Google Tambah Opsi Otomatis Hapus Riwayat Pencarian 15 Menit Terakhir

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 16 Jul 2021, 15:30 WIB
Diperbarui 16 Jul 2021, 15:30 WIB
Ilustrasi cara, logout akun, Google
Perbesar
Ilustrasi cara, logout akun, Google. (Photo by Brett Jordan on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Google meluncurkan privasi baru untuk pencariannya. Lewat fitur baru ini, pengguna bisa memilih untuk menghapus riwayat pencarian 15 menit terakhir mereka di Chrome mobile.

Mengutip The Verge, Jumat (16/7/2021), opsi baru ini pertama diungkap bersama dengan beberapa update lainnya pada Chrome, dalam ajang I/O 2021. Kini, opsi tersebut tersedia untuk lebih banyak pengguna.

Dikutip dari blog Google, kontrol auto-delete riwayat pencarian yang dapat dipilih pengguna kini makin beragam. Misalnya hapus otomatis riwayat pencarian 3, 18, atau 36 bulan terakhir dan terbaru 15 menit terakhir.

Dengan opsi ini, seluruh riwayat pencarian akan dihapus sesuai waktu yang dipilih. Jika memililh menerapkan hapus otomatis hasil pencarian 15 menit terakhir, riwayat pencarian 15 menit terakhir akan dihilangkan.

Fitur ini juga sudah tersedia untuk Aplikasi Google di iOS dan di Android pada akhir tahun ini.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Dianggap Berguna Bagi Pengguna

Hal yang tidak disarankan dicari di Google/dok. unsplash Firmbee
Perbesar
Hal yang tidak disarankan dicari di Google/dok. unsplash Firmbee

Google mengatakan, pihaknya hanya melacak riwayat pencarian pengguna untuk "mempersonalisasi" pengalaman pengguna saat pengaturan "Aktivitas Web dan Aplikasi" diaktifkan.

Bagi pengguna adanya opsi untuk menghapus riwayat pencarian otomatis dalam 15 menit terakhir tentu sangat berguna. Hal ini juga berarti pengguna bisa mendapatkan banyak manfaat, misalnya saat tak ingin pencarian tertentu dilihat orang lain.

Google juga menawarkan opsi untuk melindungi riwayat pencarian dengan kata sandi.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Batasi Durasi Video Call Meet

Google Meet
Perbesar
Ilustrasi Google Meet (Doc. Google)

Terlepas dari fitur privasi di atas, belum lama ini Google secara resmi menyetop dukungan waktu tidak terbatas (unlimited) dalam panggilan grup bagi pengguna Google Meet gratisan. Selanjutnya, panggilan grup akan dibatasi dengan durasi waktu 60 menit.

Aturan tersebut berlaku bagi sesi Google Meet dengan jumlah paritisipan 3 orang atau lebih. Jadi, pengguna dengan akun Gmail yang tidak berlangganan masih bisa melakukan panggilan ke satu orang lain dengan batasan 24 jam.

Sejak dirilis pada April 2020, Google menyediakan group call tanpa batas waktu hingga 31 Maret 2021 dan kemudian diperpanjang hingga 30 Juni. Saat ini, Google tak lagi ‘bermurah hati’.

Mengutip 9to5Google, Rabu (14/7/2021), pengguna akan mendapatkan notifikasi beberapa saat sebelum batas waktu 60 menit yang telah ditentukan habis.

“Pada menit ke-55, semua orang mendapat pemberitahuan soal panggilan akan segera berakhir. Untuk memperpanjang panggilan, host harus meng-upgrade akun Google mereka. Jika tidak, panggilan akan berakhir pada menit ke 60,” tulis Google.

Untuk dapat menikmati sesi Google Meet tanpa batas waktu tersebut, pengguna harus upgrade ke akun Workspace Individual dengan membayar sekitar Rp 145 ribu per bulan.

(Tin/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya