Sukses

Bos Instagram Akui Ada Kesalahan Moderasi Komentar Rasis di Akun Pesepak Bola Inggris

Bos Instagram mengakui sempat ada kesalahan moderasi komentar rasis di platformnya.

Liputan6.com, Jakarta - Instagram mengakui ada kesalahan dalam teknologi moderasinya yang membuat komentar dan emoji rasis tidak dihapus.

Komentar rasis ini diarahkan kepada pemain sepakbola Inggris Bukayo Saka, Marcus Rashford, dan Jado Sancho, usai pertandingan final Euro 2020. Dalam pertandingan tersebut, Inggris dikalahkan Italia dengan skor 3-2 dalam adu pinalti.

Ketiga pemain Inggris di atas, yang semuanya berkulit hitam, gagal mengeksekusi pinalti. Hal inilah yang membuat ketiganya diserbu komentar rasis.

Menanggapi hal ini, Bos Instagram Adam Mosseri mengatakan, konten telah "secara keliru" diidentifikasi alih-alih dirujuk ke moderator manusia. Namun menurutnya, masalah itu telah diperbaiki saat ini.

"Kami memiliki teknologi untuk mencoba dan memprioritaskan laporan dan kami salah menandai beberapa (komentar) di antaranya sebagai komentar yang tidak berbahaya, padahal sebenarnya berbahaya," kata Mosseri kepada BBC News, dikutip Jumat (16/7/2021).

Menurut Mosseri, karena masalah sudah ditangani, laporan atas komentar-komentar rasis seperti di atas kini akan ditinjau dengan baik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanggapan Pesepak Bola Inggris yang terima komentar rasis

Sebelumnya, BBC News sempat melaporkan komentar berisi sejumlah emoji orangutan di akun Instagram Bukayo Saka. Namun dalam waktu beberapa menit, Instagram memberi notifikasi kepada pelapor bahwa komentar-komentar tersebut tidak melanggar pedoman Instagram.

Sementara itu, dalam akun Instagram-nya, pesepak bola Jadon Sancho yang juga menerima komentar rasis menyebut dirinya minta maaf kepada semua orang yang sudah dikecewakan.

Sancho juga mengatakan, pihak-pihak yang menunjukkan perilaku rasisme kepada dirinya, Marcus Rashford, dan Bukayo Saka memberi pertanggungjawaban.

3 dari 3 halaman

Tak ingin rasisme timpa siapa pun

"Saya tidak akan mengabaikan perilaku rasisme yang menimpa saya, Marcus, dan Bukayo setelah pertandingan. Sebagai kelompok masyarakat, kita perlu bertindak lebih baik dan meminta pertanggungjawaban dari orang-orang (pelaku rasisme) ini," tulisnya.

Dalam unggahan yang sama, Sancho juga menekankan bahwa kebencian tidak akan pernah menang. Oleh karena itu, Sancho mengajak semua orang yang pernah mengalami hal serupa untuk terus mengejar mimpi.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini