Tiket Wisata Antariksa Virgin Galactic, Berapa Harga dan Siapa Saja Peminatnya?

Oleh Yuslianson pada 17 Jul 2021, 18:00 WIB
Diperbarui 17 Jul 2021, 18:00 WIB
Virgin Galactic
Perbesar
Foto: dok. Virgin Galactic

Liputan6.com, Jakarta - Richard Branson bersama dengan 5 orang lainnya sukses terbang ke antariksa ke pada 12 Juli 2021 dengan menggunakan pesawat VSS Unity 22 dari Virgin Galactic.

Walau hanya berdurasi 90 menit, mulai dari lepas landas hingga kembali mendarat, penerbangan ini menorehkan sejarah penting dalam hal perjalanan dan atraksi wisata ke luar angkasa.

Pesawat ruang angkasa Virgin Galactic SpaceShipTwo kembali ke Bumi setelah kapal induk memisahkannya di atas langit Spaceport America, dekat Truth and Consequences, New Mexico pada 11 Juli 2021 dalam perjalanan ke cosmos. Patrick T. FALLON / AFP

Richard Branson sendiri menyebutkan, penerbangan itu sebagai uji coba wisata ke antariksa yang dia harapkan bisa ditawarkan kepada pelanggan mulai tahun depan.

Menawarkan pengalaman yang unik melihat Bumi dari luar angkasa dan merasakan bergerak tanpa bobot selama lima menit, pastinya tidak semua masyarakat umum dapat membeli tiket yang dijual Virgin Galactic.

Pesawat ruang angkasa Virgin Galactic SpaceShipTwo Unity terbang di Spaceport America, dekat Truth and Consequences, New Mexico pada 11 Juli 2021 sebelum melakukan perjalanan ke cocmos. Patrick T. FALLON / AFP

Saat ini, sudah ada lebih dari 600 orang dari 58 negara di dunia telah memesan tiket seharga USD 250.000 atau sekitar Rp 3,6 miliar ke Virgin Galactic.

Nama-nama pebisnis, miliader, hingga publik figur kenamaan di dunia pun dikabarkan sudah memesan tiket dan ingin merasakan pengalaman berada di luar angkasa.

Pendiri Virgin Galactic Sir Richard Branson, dengan Sirisha Bandla di pundaknya, bersorak dengan anggota kru setelah terbang ke luar angkasa dengan pesawat Virgin Galactic pada 11 Juli 2021. Patrick T. FALLON / AFP

Adapun daftar penumpang selanjutnya yang akan menikmati bergerak tanpa bobot di antariksa, termasuk Elon Musk, Leonardo DiCaprio, Tom Hanks, Brad Pitt, Angelina Jolie, Russell Brand, Lady Gaga, Katy Perry, Justin Bieber, dan Ashton Kutcher.

Menariknya, Ashton Kutcher yang juga suami dari aktris Hollywood Mila Kunis ini ternyata mengurungkan niatnya untuk berwisata ke antariksa bersama Virgin Galactic meskipun sudah mengamankan satu tiket.

Mengetahui berita yang menyebutnya berselingkuh, Ashton pun memberikan tanggapannya lewat tulisan di akun Twitternya. ia menulis kalimat sindiran, “Kau harus tahu kekecewaan Mila saat tahu aku bersama sepupu kami,” tulisnya. (AFP/Bintang.com)

"Ketika saya menikah dan memiliki anak, istri saya mendorong bukan keputusan keluarga yang cerdas untuk pergi ke luar angkasa ketika kami memiliki anak kecil," kata Kutcher sebagaimana dilansir Cheddar, Sabtu (17/7/2021).

Diketahui, aktor yang populer lewat serial TV "That 70's Show" itu ternyata sudah membeli tiket tersebut sebelum dirinya menikah dengan Mila Kunis pada 2015.

Richard Branson menerima beberapa kartu dari anak-anak saat dia berjalan keluar dari Spaceport America, dekat Truth and Consequences, New Mexico pada 11 Juli 2021 sebelum melakukan perjalanan ke luar angkasa. Patrick T. FALLON / AFP

Ashton mengatakan, dirinya membeli tiket perjalanan ke antariksa itu pada 2012 dan menjadi orang ke-500 yang mendaftar penerbangan Virgin Galactic.

Saat ditanya apa yang akan dia lakukan dengan tiket miliknya, Ashton mengatakan, tiket tersebut sudah dijual kembali ke perusahaan milik Richard Branson tersebut.

Foto: dok. Virgin Galactic

Selain terbang ke antariksa, apa saja yang didapatkan dengan memiliki tiket seharga Rp 3,6 miliar itu? Disebutkan, Spaceport menawarkan lebih dari fasilitas ruang tunggu keberangkatan di sebuah bandara biasa.

Di "Gateway to Space," yang dibuka pada 2019, para astronot masa depan ini dapat membawa keluarga mereka untuk bercengkerama dengan pilot dan insinyur roket Virgin Galactic.

Under Armour kini mendukung penerbangan luar angkasa dengan menggarap pakaian untuk Virgin Galactic (sumber: Under Armour).

Selain itu, penumpang juga akan mendapatkan pakaian terbang yang dirancang khusus oleh Under Armour, lengkap dengan lencana nama dan bendera nasional masing-masing.

Layaknya seorang astronaut, penumpang diharuskan untuk mengikuti program pelatihan penerbangan dua hari dengan instruksi kelas dan beragam simulasi. Gimana, kamu tertarik untuk terbang ke antariksa?

(Ysl/Isk)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya