan tugas, hingga hambatan komunikasi dengan guru.

3 dari 3 halaman

Kemampuan Baru Fitur Roboguru

Adapun Ruangguru menghadirkan sejumlah kemampuan baru untuk fitur roboguru. Salah satunya adalah kombinasi teknologi photo search dan user generated content untuk memudahkan siswa menanyakan solusi soal sulit maupun berdiskusi dengan siswa lain di seluruh Indonesia.

Roboguru kini juga menyajikan video pembelajaran untuk untuk membantu siswa memahami konsep dengan rekomendasi solusi akurat. Fitur ini tersedia untuk seluruh jenjang pendidikan termasuk semua mata pelajaran utama.

Fitur roboguru sendiri diakses melalui aplikasi Ruangguru atau pesan melalui WhatsApp. Ruangguru mengatakan fitur ini dapat diakses tanpa biaya berlangganan tambahan.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.